Hidung Tersumbat, Berikut Tips Agar Tidur Nyenyak

Jakarta, Kupasonline -- Saat sakit, istirahat yang cukup merupakan bagian dari upaya pemulihan kondisi. Namun saat pilek, tidur jadi ti...


Jakarta, Kupasonline -- Saat sakit, istirahat yang cukup merupakan bagian dari upaya pemulihan kondisi. Namun saat pilek, tidur jadi tidak nyaman, atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali lantaran sulit bernapas karena hidung mampet atau tersumbat.

Mengapa hidung bisa mampet atau tersumbat?

Hidung tersumbat paling sering diakibatkan pembuluh darah pada hidung membengkak sehingga ada kelebihan cairan mengumpul pada jaringan hidung.

"Pembengkakan jaringan ini umumnya mengakibatkan penyumbatan pada hidung. Itulah sebabnya kita merasakan sensasi tersumbat," jelas Danh Ngo, dokter osteopati di Medical Offices of Manhattan dikutip dari Insider.

Biasanya, gangguan pada saluran napas disertai gejala lain seperti, tekanan pada sinus, sakit kepala, batuk dan sakit pada telinga. Sementara hidung mampet terjadi pada mereka yang mengalami flu atau selesma atau alergi.

Apa yang bisa dilakukan agar tidur tetap nyenyak tanpa hidung mampet?

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa membantu membuka sinus. Melansir dari Medical News Today, uap panas bisa melonggarkan mukus yang mengering dan bisa membantu membilas hidung, mengurangi rasa sakit dan mampet.

Sebagian orang mempraktikkan memijat kulit di sekitar sinus untuk melancarkan pernapasan. Mandi air hangat juga bisa membuat tidur lebih nyenyak.

2. Konsumsi madu

Hidung tersumbat memaksa orang untuk bernapas lewat mulut. Akibatnya tenggorokan kering terlebih jika ada gejala lain seperti batuk dan radang tenggorokan. Konsumsi madu bisa meredakan rasa tidak nyaman plus mengurangi batuk.

Anda bisa juga mencoba madu pada anak-anak daripada membiarkan mereka mengonsumsi obat. Madu bisa dikonsumsi begitu saja atau dicampur dengan air jahe hangat dan teh.

3. Penggunaan humidifier

Salah satu cara untuk mengatasi hidung mampet adalah dengan membuat ruangan atau kamar lebih lembap. Pelembap ruangan atau humidifier bisa dipasang di kamar dan membantu melegakan hidung.

"Udara yang lembap akan membuat mukus lebih cair dan lebih mudah dikeluarkan," ujar Lina Velikova, dokter di Disturb Me Not mengutip dari Insider.

Anda bisa menambahkan minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus. Selain itu penting untuk menjaga humidifier tetap bersih karena kondisi lembap bisa jadi lingkungan yang baik untuk bakteri dan jamur tumbuh.

4. Obat

Langkah ini bisa Anda lakukan jika kondisi pilek cukup parah. Pilih obat yang memang bisa dikonsumsi saat malam karena ada obat yang ditujukan untuk siang hari dan membuat Anda terus terjaga.

Ngo merekomendasikan obat dengan antihistamin atau dekongestan. Obat akan membantu Anda mengatasi hidung mampet dan gejala penyerta.

5. Atur posisi tidur

Velikova berkata, posisi tidur yang kurang tepat juga bisa membuat hidung makin mampet dan susah tidur. Tidur dengan posisi miring ke kanan atau ke kiri bakal serba salah. Posisi ini nyaman tapi sulit bernapas.

Dia pun menyarankan untuk menambahkan bantal agar posisi kepala agak terangkat. Mukus atau cairan pada hidung tidak akan makin menutup saluran napas.

(*/wtr)

COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,45,Advetorial,42,Agam,23,Bali,3,Bangka Belitung,120,Bukittinggi,37,Covid-19,101,Dharmasraya,6,Edukasi,7,Ekonomi,162,Headline,49,Hiburan,22,Hukrim,256,Hukum dan Kriminal,19,Internasional,83,Jakarta,5,Jawa barat,2,Jawa Tengah,18,Jawa Timur,3,Kalimantan Selatan,145,Kampar,51,Kepulauan Riau,8,Kesehatan,56,Kuliner,34,Lifestyle,126,Limapuluhkota,21,Medan,11,Mentawai,160,Nasional,178,Olahraga,93,Opini,84,Padang,121,Padang Panjang,13,Padang Pariaman,11,Papua,1,pariaman,12,Pariwisata,17,Parlemen,200,Pasaman,33,Pasaman Barat,162,Payakumbuh,61,Pendidikan,33,Peristiwa,37,Pesisir Selatan,50,Politik,48,Riau,92,Sawahlunto,45,Sijunjung,81,Solok,109,Solok Selatan,26,Sosial Budaya,1,Sulawesi Selatan,4,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,31,Sumatra utara,1,Sumbar,525,Tanah Datar,16,Tips dan Trik,4,tmm,1,TMMD,577,TMMD Brebes,324,TMMD Karang Anyar,532,TMMD Kendal,549,TMMD Malinau,440,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Hidung Tersumbat, Berikut Tips Agar Tidur Nyenyak
Hidung Tersumbat, Berikut Tips Agar Tidur Nyenyak
https://1.bp.blogspot.com/-Lw_LX3ql_XM/X1yHhPZuQZI/AAAAAAAACik/E_JnJMiJ_JciNNhpuOX4uzKCzZ-58xiMACLcBGAsYHQ/s640/ilustrasi-bersin_169.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-Lw_LX3ql_XM/X1yHhPZuQZI/AAAAAAAACik/E_JnJMiJ_JciNNhpuOX4uzKCzZ-58xiMACLcBGAsYHQ/s72-c/ilustrasi-bersin_169.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2020/09/hidung-tersumbat-berikut-tips-agar.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2020/09/hidung-tersumbat-berikut-tips-agar.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content