BREAKING NEWS

12 September 2020

7 Cara Sederhana Mengatasi Nafsu Makan Berlebih

Jika tak dikontrol, nafsu makan berlebih bisa menimbulkan risiko penambahan berat badan. Berikut beberapa cara mengatasi nafsu makan berlebih.

Jakarta, Kupasonline.com-- Nafsu makan berlebih bisa sangat mengganggu. Jika tak dikontrol, risiko berat badan bertambah ada di depan mata. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nafsu makan berlebih.

Nafsu makan yang meningkat setelah aktivitas fisik adalah hal yang wajar. Tapi, jika nafsu makan meningkat secara signifikan dalam jangka waktu panjang, itu bisa jadi pertanda bahaya. Beberapa kondisi fisik dan psikis bisa jadi penyebabnya.

Overeater Anonymous, organisasi yang fokus pada kebiasaan makan masyarakat, mencatat bahwa kelompok perempuan memiliki risiko lebih besar mengalami nafsu makan berlebih.


"Banyak dari anggota kami mengatakan bahwa mereka terobsesi dengan makanan. Mereka juga terus berpikir tentang apa yang bisa mereka makan selanjutnya," ujar Direktur Pelaksana Overeater Anonymous, Naomi Lippel, mengutip Shape.

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa cara beberapa orang merespons makanan sangat mirip dengan cara para pengguna narkoba bereaksi terhadap obat-obatan terlarang yang membuat mereka ketagihan. Makanan bisa menjadi candu bagi beberapa orang.

Bagi Anda yang mengalami nafsu makan berlebih, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut beberapa cara mengatasi nafsu makan berlebih, mengutip berbagai sumber.

1. Buat rencana makan
Mengonsumsi makanan yang sama dari waktu ke waktu secara teratur akan membantu mencegah Anda memikirkan makanan sebagai sesuatu yang selalu menyenangkan.

"Jangan pernah menjadikan camilan seperti es krim sebagai 'hadiah' untuk diri sendiri setelah seharian bekerja keras, misalnya," kata ahli diet dan gizi, Lisa Dorfman.

Coba-lah untuk membuat tantangan untuk diri sendiri dengan mengonsumsi makanan yang sama dan teratur selama 30 hari. Dengan cara ini, perlahan tubuh akan terbiasa dengan pola makan yang Anda terapkan.

2. Jangan makan sambil beraktivitas
Otak akan terkecoh saat Anda makan sembari melakukan aktivitas-aktivitas lain. Duduk di meja makan adalah cara tepat untuk menahan keinginan makan berlebih.

Coba-lah untuk makan di meja makan sesering mungkin. Jika tidak, Anda akan mengkondisikan diri untuk makan kapan saja dan di mana saja, termasuk saat Anda menonton televisi.


3. Konsumsi camilan sehat 30 menit sebelum makan
Butuh waktu selama 30 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang yang bergerak dari perut ke otak. Semakin cepat Anda mulai makan, semakin cepat perut menyampaikan pesan ke otak bahwa Anda sudah kenyang.

Coba-lah mengonsumsi camilan sehat 30 menit sebelum makan.

4. Olahraga teratur
Selain dapat mempertahankan berat badan yang sehat, olahraga teratur juga dapat mencegah kebiasaan makan secara kompulsif. Pasalnya, olahraga sama seperti makanan yang mampu membantu meredakan stres dan menimbulkan perasaan senang.

5. Konsumsi cukup protein dan serat
Menambahkan lebih banyak protein ke dalam menu makan dapat meningkatkan perasaan kenyang. Mengutip Healthline, rasa kenyang ini dapat membantu Anda untuk makan lebih sedikit pada waktu berikutnya.

Hal yang sama juga berlaku pada makanan yang mengandung serat. Serat diketahui dapat berfermentasi di usus besar dan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang diperkirakan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

Sebuah ulasan menemukan bahwa kacang kaya serat dapat meningkatkan perasaan kenyang hingga 31 persen. Angka ini lebih tinggi daripada makanan selain kacang.

6. Konsumsi cokelat hitam
Manjakan diri Anda dengan cokelat hitam. Pahitnya cokelat hitam dianggap dapat membantu menurunkan nafsu makan dan mengurangi keinginan akan makanan manis.

Selain itu, para peneliti juga percaya bahwa kandungan asam stearat dalam cokelat hitam dapat membantu memperlambat pencernaan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perasaan kenyang.

7. Minum air mineral sebelum makan
Minum segelas air mineral sebelum makan telah terbukti membuat seseorang merasa lebih kenyang.

Mengutip Medical News Today, sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang melaporkan rasa kenyang segera setelah makan jika diawali dengan air.

Lakukan tujuh cara sederhana mengatasi nafsu makan berlebih di atas agar pola makan tetap terkontrol, sehat, dan terhindar dari risiko penambahan berat badan. (*)

Share this:

Peristiwa

Parlemen

Pendidikan

Kuliner

Hiburan

Olahraga

Lifestyle

Pariwisata

 
Copyright © 2014 KUPASONLINE.COM. Designed by OddThemes
Redaksi Disclaimer Kode Etik Jurnalistik Pedoman Media Siber