BANYUMAS - Tampil sebagai narasumber di kegiatan non fisik TMMD Reguler ke-108 Kodim 0701/Banyumas, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kanit Sat Binmas Polres Banyumas, Iptu Suparno, SH, minta agar warga Petahuan meningkatkan Siskamling.

Memberi ceramah kepada warga Desa Petahunan, di lokasi wisata Watu Kumpul, Desa Petahunan, Iptu Suparno, mengemukakan, dalam menjaga kondusifitas di wilayah Banyumas,  dimulai dari lingkup terbawah yaitu RT dan RW.

Untuk meningkatkan kualitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkup desa, maka Siskamling harus terus digalakkan termasuk melalui ronda malam dan patroli malam.

Dikatakan, peran RT dan RW juga harus lebih ditingkatkan guna memperkuat Siskamling, yaitu mewajibkan tamu lapor 1×24 jam, sehingga terpelihara keamanan, ketertiban, dan kerukunan antar warga.

Selain RT dan RW, menurut Iptu Suparno,  peran Linmas juga harus dioptimalkan. karena Linmas merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk memelihara Kamtibmas, penanganan bencana alam serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. (Ags)
/>
 
Top
/* Pengunci navbar*/