BPJS KETENAGAKERJAAN






Murahnya Nyawa di Negeri Para Kapitalis

Oleh : Luthfiah (pegiat Komunitas Ibu Hebat) 

Ribuan warga di Tropodo, Sidoarjo dan Mojokerto terancam nyawanya karena mengkonsumsi telur mengandung racun dioksin dengan kadar cukup tinggi. 

Studi terbaru dari badan lingkungan, International Pollutants Elimination Network, IPEN, mengungkap adanya senyawa berbahaya, dioksin, dalam sampel telur ayam di dua desa di Jawa Timur.
Kandungan dioksin yang ditemukan di sampel telur ayam kampung di Desa Bangun, Mojokerto dan Tropodo, Sidoarjo itu, 70 kali lebih tinggi dari standar keselamatan yang ditetapkan oleh badan keselamatan pangan Eropa, European Food Safety Authority (EFSA) (BBC News) 

Tingginya harga daging sapi membuat masyarakat memenuhi kebutuhan proteinnya dari telur. Sayangnya telur justru mengandung racun dioksin cukup tinggi akibat ayam petelur mengkonsumsi makanan yang terpapar dioksin akibat pabrik tahu di sekitarnya yang pembakarannya menggunakan sampah plastik impor.

Racun dioksin yang ditemukan didua desa tersebut disebut tertinggi kedua di Asia di bawah Vietnam yang terpapar racun dioksin dari senjata kimia agen oranye yang digunakan oleh Amerika Serikat pada perang Vietnam tahun 1960-an. 
Konsumsi dioksin dalam jangka panjang menyebabkan kanker, merusak kekebalan tubuh dan gangguan pertumbuhan. 

IPEN juga menyebutkan bahwa sampel telur yang diambil dari desa Bangun Mojokerto dan desa Tropodo, Sidoarjo selain dioksin juga mengandung racun SCCP dan PBDE yang berbahaya bagi tubuh. 
Hadi Sukardi, seorang warga Tropodo menyatakan "kalau ke dokter tidak perlu menjelaskan penyakitnya apa, asal tau dari Tropodo pasti keluhannya soal pernafasan " (BBC.News). Hadi menderita bronchitis dan istrinya menderita gangguan jantung. 

Lalu siapakah yang bertanggungjawab atas situasi ini? Seharusnya negara! Tetapi sistem kapitalisme telah membuat negara tidak berdaya. Keuntungan lebih menjadi pertimbangan dari pada keselamatan ribuan warga. Negara abai, karena kapitalisme hanya mengurus para pemilik modal, keuntungan sebesar-besarnya tidak memperdulikan apakah cara yang digunakan meskipun mengancam nyawa. Sistem kapitalisme akan melahirkan banyak masalah dan kerusakan. 

Syariat Islam melindungi kesehatan masyarakat 

Salah satu tugas negara adalah memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Salah satunya adalah mencegah penyakit dengan memastikan kebutuhan pangan berasal dari yang halal dan thayyib (baik/sehat) Alloh memerintahkan dalam alquran Surat Al Baqarah 168,
يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا 
خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
" Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu" (QS. Al Baqarah 168)

Selain halal makanan harus dipastikan baik, artinya bersih, tidak najis, bermanfaat (tidak mendatangkan mudharat). Negara akan membuat aturan agar kriteria makanan yang dikonsumsi oleh warganegara berkategori halal dan thayyib. Karena menjamin tersedianya makanan yang halal dan thayyib adalah tugas negara di dalam sistem islam sebagai perwujudan dari perlindungan syariat terhadap jiwa warga negara.

Menghasilkan produk pangan yang halal dan thayyib tentu saja tidak bisa dilepaskan dari proses pembuatannya. Maka negara akan membuat aturan-aturan terkait proses produksi. Bahan-bahan yang digunakan tentunya harus halal, prosesnya juga baik dan bersih dari hulu hingga hilir. 

Islam menaruh perhatian besar pada kebersihan, bahkan kebersihan adalah sebagian dari iman. Termasuk berkaitan dengan makanan sebagai faktor penting menjaga kesehatan masyarakat. Jika negara menggunakan quran dan sunnah sebagai sistem aturan untuk mengatur masyarakat niscaya masyarakat akan sehat, karena di dalam quran maupun sunnah mengatur mengenai makanan dan minuman yang halal lagi thayyib. Sebagaimana sabda Rasulullah, "Alloh menyukai muslim yang kuat daripada muslim yang lemah" 

Dengan demikian masyarakat yang sehat dan kuat akan terwujud bila sistem islam kaffah ditegakkan dalam naungan khilafah'ala min hajinnubuwwah.

Wallahualam bisshowab.(*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain: