BPJS KETENAGAKERJAAN






Polisi Soal Temuan Jamu Bupati di Papua: Mungkin Cegah Sakit


Jakarta, Kupasonline -- Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengungkapkan ada temuan berupa ramuan jamu Ihsanix di lokasi meninggalnya Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop.

Korban diketahui ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di sebuah kamar Hotel Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (13/1).

Heru menduga ramuan jamu itu dikonsumsi oleh korban berkaitan dengan penyakit jantung yang dideritanya.

"Mungkin beliau konsumsi jamu itu untuk mencegah sakitnya,",Kamis (16/1).

Temuan ramuan jamu itu, kata dia, tak bisa diselidiki lebih lanjut oleh kepolisian karena pihak keluarga korban menolak autopsi.

"Pihak keluarga tidak berkenan untuk diautopsi karena keluarganya paham kondisi beliau kalau ada riwayat sakit jantung," tutur Heru.

Berdasarkan keterangan dokter, kata dia, korban meninggal dunia akibat penyakit jantung.

"Almarhum ada penyakit jantung, keterangan dokter penyebab kematian serangan jantung," ujarnya.

Sebelumnya, polisi mengklaim tidak ada unsur kriminal terkait kematian Bupati Boven Digoel yang merupakan kader PDIP itu.

"Tidak ada indikasi tindak kriminal, dalam pengecekan fisik tidak ada sama sekali," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Selasa (14/1).

Dari berbagai situs penjualan daring, jamu ramuan Ihsanix diklaim untuk membantu perawatan penyakit jantung koroner, diabetes, hipertensi, gagal ginjal, hingga stroke. Namun, belum ada keterangan resmi terkait jamu ini dari Badan POM ataupun instansi berwenang lainnya. (*/wan)

Previous
« Prev Post

Berita Lain: