Nastar adalah salah satu kue kering apa yang paling ditunggu-tunggu saat Lebaran. Ada berbagai varian resep dari yang klasik, lumer, sampai cokelat. 

Jakarta, Kupasonline -- Kue kering apa yang paling Anda tunggu-tunggu saat Lebaran? Ada yang bilang nastar dan ada juga yang putri salju atau kastengel. Namun yang pasti ketiga jenis kue kering klasik ini selalu terhidang di meja sajian Lebaran.

Nastar, kue kering berbentuk bulat ini biasanya diisi dengan selai nanas yang manis dan lembut. Tekstur kuenya sendiri yang lumer di mulut dan menghadirkan sensasi makan tersendiri.

Nama nastar sendiri berasal dari Bahasa Belanda yakni ananas yang berarti nanas dan tart yang berarti kue atau pai. Nastar disebut terinspirasi dari kui pai yang biasanya berisi apel atau blueberry. Namun, karena buah itu sulit ditemui di Indonesia, maka diganti dengan nanas.


Jika Anda ingin membuat kue kering klasik khas Lebaran ini, ada beberapa resep nastar, dari yang klasik sampai yang modern dengan modifikasi yang bisa Anda coba di rumah.

1. Nastar renyah
Ada orang yang lebih suka resep nastar klasik yang lumer dan 'ambyar' di mulut, ada juga yang suka yang agak renyah.

Bagi Anda yang lebih suka nastar yang agak renyah, kuncinya terletak pada penggunaan butter alias mentega, bukan margarin.

Jangan lupa buat dalam ukuran sedang dan isi selai nanas yang cukup banyak agar enak disantap.

2. Nastar klasik
Nastar klasik dengan tekstur yang agak lumer dan ambyar di mulut juga jadi buruan banyak orang. Nastar klasik biasanya dibuat dengan tambahan roombutter bakal membuat rasanya makin enak dan lembut.

Selain itu aromanya juga makin harum dan menggoda selera untuk segera disantap.

Coba saja jajal resep nastar klasik berikut ini, caranya mudah dan praktis, dijamin enak.

3. Nastar bon bon
Ingin coba sensasi nastar yang lain? Selain bisa berkreasi dengan aneka isian selain selai nanas, Anda juga bisa memberi tampilan yang lain.

Salah satu caranya adalah dengan menambahkan lapisan cokelat atau bonbon di bagian luar kue keringnya.

Penambahan cokelat pada nastar yang merupakan paduan tepung dan nanas ini memberikan sensasi rasa yang berbeda dari nastar kebanyakan. Rasa cokelat akan lumer dengan selai nanas saat tiba di mulut.(*)
 
Top
/* Pengunci navbar*/