BREAKING NEWS

02 September 2020

35 Dokter di Sumbar Saat Ini Dikarantina Akibat Terpapar Covid-19


Kupasonline -- Saat ini sudah ada 35 orang dokter di Sumbar dikarantina karena terinveksi covid-19. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumbar, dr. Pom Harry Satria menyebut, ke 35 orang dokter tersebut saat ini dalam proses karantina di RS.

"Awal pandemi, jumlah dokter yang terpapar covid-19 mencapai 60 orang. Saat ini sudah berkurang menjadi 35 orang dokter yang menjalani karantina," ungkapnya.

Dikatakan dr Pom, risiko terpapar virus covid-19 bagi tenaga dokter sangat tinggi. Penyebab utamanya selain fasilitas APD yang tidak memadai, juga karena masyarakat yang tidak terbuka dengan riwayat penyakitnya.

Resiko terpapar covid pada dokter dan nakes, sambungnya juga sangat terkait dengan beban kerja yang meningkat sehingga kondisi kesehatan dokter dan nakes pun melemah. "Kita takut jika semua dokter terpapar covid-19, kemungkinan besar layanan kesehatan di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di Sumbar akan terganggu," ulasnya.

Untuk itu, dr Pom meminta agar masyarakat selalu menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah agar penyebaran virus covid-19 ini bisa ditekan.

Kepada seluruh dokter dan nakes di sumbar, lanjutnya, IDI selalu mengimbau untuk memberikan kerja terbaik bagi masyarakat, dengan meningkatakan perlindungan diri melalui APD sesuai level, menjaga kesehatan pribadi dengan istirahat yang cukup, pola makan yang sehat. (*wtr) 

Share this:

Peristiwa

Parlemen

Pendidikan

Kuliner

Hiburan

Olahraga

Lifestyle

Pariwisata

 
Copyright © 2014 KUPASONLINE.COM. Designed by OddThemes
Redaksi Disclaimer Kode Etik Jurnalistik Pedoman Media Siber