Dr. Edwin Supryogi  Mkes, Plt Direktur RSUD Tanah Badantuang Sijunjung

Sijunjung, Kupasonline --
Penanganan penerimaan pasien jika ada dugaan terpapar wabah Virus Corona Disease (COVID 19)Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Tanah Badantuang di Kabupaten Sijunjung, mulai hari ini Rabu 25/3 siap menerima jika ada dugaan terpapar Virus tersebut. 

Disaat adanya wabah penyakit Virus Corona,Pelaksana Tugas Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Setempat Edwin Suprayogi melalui jaringan telepon Seluler mengatakan, ruangan khusus infeksi bagi pasien diduga terpapar Virus Corona di daerah ini ditempatkan diruangan isolasi di Instalasi Gawat Darurat (IGD) ini tertutup pakai kaca, exhous, serta dilengkapi X ray Mobiler. 
Direktur RSUD langsung pimpin penyemprotan Disenfektan RSUD.

Dijelaskannya,bagi pasien ada gejala terpapar Covid 19 langsung dirawat diruangan Isolasi sebelum dirujuk ke Rumah Sakit rujukan diantaranya, Rumah Sakit M.Jamil di Padang, Rumah Sakit Akhmat Muktar (RSAM) di Bukit Tinggi. Sesuai dengan Standar Operasional (SOP) jika ada pasien dengan gejala seperti penyakit Covid 19,pasien segera diinapkan diruangan Isolasi untuk di Observasi, jika ada indikasi terpapar penyakit tersebut,
Orang Dalam Pantauan (ODP) kata dia langsung dirujuk. 

Petugas jelasnya lagi siaga 24 Jam ini dikordinir dokter Spesialis Paru,dibantu dengan beberapa orang para Medis berjumlah lebih dari 10 orang dan khusus bagi para Medis,.sudah dibekali dengan pengetahuan seputar tata cara penanganan pasien dengan gejala katanya lagi terinfeksi Virus mematikan tersebut. 

Dikatakan,petugas siaga ini dilindungi Alat Pelindung Diri (APD) sesuai standar dari Kementerian Kesehatan (KEMENKES). Ketika ditanya tentang ketersediaan (APD) Edwin menceritakan,RSUD sangat kekurangan APD, ditambah lagi ketersediaan Handsanitizer sudah menipis, dalam hal penanganan sangat dibutuhkan, namun tetap akan diupayakan. 

Disamping itu dikatakan Direktur, untuk kunjungan besuk bagi pasien rawat inap ditegaskan Edwin ditiadakan,dengan ketentuan 1orang penunggu pasien. Dan jika ada penunggu pasien, atau tamu lainnya Merokok, dipersilahkan untuk menjauh dari area RSUD, untuk memutus mata rantai pencegahan penyebaran Virus Corona kata dia lagi dipintu masuk disediakan area cuci tangan lengkap dengan cairan sabun pembersih, mulai dari pintu masuk, kantor, ruang rawat inap, Toilet, hingga keliling RSUD disemprotkan Zat Disenfektan untuk pencegahan, pungkasnya. (shb) 
 
Top
/* Pengunci navbar*/