Sepanjang Tahun 2019, Izin Yang Diterbitkan DPMPTSP Menurun Drastis


Padang, Kupasonline -- Sepanjang tahun 2019, izin yang diterbitkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang mengalami penurunan drastis. Data yang didapat dari dinas ini, ada penurunan pengurusa izin hingga mencapai ribuan.

Kepala DPMPTSP Kota Padang, Corri Saidan menyebutkan pada tahun 2019, jumlah izin yang diterbitkan  hanya berkisar 3660 izin. Angka ini terpaut jauh dari data tahun 2018 yang mencapai 5151 izin.

Corri mengakui hingga kini pihaknya masih  berupaya mencari penyebab sekaligus solusi agar fenomena itu tidak berulang lagi pada tahun 2020 ini. Karena perizinan ini juga menjadi salah satu indikator peningatan ekonomi masyarakat melalui izin usaha yang mereka ajukan. "Sampai saat ini kita masih mencari penyebab serta solusinya agar sektor sektor usaha semakin tumbuh di masyarakat," kata Corri di Media Center balaikota Padang, (15/1).

Hingga saat ini, pihaknya telah mengindikasikan permasalahan yang mungkin menjadi penyebab lesunya pengurusan izin di tahun 2019. Diantaranya, DPMPTSP belum memiliki gedung kantor yang representatif sehingga menyulitka masyarakat yang hendak mengurus berbagai perizinan. Saat ini DPMPTS berkantor di eks SMA 1 Padang dan satu lokasi dengan Disdukcapil dan Dinas Perpusrakaan dan Arsip.

Selain itu sebut Corri, jumlah SDM yang ada di DPMPTSP saat ini tak sebanding dengan perizinan yang dikeluarkan. Saat ini Pemko Padang telah memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP). Namun letaknya di pasar dan tidak cukup strategis untuk orang bebas berkunjung. Pasalnya pada pagi hari lokasi sekitar areal masuk MPP dipenuhi pedagang. Sehingga menyulitkan  orang untuk parkirdan masuk.

Kemudian, DPMPTSP juga mengalami keterbatasan sarana dan prasrana yang representatif. " Idealnya MPP itu memang seperti mall. Bukan seperti sekarang. Sekarang kita masih berebut akses dengan pedagang,"katanya. (ags)
 
Top
/* Pengunci navbar*/