BPJS KETENAGAKERJAAN


Yayasan HANG TUAH Gebyar Penyembelihan Hewan Qurban



Surabaya, Kupasonline.com -- Di hari kedua ‘Idul Adha 1440 H bertepatan Senin, (12/8/2019) Satuan Pendidikan di bawah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya secara bersamaan melaksanakan pemotongan hewan qurban yang berlangsung di sekolah masing-masing. Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs. SD Seputra, S.K.M., M.M menyebutkan bahwa  sekolah yang menjadi binaannya secara keseluruhan melaksanakan pemotongan  hewan qurban, terdiri dari 31 ekor sapi  dan 41 ekor kambing.

 Satdik-satdik/ sekolah-sekolah  yang melaksanakan penyembelihan hewan qurban terdiri dari   SD, SMP, SMA dan SMK antara lain :  TK Hang Tuah 7, SD Hang Tuah 1, SD Hang Tuah 3, SD Hang Tuah 7, SD Hang Tuah 9, SD Hang  11, SD Hang Tuah 12 , SMP Hang Tuah1, SMP Hang Tuah 2, SMP Hang Tuah 4, SMP Hang Tuah 5, SMP Hang Tuah 6 Excellent, SMA Hang Tuah 1, SMA Hang Tuah 2, SMA Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 5, SMK KAL-1 , SMK KAL-2 dan Staf Yayasan Hang Tuah . Penyelenggaraan penyembelihan yang di laksanakan secara serentak di satuan pendidikan YHT Cabang Surabaya ini baru dilaksanakan di hari kedua hari raya ‘Idul Qurban karena pada hari pertama jatuh pada hari Minggu dimana  seluruh sekolah dalam keadaan libur.

Dari hasil pantauan yang berhasil dikumpulkan , daging hewan qurban  di tiap-tiap satdik / sekolah di bagikan kepada sebagian siswa, guru, karyawan, masyarakat lingkungan sekolah serta beberapa panti asuhan / anak yatim piatu yang telah di tunjuk serta  dilaksanakan makan bersama antara siswa, guru dan karyawan di sekolah masing-masing.

SMK KAL-1 yang secara langsung termonitor , melaksanakan penyembelihan hewan Qurban  di halaman sekolah disaksikan Kepala Sekolah Letkol Laut (KH) Drs Burhan, M.Pd serta para Wakil Kepala Sekolah, guru , sejumlah siswa  serta pengurus Osis, di sekolah lainnya  mulai dari  SD, SMP, SMA dan SMK KAL-2 juga terjadi hal serupa.

Penyembelehan  hewan qurban  memberikan  pembelajaran  berqurban  kepada para siswa sebagaimana   telah di contohkan oleh Nabi Ibrahim atas Ismail, yang intinya adalah untuk melatih kepedulian sosial, apabila kita punya kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk dikorbankan dalam wujud binatang ternak dan dagingnya di bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sebagai pembelajaran kepada siswa menurut orang nomor satu di SMK KAL-1 ini bahwa  “siswanya dengan sengaja diberi motifasi  memupuk rasa empati kepada masyarakat lingkungannya, melatih siswa  menjadi seorang  dermawan, menjadikan rizki  barokah, bertaqwa kepada Allah yang akan  menjadi bekal di hari akhir dan  utamanya untuk memupuk sikap kebersamaan , kerja sama dengan semangat persaudaraan.” Tuturnya.

  Ketua Panitia  Drs Parman, M.Si yang kesehariannya sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan mengutarakan dari hasil penyembelihan sapi dan kambing  tersebut  terkumpul 280 bungkus  daging  di bagikan utamanya  kepada perwakilan siswa  dari 21 kelas  dimana di tiap tiap kelas 7 siswa,  masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar sekolah, beberapa guru dan karyawan.

 Penyerahan daging qurban secara simbolis di sampaikan oleh Kepala Sekolah dan ketua panitia  Drs. Parman , M.Si kepada beberapa perwakilan siswa yang hadir  terdiri dari perwakilan siswa  Kelas X,XI dan XII. (Gat)

(YHT/dar).

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *