Bangkinang,Kupasonline -- Pemerintah Kabupaten Kampar menggelar peringatan  Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII tahun 2020, Senin (29/6/20). Peringatan Harganas tahun ini mengangkat tema “BKKBN baru dengan cara baru dan semangat baru hadir di keluargamu”,  dengan tagar (hashtag) #berencanaitukeren.

Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam memeriahkan  peringatan Harganas XXVII. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah melaksanakan pelayanan KB serentak sejuta akseptor. Kegiatan ini dilaksanakan secara nasional  untuk memenuhi rekor MURI. 

Untuk Kabupaten Kampar,  target yang ditetapkan oleh BKKBN Perwakilan Provinsi Riau  sebanyak 3.506 akseptor baru, dengan rincian, MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang)  yang terdiri dari IUD dan implant sebanyak 632 akseptor, Pil/kondom sebanyak 1.799 akseptor dan suntik sebanyak 1.075 akseptor.  

Namun dari hasil pendataan yang dilakukan dilapangan tercatat ada 5.812 akseptor yang ikut dalam pelayanan KB serentak. Dengan rincian, MKJP  yang terdiri dari IUD 170 akseptor dan implant sebanyak  1.095 akseptor (total MKJP sebanyak 1.265 akseptor), Pil 2.041 Akseptor, kondom sebanyak 603 akseptor, dan  suntik sebanyak  1.903 akseptor. Artinya pencapaian realisasi pelayanan KB serentak di Kabupaten Kampar  sebesar 165 %.

Pelaksanaan pelayanan KB serentak dalam rangka  Harganas XXVII tingkat Kabupaten Kampar dilaksanakan di 126 fasilitas kesehatan (faskes) seluruh Kabupaten Kampar, termasuk di dalamnya 31 Puskesmas. 

Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH menyempatkan diri meninjau  pelaksanaan  pelayanan KB serentak di Kecamatan Bangkinang yang  dipusatkan di  gelanggang pencak silat Pengkab IPSI Kabupaten Kampar  komplek kantor Camat Bangkinang Muara Uwai.

Ikut mendampingi Bupati Kampar, Ketua TP PKK Kabupaten Kampar  Muslimawati Catur,  Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Ny. Juli Mastuti  Yusri beserta pengurus,  Kepala Dinas  Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana  Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar  Drs. H. Edi Afrizal, MSi beserta pejabat dilingkup DPPKBP3A Kabupaten Kampar, Camat Bangkinang Amir Ludfi.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyempatkan diri berdialog dengan ibu-ibu peserta  KB. Bupati memberikan semangat  dan motivasi  kepada peserta KB akan pentingnya keikutsertaan ber KB dalam menciptakan keluarga  sehat, berkualitas dan  sejahtera. “Terimakasih ibu-ibu yang telah ikut mensukseskan program pemerintah  dengan cara ikut program keluarga berencana,” ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada  penyuluh KB dan  kader yang  telah bekerja keras dalam mensukseskan program Pemerintah. “Keberhasilan pelayanan KB hari ini, tidak terlepas dari kerja keras bapak ibu penyuluh dan kader,” ujar Bupati.

Sementara itu Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kampar  Drs. H. Edi Afrizal, M.Si kepada wartawan menyampaikan bahwa dalam rangka menyambut dan memeriahkan Harganas tingkat Kabupaten Kampar XXVII, selain  kegiatan  pelayanan KB serentak sejuta akseptor ini,  Dinas  DPPKBP3A Kabupaten Kampar telah melaksanakan serangkaian kegiatan.

Diantara  kegiatan tersebut  yakni, mengikuti  penilaian KB Lestari tingkat Provinsi Riau yang mana peserta dari Kabupaten Kampar meraih juara I dan akan mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional, penyerahan media KIE stunting dan BKB KIT di desa Tanjung Karang dalam kegiatan Konvergensi Intervensi penanggulangan stunting. Sementara itu ada  kegiatan Forum Genre dan  Forum Anak Kabupaten Kampar  yaitu, membantu dan mengunjungi salah seorang remaja yang menderita tumor lambung di Desa Laboy Jaya, kampanye PUP (Pendewasaan Usia Perkawinan) dan seminar online tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. (srn)
 
Top
/* Pengunci navbar*/