Padang, Kupasonline -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang akan peluncuran aplikasi e-Kelurahan. Layanan ini bakal dilaunching dalam waktu dekat ini.

Hal itu dikatakan Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy di Media Center Balaikota Aiepacah, Rabu (15/1). 

Dengan e-Kelurahan ini, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kelurahan dan cukup mengurus keperluan administrasi lewat aplikasi. Dan jika surat sudah selesai, masyarakat tinggal menjemputnya di kelurahan. 

Rudy menjelaskan, untuk tahap awal ini pelayananan yang baru dapat di akses diantaranya, surat pengantar untuk menikah, surat keterangan tidak mampu perorangan.

Lalu surat keterangan tidak mampu keluarga, surat keterangan usaha, surat keterangan domisili usaha, surat keterangan kelakuan baik, surat keterangan ahli waris, surat keterangan kematian dan surat keterangan ghaib. 

“Saat ini layanan surat-surat di kelurahan bisa mencapai 30-40 layanan. Ini sesuai kesepakatan semua kecamatan,” ujarnya.
Dia melanjutkan, aplikasi e-Kelurahan ini belum sempurna, namun dirinya yakin aplikasi ini akan bisa sempurna dan optimal nantinya.

Belum optimalnya aplikasi ini, sebutnya, karena disebabkan sejumlah faktor diantaranya SDM dan sarana dan prasarana. “Namun, apapun kekurangan itu, yang penting kita sudah memulainya untuk menuju sempurna,” tuturnya. 
Rudy berharap, dengan adanya e-kelurahan ini nantinya akan memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan di setiap kelurahan. (ags)
 
Top
/* Pengunci navbar*/