BPJS KETENAGAKERJAAN


Promo Novel

Sarlem Jus

Alexandre Cristie

Kapten Inf Rudi Hartono, Amalkan Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari



Barabai Kalsel, Kupasonline.com -- Memasuki hari ke Sembilan pelaksanaan PKBN (Pendidikan Karakter Bela Negara) SMK Negeri 2 Barabai angkatan ke-II tahun 2019, peserta diberikan pembekalan tentang 4 Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara oleh Kapten Inf Rudi Hartono Pasi Persdim 1002/Barabai, pada Kamis (8/8/2019).

Dijelaskan oleh ketua sekaligus penanggungjawab kegiatan PKBN, Norta Dewi Yuniati,S.P., M.Pd. bahwa pembekalan 4 Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara  ini merupakan materi terkhir dari keseluruhan materi Pendidikan Karakter Bela Negara SMK Negeri 2 Barabai angkatan ke-II tahun 2019, akan tetapi rangkaian kegiatan PKBN masih berlanjut sampai dengan acara malam inagurasi dilanjutkan dengan acara pengukuhan pada hari Sabtu, 10 Agustus 2019 di taman Wisata Baruh Bunga Outbound,”terangnya.

Sementara itu pemateri Kapten Inf Rudi Hartono mengungkapkan akan arti pentingnya penyegaran kembali kepada peserta PKBN SMK Negeri 2 Barabai angkatan ke-II tahun 2019 untuk mengenali dan memahami landasan ideologi bangsa Indonesia yang akhir-akhir ini mulai luntur, dan cenderung pada arah yang tidak sesuai dengan ideologi yang telah digagas oleh pendiri bangsa.

“Untuk itu perlu dipahami kembali terhadap empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara, karena Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara pernah kita kenal sebelumnya dengan istilah Penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila),”katanya.

Lebih lanjut Rudi Hartono menuturkan bahwa Penataran P4  yang kita kenal saat masuk sekolah dulu, dan sekarang digalakkan kembali dengan istilah 4 Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dengan harapan baru.

“Yakni warga Indonesia khususnya generasi muda paham dan mengaplikasikan 4 pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika)  ini dalam kehidupan sehari-hari, punya wawasan kebangsaan, berkarakter, etika moral budaya dan rasa kebangsaan, melaksanakan UUD 1945 dengan baik, menjiwai Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat dan memperjuangkan NKRI agar berdaulat utuh dan selamat,”pungasnya. (Gat)

(Pendim1002).

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *