Oleh : Inggit Octriani

Walimatul Ursy atau resepsi adalah suatu yang tidak aneh lagi di masyarakat kita, penyelenggaraan resepsi pernikahan sudah menjadi hal yang biasa.Berbeda halnya bila, ketika walimah diadakan terpisah (infishol).

Tapi, itu dulu. Sekarang, sudah menjadi hal yang lumrah. Saat ini, masyarakat sudah tidak memandang aneh, walimah yang sifatnya dipisah antara tamu laki -laki dan perempuan.

Islam adalah agama yang sempurna, manusia diturunkan oleh Allah SWT untuk beribadah. Salah satu contoh ibadah, adalah shalat.  Tata aturan shalat sudah sangat jelas, tentu tidak bisa semau kita sendiri. Harus sesuai dengan aturan Allah dan rasul Nya. Shalat shubuh 3 rakaat misalnya, tentu tidak dibenarkan.

Pernikahan pun adalah ibadah, yang tata aturan nya, di contohkan oleh nabi. Tidak ada yang tidak diatur oleh islam.

Tujuan pernikahan adalah ingin mendapat keridhoan Allah, ibadah dan mendapatkan berkah. Tentu kita, sebagai muslim ingin menjadi hamba yang sepenuhnya taat, bukan hamba prasmanan, yang mengambil hal yang disenangi saja, dan meninggalkan yang tidak disukai.

Bagaimana tata aturan walimah ternyata sangat lengkap.Yang ingin saya bahas disini. Bagaimana infishol dalam walimah sudah banyak terlihat di Indonesia. Alhamdulillah.

Artinya sudah banyak yang faham bahwa, ikhtilat atau campur baur, berdesak - desakan antara laki - laki dan perempuan adalah hal yang dilarang dalam islam. Termasuk di dalam penikahan, dimana tidak ditemukan dalil syar'i dalam al - qur'an dan assunah yang memperbolehkan ikhtilat dalam pernikahan.

Tentu saja, selalu ada tantangan bagi seseorang yang ingin taat kepada Allah. Tantangan tersebut datang dari berbagai sisi, namun insyaAllah dengan pertolongan Allah SWT, semua bisa jadi mudah.

Tentu saja, kebutuhan terhadap sistem islam semakin hari, semakin terasa. Sistem islamlah yang akan melindungi dan mendorong para warga negara untuk taat kepada Allah dan rasulNya.

Selamat menjalankan pernikahan yang syar'i, semoga sakinah mawadah warahmah. (*)
 
Top
/* Pengunci navbar*/