BPJS KETENAGAKERJAAN


Promo Novel

Sarlem Jus

Alexandre Cristie

Peternak Lele Dilarang Beri Makan Lele dengan Bangkai Anjing, Babi dan Ular

Teks Foto:kepala dinas Perikanan dan kelautan Kota Padang di Media Centee

Padang, Kupasonline--Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Padang menghimbau semua peternak budidaya ikan lele yang ada di Kota Padang untuk memberi makan lele mereka dengan bangkai anjing, babi atau ular. Karena hal ini bisa merusak kualitas lele yang dikenbangkan.

"Kepada semua peternak lele, jangan memberikan makan lele dengan bangkai binatang. Apalagi bangkai anjing, ular atau babi," sebut kepala dinas Perikanan dan Kelautan Kota Padang, Guswardi di Media Center Balaikota Padang, Rabu (31/7).

Sebelumnya sebut Guswardi, dirinya pernah melihat lele diberi makan bangkai anjing, babi dan ular. Tapi tidak di kota Padang. Dirinya sudah menginteruksikan pada semua tenaga penyuluh di lapangan, agar melarang petani dan peternak lele di Kota Padang untuk memberi makan lele mereka dengan bangkai bangkai yang tak halal tersebut.

"Kalau bangkai ayam, kambing, sapi, bangkai ikan serta kotoran manusia masih bisa kita toleransi. Tapi kalau sampai bangkai anjing, atau bangkai ular serta babi, kita larang. Kalau perlu tak usah dibeli lele itu," sebut Guswardi lagi.

Hal itu karena kandungan daging babi, anjing atau ular dari segi agama tak halal. Daging daging dari bangkai bangkai tersebut bisa saja mengandung penyakit.

Ia juga meminta pedagang makanan yang bekerjasama dengan peternak lele agar menanyakan dulu lele mereka diberi makan apa. Jika perlu datang langsung ke kolamnya untuk memastikan bahwa lele peliharaan itu tidak diberi makan bangkai dari binatang yang diharamkan.

Di sisi lain, kata Guswardi, masyarakat selaku konsumen bisa melakukan seleksi langsung saat memilih lele. Pilihlah lele dengan daging yang padat, kulit tidak berminyak. 

Karena biasanya, lele yang diberi makan bangkai sembarangan itu, kulitnya akan cenderung dipenuhi lemak atau lendir menyerupai minyak. Ketika diasap, daging lele juga terlihat mengerut dan lama keringnya.

Untuk menghindari pemberikan bangkai pada lele, pihaknya sebut Guswardi akan segera membuat regulasinya. Sehingga semua peternak budidaya lele memberikan makanan yang pantas buat lele yang dikembangkan. (ags)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *