Irwan Basir Dt.  Rajo Alam didampingi M. Fikar Dt. Rajo Magek bersama kapolsek Kuranji dan Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman, seusai acara baarak dan dilanjutkan makan barampak di Aula KAN Pauh IX, Kuranji, Padang. ( hari Pathikawa) 

Padang, Kupasonline -- Pagelaran anak nagari Pauh IX, Urak Balabek dalam arak-arakan para pandeka yang merupakan rangkaian acara yang digelar IPSI Kota Padang dilepas secara resmi oleh Ketua KAN Pauh V, Muhammad Nazif juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Arfian, mendapatkan apresiasi oleh Duo Datuak Nagari Pauh IX, M. Fikar Dt. Rajo Magek, S. Ag, MM, M. Pd dan Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM yang diadakan di singasana Medan nan bapaneh Kantor KAN Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis, 27 Februari 2020.

Pada kesempatan itu Irwan Basir Dt. Rajo Alam yang didampingi M. Fikar Dt. Rajo Magek mengatakan, acara Urak Balabek merupakan bagian dari pelestarian nilai-nilai adat dan budaya si Ampek Baleh, yaitu Pauh V dan Pauh IX, paparnya

Selanjutnya, arak-arakan akan melewati jembatan Lambuang Bukik terus ke Simpang Kuranji, berbelok ke Belimbing melewati Gunung Sarik terus ke Bypass menuju kantor KAN Pauh IX. Nah, setelah itu dilanjutkan makan barampak di aulan KAN Kuranji Pauh IX, ujar Irwan Basir.

Ia menjelaskan, acara ini merupakan acara sosial penerapan dalam masyarakat sebagai pranata hukum adat yang ada tapian yang ada dinagari. " Nah, dengan adanya tapian maka adanya sasaran. Maka, sasaran inilah sebagai wadah latihan anak nagari, anak kemanakan untuk belajar beladiri silek dan diisi kegaiatan anak nagari ke arah posisitf," Pungkasnya.

Sementara itu M. Fikar Dt. Rajo Magek menambahkan, urak balabek tempatnya mereka di dahulukan selangkah, ditingikan sarantiang dan dalam pengakuan guru tuo silek yang profesional dalam hal pengakuan dirinya terhadap sasaran tapian-tapian yang ada. Maka dari itu, kami sangat mendukung dan mengapresiasi acara urak balabek ini, dan didukung penuh oleh DPRD Padang dan Sumbar juga Pemerintah Kota Padang, ujarnya. 

" Tentunya ini sebagai bukti bahwa, dinagari tersebut ada berpenghuni dan mambangkik batang tarandam," ulas M. Fikar

Dengan adanya kegiatan urak balabek ini, seluruh generasi muda nagari bisa belajar banyak dan menjauhkan dari hal- hal negatif. Tentunya dengan dukungan oleh semua pihak, baik masyarakat nagari maupun pemerintahan koat Padang sendiri, harapnya. (hri).
 
Top
/* Pengunci navbar*/