Jokowi Targetkan Tol JORR II Selesai Akhir 2020


Jakarta, Kupasonline -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II akan selesai pada akhir 2020. Tol dengan nilai investasi sekitar Rp24 triliun ini menghubungkan kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Diharapkan selesai 110 km tembus akhir 2020, akhir tahun depan," ujar Jokowi usai peresmian Tol Kunciran-Serpong, Jumat (6/12).

Kepala negara berharap Tol JORR II bisa memperlancar konektivitas antar titik di kawasan Jabodetabek, sehingga mempercepat perpindahan masyarakat dan barang. Ia ingin akses yang cepat bisa membuat daya saing Indonesia meningkat

Selain itu, ia ingin agar kehadiran tol bisa membuat distribusi dan logistik di kawasan industri terbangun di kota-kota penyanggah ibu kota seperti Banten bisa makin cepat.

"Kawasan industri yang ada di Jakarta dan Banten akan semakin terintegrasi. Artinya, daya saing semakin baik dalam investasi maupun daya saing produk kita," katanya.

Tak ketinggalan, ia juga tidak ingin masyarakat 'tua' di jalan karena akses jalan yang sulit dan penuh kemacetan. Pasalnya, kemacetan hanya membuat banyak biaya dan waktu terbuang percuma.

"Saya sering mendengar keluhan orang yang bolak balik dari Banten ke Jakarta, katanya, 'Pak kita bisa tua di jalan karena macet'. Belum biaya yang kita keluarkan untuk BBM," ungkapnya.

Tol JORR II terdiri dari tujuh ruas, yaitu Bandara Soekarno Hatta-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, Depok-Antasari, Cimanggis-Cibitung, dan Cibitung-Cilincing. Bila dihubungkan ketujuh ruas ini mencapai 110,4 kilometer (km).

Dari tujuh ruas tersebut, baru ruas Cinere-Jagorawi seksi I dan Depok-Antasari seksi I yang sudah beroperasi. Sementara ruas Kunciran-Serpong baru saja diresmikan. Sisanya, masih dalam tahap konstruksi.(*/wan)
Label: ,

Post a Comment

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.