Hipertensi, Berikut 7 Makanan Terbaik yang Cocok Dikonsumsi

Ilustrasi  Jakarta, Kupasonline -- Kondisi  hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat dikontrol dengan gaya hidup dan pola makan yan...

Ilustrasi 
Jakarta, Kupasonline -- Kondisi  hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat dikontrol dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Berikut makanan terbaik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Dilansir dari CNNIndonesia.com Risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi meningkat seiring bertambahnya usia. Data WHO menunjukkan, satu dari tiga orang di dunia memiliki hipertensi.

Tekanan darah tinggi merupakan kondisi saat tekanan darah sistolik lebih dari 130 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 80 mmHg. Jika kondisi tekanan darah ini tidak dikontrol, maka dapat menyebabkan kerusakan di sepanjang pembuluh darah dan organ-organ tubuh seperti jantung, ginjal, dan otak.

Tekanan darah tinggi bisa dikontrol dengan mengonsumsi obat-obatan, berolahraga teratur, dan pola makan yang sehat. Pola makan yang dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah tinggi di antaranya kandungan kalium dan magnesium yang tinggi serta nutrisi penting untuk mengurangi tekanan darah.

Berikut makanan terbaik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

1. Jeruk

Keluarga buah jeruk memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Buah jeruk tinggi akan vitamin, mineral, dan senyawa yang dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kandungan asam sitrat dan flavonoid dalam lemon, misalnya, dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sistolik.

2. Salmon dan ikan berlemak

Salmon dan ikan berlemak lainnya merupakan sumber yang baik untuk asam lemak omega-3. Omega 3 merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar senyawa penyempit pembuluh darah.

Studi menunjukkan, asupan ikan berlemak kaya omega-3 dapat menurunkan tingkat tekanan darah.

3. Biji labu

Biji buah labu memiliki nutrisi penting untuk menjaga tekanan darah. Biji labu memiliki nutrisi yang terkonsentrasi seperti magnesium, kalium, arginin, dan asam amino yang semuanya mampu mengontrol tekanan darah.

Biji labu dapat dikonsumsi dengan direbus atau diolah dengan mengambil minyaknnya. Minyak biji labu juga digunakan sebagai obat alami untuk tekanan darah.

4. Kacang dan lentil

Kacang dan lentil kaya akan nutrisi yang mengatur tekanan darah, seperti serat, magnesium, dan kalium. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan dan lentil dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Dikutip dari Healthline, tinjauan delapan studi mendapati, konsumsi kacang-kacangan dan lentil dapat menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan.

5. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik yang tinggi seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan sehingga dapat mengontrol tekanan darah. Kandungan wortel mentah lebih baik dibandingkan yang terlalu matang untuk menurunkan tekanan darah

6. Seledri

Seledri juga memiliki efek positif pada tekanan darah. Seledri memiliki senyawa yang disebut phthalides. Senyawa ini dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

7. Tomat

Tomat kaya akan nutrisi potasium dan pigmen likopen karotenoid. Likopen dikaitkan dengan kesehatan jantung secara signifikan. Studi menyimpulkan, konsumsi tomat meningkatkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung serta kematian akibat penyakit kardiovaskular.

(*/wtr)

COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,45,Advetorial,42,Agam,23,Bali,2,Bangka Belitung,115,Bukittinggi,37,Covid-19,96,Dharmasraya,6,Edukasi,7,Ekonomi,159,Headline,40,Hiburan,17,Hukrim,250,Hukum dan Kriminal,19,Internasional,80,Jakarta,5,Jawa barat,2,Jawa Tengah,17,Jawa Timur,3,Kalimantan Selatan,145,Kampar,51,Kepulauan Riau,8,Kesehatan,56,Kuliner,34,Lifestyle,119,Limapuluhkota,21,Medan,11,Mentawai,155,Nasional,156,Olahraga,90,Opini,84,Padang,118,Padang Panjang,13,Padang Pariaman,11,Papua,1,pariaman,12,Pariwisata,17,Parlemen,200,Pasaman,33,Pasaman Barat,162,Payakumbuh,60,Pendidikan,30,Peristiwa,36,Pesisir Selatan,47,Politik,46,Riau,92,Sawahlunto,45,Sijunjung,81,Solok,109,Solok Selatan,26,Sosial Budaya,1,Sulawesi Selatan,4,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,31,Sumatra utara,1,Sumbar,520,Tanah Datar,16,Tips dan Trik,2,tmm,1,TMMD,577,TMMD Brebes,288,TMMD Karang Anyar,395,TMMD Kendal,492,TMMD Malinau,437,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Hipertensi, Berikut 7 Makanan Terbaik yang Cocok Dikonsumsi
Hipertensi, Berikut 7 Makanan Terbaik yang Cocok Dikonsumsi
https://1.bp.blogspot.com/-GM2lTolib5I/X1lz9i65jEI/AAAAAAAACUc/HHXtRjStCoMjy1wqTKAfRLbqsbvoU7LegCLcBGAsYHQ/s640/images%2B%25288%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-GM2lTolib5I/X1lz9i65jEI/AAAAAAAACUc/HHXtRjStCoMjy1wqTKAfRLbqsbvoU7LegCLcBGAsYHQ/s72-c/images%2B%25288%2529.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2020/09/hipertensi-berikut-7-makanan-terbaik.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2020/09/hipertensi-berikut-7-makanan-terbaik.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content