Kawasan pusat jajanan di Monas, Lenggang Jakarta, akan digusur Gubernur Anies Baswedan. 

Jakarta, Kupasonline -- Pelaksana tugas Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah DKI Jakarta Ratu Ranteallo menyebut para pedagang di Lenggang Jakarta, Monas, belum tentu dipindahkan ke Gambir.


Diketahui, sekitar 300 pedagang yang berjualan di Lenggang Jakarta bakal dipindahkan sebagai akibat dari proyek revitalisasi Monas.



"Ini belum final karena lokasi yang di Gambir itu terlalu jauh dan terlalu kecil," kata Ratu saat dihubungi, Sabtu (8/2).



Ratu menuturkan pihaknya masih menunggu finalisasi konsep dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan DKI selaku pelaksana revitalisasi. Namun, ia menegaskan bahwa lokasi baru itu paling tidak harus memiliki luas yang cukup untuk menampung seluruh pedagang.



"Dari awal kita harus duduk bareng semuanya kalau sekiranya ada rencana dan memang tidak memungkinkan kita jangan coba-coba, kita akan cari alternatif lain," tuturnya.



Atas dasar itu pula, kata Ratu, pihaknya belum memberikan sosialisasi kepada para pedagang ihwal rencana pemindahan lokasi tersebut.



Sebelumnya, Anies mengatakan persetujuan revitalisasi Monas diberikan oleh Komisi Pengarah dalam pertemuan yang dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.



Dengan izin itu, proyek revitalisasi Monas langsung dilanjutkan setelah sempat terhenti lantaran proyek tersebut dilakukan tanpa izin Mensesneg.



Proyek revitalisasi Monumen Nasional (Monas) diketahui bakal menjadikan kawasan parkir IRTI dan Lenggang Jakarta yang digunakan pedagang berjualan jadi kawasan hijau.



Jika dua kawasan di sisi timur itu jadi kawasan hijau, maka nantinya ruang terbuka hijau di Monas bertambah jadi 64 hektare.



"Sebagian juga baru menyadari bahwa tempat parkir IRTI, kemudian Lenggang Jakarta itu semua itu akan menjadi tempat yang hijau. Jadi itu yang pertama dan yang dibahas panjang (dengan Setneg)," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, kemarin (6/2).



Lenggang Jakarta sendiri merupakan kawasan pusat kuliner di Monas, tepatnya di dekat Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Ada banyak pedagang yang berjualan di sana. (*/wan)
 
Top
/* Pengunci navbar*/