BPJS KETENAGAKERJAAN


Promo Novel

Sarlem Jus

Alexandre Cristie

Kebakaran di Sebuku Diklaim Rugikan Puluhan Miliar Rupiah


Jakarta, Kupasonline -- Kerugian akibat kebakaran yang menimpa masyarakat Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, diprediksi mencapai puluhan miliar rupiah.

Camat Pulau Sebuku Joko Pitoyo, Minggu (24/11) dikutip dari Antara, mengatakan kerugian tersebut berupa hangusnya sejumlah bangunan dan harta benda lainnya.

Bangunan yang terbakar habis berupa rumah tinggal, Ruko, rumah kos, langgar, kantor Polsek, 200 rumah warga, dua pasar, yakni Pasar Desa Sungai Bali dan Pasar Rampa, serta bangunan sarang burung walet milik warga setempat.

Korban terdampak kebakaran sekitar 750 jiwa atau 104 kepala keluarga. Rinciannya, 56 KK di RT 1, 24 KK di RT 3, dan 24 KK di RT 4. Adapun total warga Desa Sungai Bali dari lima rukun tetangga berjumlah sekitar 1.400 jiwa.

Ia menyebut bantuan telah diterima dari sejumlah instalasi dan masyarakat. Misalnya, beras melon ukuran 5 kg sebanyak 40 sak, beras gerobak pandan 10 kg sebanyak 20 sak, mi instan 80 dus, air mineral 80 dus, dan gula pasir 80 kg.


Komandan Kodim 1004 Kotabaru, Kalimantan Selatan, Letkol Infantri Rony Fitriyanto mengatakan pihaknya langsung menurunkan personel untuk membantu pendirian tenda bagi para korban, dapur umum, penanganan kesehatan.

Selain itu, pihaknya juga membantu distribusi penanganan bantuan, sehingga seluruh korban kebakaran yang terjadi pada Sabtu (23/11/2019) sekitar pukul 22.00 Wita itu bisa ditangani dengan lebih baik.

"Cukup banyak korban kebakaran yang terjadi pada Sabtu malam kemarin. Laporan sementara mencapai 400 rumah dan sekitar 1.800 orang kehilangan tempat tinggal. Namun kepastiannya, kami masih terus melakukan pendataan," katanya.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani yang didampingi Bupati Kotabaru Sayed Jafar pun meninjau lokasi bekas kebakaran besar itu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Kotabaru Rahadian Riyadi mengatakan Sahbirin juga menyerahkan bantuan kepada para korban.

Sementara, tim dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos dijadwalkan akan meninjau para korban kebakaran pada Senin (25/11).

"Memang benar, dijadwalkan datang Dirjen Sosial dari Kemensos RI untuk meninjau para korban kebakaran di Pulau Sebuku, Kotabaru," kata Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Dinas Sosial Provinsi Kalsel Achmadi di Banjarmasin(*/wan)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *