Upacara pembukaan kemah Gugus Depan Pramuka SMAN 1 Sipora.


Mentawai, Kupasonline--
Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sipora gelar  Perkemahan Kamis Jumat Sabtu (PERKAJUSA) selama tiga hari dari hari Kamis 27-02-2020 - 29/02/2020 di  lapangan SMAN 1 Sipora, Desa Sioban, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten kepulauan Mentawai, Propinsi Sumatera Barat, Jumat (27/02/2020).

Berbagai aktivitas wajib diikuti oleh peserta  perkemahan yang bertujuan untuk melatih disiplin, kemandirian, semangat kebersamaan, cinta tanah air dan rasa tanggung jawab.



Kepala sekolah Binner Siallagan Pimpin upacara pembukaan kemah Gugus Depan Pramuka SMAN 1 Sipora.

Kepala sekolah SMAN 1 Sipora Binner Siallagan dalam kegiatan  ini mengatakan,  kemah Gugus Depan Pramuka ini kita gelar selama tiga hari sejak, karena ini salah satu kurikulum wajib diikuti oleh siswa-siswi, selain acara kemah ini  empat kali dalam satu bulan tepatnya setiap hari Sabtu dilakukan pelatihan Pramuka di sekolah, Sebut Binner kepada wartawan di teras rumahnya, Kamis (27/02/2020).

"Tujuan digelarnya kemah Pramuka supaya siswa - siswa SMAN 1 Sipora lebih disiplin dan bermental baik dalam pendidikan disekolah maupun di luar lingkungan sekolah," tegas Kepsek SMAN 1 Sipora.

Binner Siallagan menambahkan dalam kegiatan ini banyak didapatkan pembelajaran yang sangat positif, dimana juga siswa kita telah banyak berhasil masuk  TNI dan POLRI, ungkapnya.


Peserta kemah Gugus Depan Pramuka SMAN 1 Sipora antusias ikuti upacara pembukaan.

Sementara ketua Pembina Gugus Depan Pramuka SMAN 1 Sipora Martinus Siritoitet menambahkan, dalam kegiatan kemah Pramuka ini diikuti sebanyak 385 siswa - siswi dari kelas 10 hingga kelas 12, namun untuk kelas 12 hanya diikuti perwakilan sebanyak 25 siswa - siswi terkait sudah mendekati Ujian Nasional, sebutnya.

"Dalam kegiatan kemah Pramuka yang kita gelar ini bertujuan, agar siswa - siswi sadar akan pemahaman alam terbuka, karena anak zaman sekarang banyak tidak memahami pentingnya kondisi alam terbuka untuk kelangsungan kehidupan manusia," ujarnya antusias.

Ia menambahkan, jumlah sangga (kemah Pramuka) yang kita dirikan sebanyak 26 sangga, terdiri dari penegak putra sebanyak 7 sangga, putri sebanyak 5 sangga untuk tamu penegak sebanyak 14 sangga, peralatan sangga ini sebagian dari sekolah dan sebagainya dibawa siswa - siswi dari rumahnya, untuk itu kami mohon kepada Pemerintah daerah sebagai Pembina Gugus Depan Pramuka yang dipimpin Bapak Wakil Bupati Kortanius Sabalaeke, "Bersedia menyisihkan sebahagian anggaran buat pembinaan dan peralatan Gugus Depan Pramuka SMAN 1 Sipora," tuturnya.

Selanjutnya, materi pembelajaran yang diberikan pada kegiatan Gugus Depan ini yakni, perlombaan memasak khas mentawai, bakti sosial ketempat ibadah, api unggun dan lainnya, sebut Ketua Pembina.

Dalam acara pembukaan kemah Gugus Depan ini dihadiri oleh Bapak Kapolsek Sioban dan tokoh masyarakat, tutupnya. (ash)


 
Top
/* Pengunci navbar*/