Kabag Humas Pemkab Solok Syofiar Syam

   Solok, Kupasonline -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok mulai 1 Juni 2020 secara resmi menutup keberadaan tiga Posko Covid-19, yang berbatasan langsung dengan tiga daerah tetangga daerah penghasil beras ternama itu.

   Tiga Posko Covid-19 yang ditutup dan  selama ini menjadi Posko petugas gabungan dari unsur tenaga medis, Dishub, Satpol PP dan Damkar, TNI/Polri, PMI, Tagana dan Pemuda Pancasila itu, lokasi keberadaanya di Biteh Kacang Kecamatan X Koto Singkarak, Sungai Lasi Kecamatan IX Koto Sungai Lasi dan Lubuk Selasih Kcamatan Gunung Talang.

   Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Solok Syofiar Syam kepada awak media di Arosuka, Senin (1/6) menyebutkan, bahwa penutupan ketiga Posko Covid-19 yang selama ini beroperasi memeriksa suhu tubuh penumpang kendaraan bermotor yang memasuki wilayah Kabupaten Solok terkait antisipasi Covid-19 itu, berdasarkan Surat Bupati Solok bernomor : 33/Covid-19/V-2020 bertanggal 29 Mei tentang Penutupan Posko yang ditanda tangani Bupati Solok Gusmal.

  Informasi yang dirangkum media ini, Surat Bupati Solok tentang penutupan posko tersebut, ditujukan kepada Ketua DPRD Kabupaten Solok dan Forkopimda setempat dan Dinas/instansi SKPD serta unsur terkait lainya.

   Bupati Solok Gusmal dalam Surat tersebut antara lain menegaskan bahwa menindak lanjuti Rapat Gugus Tugas tanggal 26 Mei dan Rapat Forkopimda pada 27 Mei dan hasil Video conference (Vidcon) dengan Gubernur Sumbar pada  29 Mei.

  Maka dalam rangka transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), secara bertahap dilakukan pelonggaran beberapa peraturan PSBB menuju kondisi New Normal/tatanan baru menghadapi Covid-19.

   Pertama, menjadikan Posko Utama sebagai Posko Pengendalian Pendisiplinan masyarakat dalam menuju tatanan kehidupan normal baru (New Normal).

  Kemudin, menutup seluruh Posko Perbatasan yang dibangun Dinas Perhubungan Kabupaten Solok di Posko Biteh Kacang, Sungai Lasi dan Lubuk Selasih mulai 1 Juni 2020.

  Sepanjang dibutuhkan, BPBD Kabupaten Solok selaku Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan  Covid-19 masih berkantor di Ruang Pertemuan Danau Dibawah Sekretariat Daerah.

  Masih dalam Surat tersebut, Bupati Solok Gusmal menyebutkan untuk selanjutnya upaya optimalisasi dalam rangka mendisiplinkan masyarakat dalam melakukan Protokol Kesehatan Covid-19, lebih mengoptimalkan peran Kecamatan dan Nagari. (ird).
   
 
Top
/* Pengunci navbar*/