BPJS KETENAGAKERJAAN


Navy To Navy Talk TNI AL Dan Angkatan Laut Australia Di AAL



Surabaya, Kupasonline.com -- TNI Angkatan Laut melakukan pertemuan Navy to Navy Talk (NTNT) dengan delegasi Royal Australian Navy (RAN) di Akademi Angkatan Laut (AAL), untuk membahas berbagai kerjasama antar Angkatan Laut kedua negara, Selasa 3 Agustus 2019 di gedung R. Soebijakto, Mako Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro Surabaya, Jawa Timur.

Acara diawali dengan penyambutan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Australia Laksamana Muda Mark Hammond beserta delegasi Royal Australian Navy di AAL oleh Asops Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. didampingi Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. beserta delegasi TNI Angkatan Laut dan Pejabat Utama AAL.

Kunjungan yang disambut dengan Valreep Gordon dari Taruna AAL dilanjutkan dengan sesi foto bersama di depan gedung R. Soebijakto AAL serta berbagai penjelasan tentang fasilitas yang ada di AAL melalui miniatur maket yang ada di gedung R. Soebijakto dan juga penjelasan tentang rencana kedepan pengembangan anjungan Halong, yang berada di Bumimoro Akademi Angkatan Laut guna menjadi tempat pariwisata dan olah raga perairan atau water sport terbesar di Surabaya.

Menurut rencana, di anjungan Halong yang berada di Bumimoro AAL Surabaya tersebut, juga akan dibuat Dermaga sehingga KRI Dewaruci dan beberapa KAL milik TNI AL bisa sandar serta masyarakat umum bisa mengunjungi.

Acara dilanjutkan dengan Ice breaking atau ramah-tamah di lobby. Usai ice breaking melaksanakan Navy to Navy Talk antara TNI AL dan Angkatan Laut Australia di ruang rapat gedung R. Soebijakto AAL.

Dalam sambutan Asop Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. sebagai Ketua Delegasi dari TNI Angkatan Laut menyampaikan,  apresiasi yang tinggi dan selamat datang kepada delegasi Angkatan Laut Australia, khususnya kepada Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Australia Laksamana Muda Mark Hammond di Akademi Angkatan Laut. "Semoga perjalanan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Australia Laksamana Muda Mark Hammond beserta delegasi Royal Australian Navy dapat menyenangkan dan atmosfir yang baik di Akademi TNI Angkatan Laut sebagai tempat pertemuan Navy to Navy Talk TNI AL dan Royal Australian Navy akan berdampak positif.

Asop Kasal juga mengatakan, hubungan pertahanan yang baik antara Indonesia dan Australia, meliputi beberapa perjanjian kegiatan yang luas jangkauannya, khususnya Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Australia yang telah ditetapkan bertahun-tahun.

"Kita mempunyai perjanjian untuk meningkatkan dan memperkuat hubungan yang baik antara Angkatan Laut, sesuai kerangka rencana Sepuluh tahun, antara lain bidang pendidikan dan pelatihan, kunjungan kapal serta kunjungan perwira tinggi yang telah dilaksanakan dan memperoleh hasil yang maksimal", kata Asop Kasal.

Asop Kasal juga merasa senang di tahun 2019, kita akan melaksanakan beberapa kegiatan, khususnya bidang operasi dan latihan yang telah terencana. "Cassoawary Exercises adalah salah satu contohnya".

"Saya berharap melalui kegiatan Navy To Navy Talk ini, kita dapat meningkatkan pengertian dan kepercayaan serta mengatasi rintangan, agar memperoleh keuntungan dan manfaat bagi kedua belah pihak. Juga untuk meningkatkan beberapa kegiatan yang telah ada di masa yang akan datang", tambah Asop Kasal.

Pada akhir acara penutupan, Asop Kasal mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota delegasi Angkatan Laut Australia dan delegasi TNI Angkatan Laut telah melaksanakan diskusi secara efesien. "Saya berharap dapat memperat persahabatan dan persaudaraan".

"Kami merasa senang dan optimis bahwa kerjasama kita dapat bermanfaat di masa yang akan datang dan diharapkan apa yang telah kita kerjakan disini, akan dapat ditindaklanjuti dan diteruskan untuk tahun berikutnya".

Pada acara tersebut, juga dilaksanakan paparan strategic overview, review atau ulasan dan Discussion of future cooperationatau diskusi kerjasama menghadapi masa depan. Selain itu, makan siang bersama, melanjutkan review atau ulasan dan penandatanganan dokumen kerjasama yang disaksikan kedua belah pihak antara delegasi RAN dan TNI Angkatan Laut.

Sebelum acara penutup juga telah dilaksanakan tour fasility keliling Akademi Angkatan Laut dan kunjungan ke Museum TNI Angkatan Laut Loka Jala Crana tepatnya berada di Kompleks Akademi TNI Angkatan Laut serta mengabadikan foto-foto menarik di sekitar lingkungan AAL.

Selanjutnya acara selesai, diisi dengan sambutan penutup oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Australia dan sambutan penutup Asops Kasal. Kemudian kegiatan selesai, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Australia dan Delegasi RAN dilepas Asops Kasal, Wagub AAL, Delegasi TNI Angkatan Laut dan Pejabat Utama AAL. (Gat)

Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Ag. Imam S. S.Sos., M.M.

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *