Banyumas – Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyerahkan dana bantuan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) kepada dua orang warga masyarakat Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, di Posko TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, yang berada di Balai Desa Petahunan. Rabu (15/7/2020).

Venti Kristiani, Ketua Tim UPK Kecamatan Pekuncen menjelaskan, dana yang disalurkan berasal dari Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kabupaten Banyumas.

“Dana kita serahkan kepada penerima manfaat yaitu Ibu Sodah (70) janda di RT. 03 RW. 04 senilai Rp. 11 juta, dan juga Pak Tarsim, suami Ibu Kursinah (56), pedagang asal RT. 06 RW. 03, senilai Rp. 7 juta,” bebernya.

Dijelaskan Kepala Desa Petahunan, Rohmad Fadli, dana bantuan diserahkan langsung kepada pemilik rumah, namun peruntukannya akan diarahkan pihaknya dan Babinsa setempat untuk membeli material bangunan.

“Untuk pengerjaan rehab rumah kedua warga kami tersebut, secepatnya akan dilakukan oleh tukang bangunan dari Satgas TMMD dan warga setempat, jika bahan bangunan sudah ada,” ucapnya.

Sekedar diketahui, kedua rumah tersebut akan menambah jumlah rehab RTLH TMMD Reguler Banyumas, yang sebelumnya telah menyelesaikan rumah Tarman (47), buruh tani asal Desa Petahunan RT. 05 RW. 03, hanya dalam waktu satu minggu.

Rumah yang berukuran 5 x 7 meter ini didanai BAZNAS Kabupaten Banyumas senilai Rp. 20 juta, dengan sasaran pekerjaan yaitu pembuatan ruang tamu, 2 kamar tidur, tempat sholat, 1 kamar mandi dan dapur. (Aan)
 
Top
/* Pengunci navbar*/