Agam, Kupasonline -- Masyarakat Jorong Gumarang 1, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, melaksanakan gotong royong membuka jalan lingkar usaha tani, Senin (29/6).

Wali Nagari Tigo Koto Silungkang, Doni Cendra mengatakan, pembukaan jalan usaha tani ini dilakukan dengan cara swadaya masyarakat.

“Sekitar 80 orang masyarakat Nagari Tigo Koto Silungkang, khususnya Jorong Gumarang 1, sejak tadi pagi sudah memulai goro bersama untuk membuka jalan usaha tani,” jelasnya.

Jalan lingkar yang akan dibuka sepanjang lebih kurang 3 kilometer, dengan lebar 3 meter. Dimulai dari Pasar Gumarang sampai ke Kubang, Jorong Gumarang 1.

Doni Cendra menjelaskan, bahwasanya sektor pertanian menjadi ujung tombak bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonominya.

“Jadi, untuk memperlancar akses pertanian, maka masyarakat berinisiatif untuk membuka jalan ke wilayah pertanian secara swadaya,” ujarnya.

Dengan adanya jalan tersebut, masyarakat lebih mudah dalam pengelolaan, perawatan dan pendistribusian hasil tani ke para pedagang.

“Oleh sebab itu, diharapkan kepada pemerintah kecamatan maupun kabupaten, agar dapat membantu dalam memajukan dan mengembangkan sektor pertanian yang ada di Nagari Tigo Koto Silungkang,” harapnya. (pry)
 
Top
/* Pengunci navbar*/