BPJS KETENAGAKERJAAN


Promo Novel

Sarlem Jus

Alexandre Cristie

Sejak 2009 TdS Banyak Berikan Keuntungan Bagi Ekonomi Sumbar


Agam, Kupasonline -- Setelah sukses etape sebelumnya, pada pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2019 etape V ini para pembalap kembali dimanjakan dengan pemandangan yang eksotis dari Ngalah Indah  Kota Payakumbuh melewati Kecamatan Baso, Ampek Angkek, Canduang, Banuhampu, Sungai Pua, Tanjung Mutiara, Lubuk Basung, Tanjung Raya, melewati kelok 44 dan finish di Ambun Pagi, Kecamatan Matur.

Menurut Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dalam sambutannya mengatakan, etape V dikenal sebagai rute paling menantang dalam TdS, kelok 44 adalah tikungan itu menjadi salah satu titik King of Mountain (KOM) pada etape tersebut yang harus ditaklukkan pembalap, Rabu (6/11/2019).

Selain tanjakan yang menantang ada beberapa destinasi wisata menarik yang dapat dinikmati oleh pembalap, mulai dari start Ngalah Indah pukul 10.00 WIB rute sepanjang 206,5 KM hingga finish di Ambun Pagi pukul 15.34 WIB.

Selanjutnya Wagub Sumbar menyampaikan, banyak publik mempertanyakan anggaran dan manfaat Tour de Singkarak bagi masyarakat Sumbar.

"Masyarakat jangan hanya melihat lomba bersepeda saja tapi lihat manfaatnya bagi Sumbar, tapi TdS bisa memberikan manfaat bagi ekonomi masyarakat, karena masuk kategori olahraga pariwisata sehingga bisa meningkatkan kunjungan turis ke Sumbar," kata Wagub Nasrul Abit, Rabu (6/11).

Sejak 2009 pelaksanaan TdS itu memiliki dampak secara tidak langsung bagi perekonomian masyarakat, contoh dengan diadakannya event Sport Tourism Tour de Singkarak (TdS) ini dari tahun ke tahun kunjungan wisata dari mancanegara selalu meningkat.

"Dengan promosi tentu akan berdampak pada kunjugan dan meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Secara korelasi memang ada peningkatan wisatawan," ungkapnya.

Selain itu pelaksanaan TdS juga mendorong perbaikan infrastruktur terutama jalan sehingga kondisinya menjadi lebih bagus dibandingkan sebelum kegiatan.

"Artinya kalau jalan bagus juga berdampak bagi ekonomi masyarakat," ucap Nasrul.

Wagub Sumbar juga berharap pada tahun 2020 nanti akan lebih meriah lagi, dengan mendatangkan banyak pembalap dari mancanegara, karena jalur etape kemungkinan akan bertambah kalau disetujui oleh Union Cycliste Internasional (UCI), Persatuan Balap Sepeda Internasional, yaitu Provinsi Bengkulu dan Riau (Pekanbaru).

"Tahun 2020 kita akan gebyar lagi sampai kunjungan penonton hingga tiga terbanyak di dunia, karena Bengkulu, Pekanbaru sudah meminta untuk tahun kedepan akan ikut Tds 2020," harap Wagub Sumbar.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pada para pembalap yang berhasil menaklukan etape V, yakni pebalap atas nama Ismael. Jr Gospel dari Tim Go For Gold Philippines, merupakan pebalap pendatang baru di Tour de Singkarak 2019, yang dinyatakan sebagai pebalap penakluk tanjakan King of Mountaint (KOM) Kelok 44 pada etape V Payakumbuh – Agam.

Pebalap yang tergabung dalam tim Go for Gold Philippines, Jonel Carcueva menjadi yang tercepat dalam etape V Tour de Singkarak (TdS) 2019 yang disebut etape "maut" karena tikungan dan tanjakan ekstrim dengan catatan waktu 05:34:33. Kemenangan itu adalah yang pertama bagi Jonel sejak etape I TdS 2019.

Setelah itu untuk posisi kedua Tanakhan Chaiyasombat dari Thailand Continental Cycling team tercepat dengan waktu 05:34:50 dan diikuti oleh pebalap Indonesia Agung Sahbana dari KFC Cycling Team dengan waktu 05:34:59.

Sementara Grospe berhak memegang jersey polkadot karena hingga saat ini pebalap pendatang baru tersebut memiliki total 58 poin. Keberhasilanya menaklukkan Kelok 44 diakuinya sangatlah berat dan menguras tenaga.

Untuk Raja tanjakan yang dipegang oleh Gospel ini, juga tidak kalah hebatnya dari prestasi yang ditorehkan oleh tim lainnya. Seperti Sapura Cycling Team Malaysia. Pemuncak klasemen sementara dan pemegang Yellow Jersey serta Green Jersey, yakni Jesse Ewart, hanya mampu finish di urutan ke 9 dengan catatan waktu 5 jam 35 menit 12 detik, pada etape V ini.(*/wan) 

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *