Ilustrasi razia pemudik di tengah pandemi virus corona oleh petugas kepolisian 

Jakarta, Kupasonline -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengamankan empat bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang membawa pemudik dari Jakarta ke Solo, Jawa Tengah. Empat bus tersebut diamankan pada Rabu dini hari (20/5).

"Pada saat anggota jajaran Satpatwal melakukan patroli kawasan di Cibubur pada pukul 01.00 dini hari, di depan Bumi Perkemahan Cibubur, melihat bus berstiker tersebut melintas," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo saat dikonfirmasi, Rabu (20/5).

"Pengakuannya baru mengangkut pemudik ke solo," tambahnya


Pada saat diperiksa petugas, bus sudah dalam keadaan kosong. Tak ada penumpang sama sekali.

Berdasarkan penuturan sopir, bus mulanya dipakai untuk membawa pemudik dari Jakarta menuju Solo, Jawa Tengah. Bus disewa oleh perusahaan yang sejauh ini masih belum diketahui.

Kemudian, usai mengantar ke Solo, para sopir bus kembali ke pool di Jakarta. Saat itulah mereka diamankan petugas. 

 Pemerintah telah melarang mudik ke kampung halaman di tengah pandemi virus corona sejak 24 April lalu. Namun, pada 7 Mei pemerintah mengizinkan moda transportasi beroperasi kembali saat mudik dilarang.

Mereka yang diizinkan menggunakan transportasi umum di antaranya yang punya kepentingan mendesak dan memiliki surat keterangan bebas covid-19. (*/wan)
 
Top
/* Pengunci navbar*/