BPJS KETENAGAKERJAAN


Promo Novel

Sarlem Jus

Alexandre Cristie

Menyonsong Revolusi Industri 4.0” Ini Penjelasan Norta Dewi Yuniati



Barabai Kalsel, Kupasonline.com -- Memperoleh pendidikan merupakan hak setiap manusia karena pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup dan masa depan seseorang. Tanpa pendidikan, seseorang akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak berkualitas, dia akan tumbuh menjadi seseorang yang tidak mengenal aturan, seenaknya sendiri, malas dan cenderung memiliki mental yang lemah, tidak memiliki daya juang positif yang akhirnya akan membuat arah hidupnya tidak jelas, tidak terkendali dan dapat terjerumus ke hal-hal negatif, seperti narkoba dan minuman keras.

Dalam rangka menyongsong Revolusi Industri 4.0” tersebut dilaksanakan PKBN (Pendidikan Karakter Bela Negara)  SMK Negeri 2 Barabai angkatan ke II tahun 2019 yang dibuka oleh Danramil 1002-07/Pagat Kapten Inf Andi mewakili Dandim Barabai di Jl. Sa'aluddin Desa Aluan Mati RT.05 RW.03 Kecamatan Batu Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah, pada Selasa (30/7).

Seperti dijelaskan oleh Norta Dewi Yuniati,S.P.,M.Pd, diruang kerjanya,  selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Barabai sekaligus penanggungjawab kegiatan bahwa PKBN (Pendidikan Karakter Bela Negara) angkatan ke II tahun 2019 diikuti oleh 203 peserta dengan mengambil tema “Membangun Kesadaran Bela Negara dan Membentuk Karakter Peserta Didik Yang Unggul dan Kompetitif Menyongsong Revolusi 4.0”.

Menurut Norta,  yang dimaksud dengan revolusi industri 4.0” Secara singkat, pengertian industri 4.0 adalah tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Pada industri 4.0, teknologi manufaktur sudah masuk pada tren otomatisasi dan pertukaran data. Hal tersebut mencakup sistem cyber-fisik, internet of things (IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Tren ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi  , dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia itu sendiri. Singkatnya, revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia,ujarnya.

Lebih lanjut Norta menyampaikan bahwa Pendidikan karakter didasarkan pada enam nilai etis yang disebut dengan Enam Pilar Pendidikan Karakter, yaitu: Kepercayaan, Respek, Tanggung jawab, Keadilan, Peduli dan Kewarganegaraan
Dasar dilaksanakan Pendidikan Karakter Bela Negara Ini adalah
Undang –Undang  Sistim Pendidikaan Nasional dan Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan

Pendidikan Karakter dengan tujuan Membangun dan membekali Peserta Didik sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan serta membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.

Sedangkang tujuan akhir dari kegiatan PKBN SMK Negeri 2 Barabai angkatan ke II tahun 2019 ini adalah untuk menjadikan siswa yang disiplin, bertanggungjawab, dan jujur. Agar menjadi lebih baik dari sebelumnya dan  sebagai wahana pendidikan untuk membentuk karakter dan mental yang baik serta membentuk karakter peserta didik yang unggul dan kompetitif dalam menyongsong Revolusi 4.0”,pungkasnya. (Gat)

(Pendim1002).

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *