BPJS KETENAGAKERJAAN


Kasi Ren 091/ASN Memberikan Pembekalan Satpol dan Linmas lingkungan Provinsi Kaltim



Samarinda, Kupasonline.com --  Kementerian Pertahanan RI melalui Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) membekali Satpol dan Linmas lingkungan Provinsi Kaltim, serta Pemkot Samarinda mengenai pertahanan negara. Kegiatan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM), komponen pendukung pertahanan negara itu diselenggarakan di aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jalan Cipto Mangunkusumo, Samarinda selama dua hari, mulai Rabu (28/8/2019) hingga Kamis (29/8/2019) besok.

“Kegiatan ini bertujuan untuk  memberikan pengetahuan, penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara dalam menumbuhkan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaan pada bangsa dan negara. Pentingnya menumbuhkan rasa kebangsaan dan bela negara kepada seluruh lapisan masyarakat di NKRI”, amanat Danrem 091/ASN Brigadir Jenderal TNI Widi Prasetijono yang di bacakan Kasiren Kolonel Kav Eko Agus Nugroho S.I.P

“Pemberdayaan sumber daya manusia, komponen pendukung pertahanan negara yang dilaksanakan merupakan wahana untuk saling bertukar informasi, menyamakan persepsi dan memotivasi dalam upaya meningkatkan wawasan dan pemahaman kita semua tentang peranan Satpol PP dan Linmas sebagai bagian Segmen Sumber Daya Manusia serta meningkatkan kesadaran Bela Negara dalam rangka membangun Sistem Pertahanan Negara yang tangguh khususnya di wilayah Provinsi”, jelasnya.

“Menurut Undang Undang No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara (Hanneg) pasal 8 ayat 2 yang menyebutkan: Komponen pendukung Pertahanan Negara  terdiri atas warga negara (sumber daya manusia/SDM), sumber daya alam (SDA), sumber daya buatan (SDB), prasarana/ sarana nasional (prasnas) dan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Sumber Daya Manusia merupakan unsur paling penting dalam pemberdayaan Pertahanan Negara, karena SDM ini menjadi subyek dan faktor penentu (dominant factor) atas penggunaan unsur sumber daya lainnya”, tuturnya.

“Berkaitan dengan hal itu, Satpol PP dan Linmas sebagai garda bangsa yang diharapkan nantinya oleh Negara mampu memelihara ketentraman dan ketertiban umum     yang mumpuni dan  memiliki integritas yang tinggi sehingga dapat membawa bangsa ini menjadi bangsa yang dihormati dan disegani oleh bangsa-bangsa lain.  Satpol PP dan Linmas mempunyai peran penting sebagai garda depan yang tumbuh dan berkualitas, baik secara fisik dan mental, berkarakter dan berjiwa belanegara”, harapan Danrem.

Ditsumdahan Ditjen Pothan Kemhan RI, Kolonel Arh Rochim Setiawan menjelaskan "Karena tantangan saat ini sangat kompleks, dengan berbagai jenis ancaman. Dengan ini, ada pemahaman dan persepsi yang sama, bahwa mempertahankan negara bukan hanya tugas TNI tapi semua pihak, Satpol dan Linmas merupakan komponen pendukungnya," ucap Kasubdit SDM Pendukung Pertahanan.
"Setelah kegiatan ini, tentu kita harap ada pemahaman yang sama Satpol PP dan Linmas punya peran penting, dan sebagai komponen pendukung pertahanan negara, keduanya juga dapat membantu saat terjadi ancaman militer," sambungnya.

Pada kesempatan itu, sejumlah materi diberikan, mulai dari wawasan kebangsaan yang dibawakan oleh Kasi Ren Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Kolonel Kav Eko Agus Nugroho.

Selain itu, materi seputar narkotika juga diberikan yang dibawan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim. Lalu, materi terkait dengan filterisasi berita hoax yang menjurus kepada informasi provokatif, hingga materi yang berkaitan dengan Pemerintahan. (Gat)

Sumber Penrem 091/ASN

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *