BPJS KETENAGAKERJAAN


Rapor Indonesia vs Malaysia Jelang Kualifikasi Piala Dunia


Jakarta, Kupasonline -- Timnas Indonesia memiliki rapor bagus saat menghadapi Malaysia jelang pertemuan kedua tim dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9).

Rivalitas sengit terjadi di setiap pertamuan Indonesia vs Malaysia. Pertarungan negara serumpun itu selalu menimbulkan atmosfer yang panas di dalam stadion di setiap level.

Dikutip dari Futbol24, Timnas Indonesia dan Malaysia sudah 11 kali bertemu di tingkat tim senior sejak Desember 2002 di berbagai ajang.

Dalam pertemuan tersebut Tim Merah Putih lebih mendominasi atas Harimau Malaysia. Indonesia meraih enam kemenangan dari 11 pertandingan itu, sedangkan Malaysia hanya mendapat lima kemenangan.

Kemenangan Indonesia atas Malaysia tersebut dimulai pada turnamen Piala Tiger yang kini bernama Piala AFF. Di babak semifinal tersebut Indonesia menang tipis 1-0 lewat gol Bambang Pamungkas di SUGBK, 27 Desember 2002, sekaligus lolos ke final.

Di Piala AFF 2004 giliran Malaysia yang menumbangkan Indonesia 2-1 pada leg pertama babak semifinal di SUGBK. Namun Skuat Garuda membalas kekalahan itu dengan kemenangan 4-1 atas Malaysia di Bukit Jalil.

Dua pertandingan Indonesia vs Malaysia dalam laga persahabatan berakhir imbang 1-1. Pertama pada Agustus 2006 di Kuala Lumpur, dan berikutnya pada 2008 di Sidoarjo.

Indonesia kian menunjukkan kejayaannya atas Malaysia mulai 2010 hingga saat ini. Sempat menang 5-1 di fase grup, Indonesia justru kalah 0-3 di leg pertama final Piala AFF 2010. 

Di leg kedua Timnas Indonesia menang 2-1, namun skor tersebut membuat Tim Merah Putih kalah agregat 2-4 dan gagal juara Piala AFF.

Malaysia sukses mengalahkan Indonesia 2-0 di fase grup Piala AFF 2012 di Bukit Jalil. Kekalahan itu membuat Indonesia gagal lolos ke babak gugur.

Stadion Gelora Delta Sidorajo kembali jadi saksi kemenangan Timnas Indonesia atas Malaysia. Dalam laga persahabatan pada September 2014, Indonesia menang 2-0 lewat gol bunuh diri Muslim Ahmad dan Samsul Arif.

Pertemuan terakhir Indonesia vs Malaysia terjadi di laga uji coba di Stadion Manahan, September 2016. Indonesia yang masih dilatih Alfred Riedl menang 3-0 lewat dua gol Boaz Solossa dan satu gol Irfan Bachdim.

Timnas Indonesia senior bisa memperpanjang rapor pertemuan atas Malaysia jika bisa memenangi pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti. (*/wan)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *