Ilustrasi. Beberapa makanan yang awet disimpan di dalam kulkas bisa menjadi pilihan stok ketersediaan bahan pangan di rumah.

Jakarta, Kupasonline -- Makanan yang awet disimpan di dalam kulkas bisa menjadi pilihan stok ketersediaan bahan pangan harian. Beberapa makanan diketahui tetap awet dengan kualitas yang bertahan meski lama ditaruh di dalam kulkas.

Belakangan, banyak orang berlomba untuk memenuhi persediaan bahan makanan di rumah agar tak kekurangan. Wajar saja, wabah virus corona membuat banyak orang khawatir soal ketersediaan bahan pangan.

Berikut beberapa pilihan makanan yang awet disimpan di kulkas.

1. Daging
Daging bakal awet disimpan di kulkas. Mengutip Daily Mail, Anda bisa membuatnya lebih awet jika daging dibungkus dengan plastic wrap atau alumunium foil, lalu simpan dalam kontainer makanan.


Waktu simpan maksimal akan berbeda pada setiap jenis daging. Daging ayam di dalam freezer akan awet hingga 4 bulan. Sedangkan daging sapi, domba, dan ikan bisa awet hingga 6 bulan.

2. Apel
Apel jadi salah satu buah yang nikmat dikonsumsi dalam kondisi dingin. Menyimpan apel di kulkas bisa membuatnya awet jika Anda membungkusnya terlebih dahulu dengan kantong plastik.

Sebaiknya letakkan apel terpisah dengan sayuran. Cara ini bisa membuat apel bertahan hingga sebulan sebelum membusuk.

Usahakan konsumsi apel dari yang ukurannya paling besar. Apel dengan ukuran besar akan lebih cepat busuk daripada yang kecil.

3. Telur
Telur bisa awet di kulkas baik dalam kondisi matang maupun mentah. Telur yang sudah matang atau dalam kondisi sudah dimasak bisa bertahan hingga 7 hari. Sedangkan telur mentah bisa bertahan lebih lama.

Ingin lebih awet? Cukup siapkan nampan untuk membuat muffin, lalu masukkan telur yang sudah dipecahkan pada masing-masing lekukan. Simpan telur ke dalam freezer dan Anda bisa menikmatinya hingga setahun ke depan.


4. Keju
Keju menjadi salah satu makanan yang awet di kulkas. Keju bisa awet hingga 6 pekan dalam kondisi kemasan sudah terbuka. Sedangkan keju dalam kemasan utuh bisa Anda simpan hingga 2-4 bulan.

5. Lemon
Jenis buah-buahan sitrus akan cepat kehilangan kelembapan dan rasa saat disimpan dalam wadah selama lebih dari seminggu. Mengutip Insider, lemon dan jeruk nipis akan lebih awet di dalam kulkas jika dibungkus kantong plastik terlebih dahulu.

Lemon maupun jeruk nipis bakal tetap 'juicy' alias tidak cepat kering. Selain itu, buah ini juga bisa bertahan hingga 3 bulan.

6. Beras cokelat
Sebagai makanan pokok, beras memang jadi stok utama rumah tangga Indonesia. Anda bisa menyimpan beragam jenis beras seperti beras putih, beras basmati dan beras merah hingga 2 tahun atau lebih.

Khusus untuk beras cokelat, masa penyimpanan akan lebih panjang jika ditaruh di dalam kulkas. Pastikan beras disimpan dalam wadah kedap udara.

7. Kubis
Kubis termasuk sayuran yang fleksibel untuk beragam olahan. Anda bahkan bisa menikmatinya dalam kondisi mentah sebagai lalapan dan campuran gado-gado.

Kubis paling nikmat dikonsumsi dalam kondisi segar. Untuk menjaganya tetap awet dan segar, simpan kubis di dalam kulkas. Anda bisa membuatnya awet jika membungkusnya terlebih dahulu dengan kantong plastik. Kubis bisa awet hingga 2 bulan. (*/wan)
 
Top
/* Pengunci navbar*/