Perumda Air Minum Kota Padang:Menuju Pelayanan Prima

SHARE:

Ficky Tri Sahputra     Kupasonline—   PENDAHULUAN Perumda Air Minum Kota Padang merupakan salah satu usaha yang dimiliki oleh Pemerintah ...

Ficky Tri Sahputra


 


 
Kupasonline—

 

PENDAHULUAN

Perumda Air Minum Kota Padang merupakan salah satu usaha yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah yang masuk ke dalam ketegori penyelenggara pelayanan kepada masyarakat yang bersifat menghasilkan profit. Perusahaan ini sendiri merupakan salah satu instansi pemerintah yang berbentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang tugas utamanya memberikan pelayanan yang menghasilkan air bersih yang menjadi kebutuhan utama masyarakat. Namun demikian, memberikan pelayanan dan menyediakan air bersih yang dibutuhkan oleh masyarakat banyak tersebut tidaklah hanya berhenti pada penyediaan air bersih semata, namun juga bersinggungan dengan bagaimana pelayanan yang diberikan sehingga apa yang di dapatkan oleh masyarakat paripurna adanya.

 

Kota Padang juga mempunyai perusahan yang melayani kebutuhan masyarakatnya akan air bersih, sebuah kebutuhan yang sangat vital yang harus dipenuhi oleh Perumda Air Minum Kota Padang. Perusahaan yang berkantor di Jl. Agussalim No. 10 Sawahan, Kecamatan Padang Timur ini berusahan memberikan pelayanan prima bagi para pelanggannya. Untuk mencapai pelayanan prima tersebut bukanlah perkara mudah, karena Perumda Air Minum Kota Padang tentunya harus memenuhi segala kebutuhan para pelanggannya dengan konsep Pelayanan Prima atau Excellent Service.

 

Pelayanan prima dalam mewujudkannya tidaklah semudah apa yang dibayangkan, karena sejatinya dia harus dapat menjawab keinginan dan pertanyaan para konsumennya dengan komunikasi dan pelayanan yang baik, dengan mengedepankan etika komunikasi. Pelayanan prima harus dapat menjawab perkembangan kebutuhan pelanggan setiap saat secara konsisten, akurat dan berstandar tinggi. Disini pelayanan prima berkaitan erat dengan baku mutu air yang baik sesuai dengan harapan dan keinginan para pelanggannya, disamping juga harus dapat memberikan nilai sempurna dari produk air yang sampai ketengah-tengah masyarakat Kota Padang.

 

Konsep dasar pelayanan prima menyangkut beberapa hal, diantaranya adalah sikap, perhatian dan tindakan. Ketiga konsep dasar pelayanan prima ini harus dapat diterapkan oleh Perumda Air Minum Kota Padang agar pelayanan prima yang menjadi harapan dan keinginan semua masyarakat dapat terwujud adanya. Tidak mudah memang untuk mewujudkannya ditengah-tengah segala tantangan dan kendala yang ada, namun dengan sinergitas semua komponen yang ada di Perumda Air Minum Kota Padang, harapan akan terwujudnya pelayanan prima itu sendiri pasti akan terwujud.

 

 

PELAYANAN PRIMA: SEBUAH PENCAPIAN

Kota Padang sebagai Ibu Kota Propinsi Sumatera Barat merupakan barometer ekonomi, pendidikan, pelayanan dan lain sebagainya bagi kota-kota lainnya yang ada di Sumatera Barat. Perumda Air Minum Kota Padang tentunya salah satu bagian yang menjadi barometer dari sekian banyak perusahaan air minum di daerah-daerah tingkat dua lainnya, sementara tantangan dan kendala yang dihadapi tentunya lebih besar dihadapi. Hal yang paling sederhana saja bisa dilihat dari jumlah Sambungan Rumah (SR) yang tentunya Kota Padang menempati segmen tertinggi dibandingkan di daerah-daerah lainnya tersebut.

 

Disamping itu, tentunya banyak kendala-kendala yang dihadapi di lapangan, baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun oleh faktor lingkungan lainnya. Diantaranya adalah keruhnya sumber air sehingga memberikan kerja extra bagi karyawan agar air yang sampai ketengah-tengah konsumen dalam kondisi yang baik. Disamping itu, kendala genset rusak, mati aliran listrik, NTU yang tinggi, dan intake rusak yang semua ini terkadang diluar dugaan terjadinya, dan ini semua menuntut kesiap siagaan selalu personil agar dapat memberikan pelayanan prima yang menjadi tujuan akhir pelayanan kepada masyarakat. Tidak kalah rumitnya  persoalan dilapangan ini adalah, masih adanya air baku yang masih berebut dengan masyarakat di daerah Guo Kuranji, dimana masyarakat membutuhkan air untuk mengairi areal persawahan mereka. Perumda Air Minum Kota Padang tentunya tidak ingin masyarakat penikmat air bersih dirugikan, namun disisi lain juga tidak bisa melepaskan tanggung jawab begitu saja sehingga sawah-sawah masyarakat di daerah Guo terganggu, sehingga harus dicarikan solusi dengan memasok kebutuhan air masyarakat dari sumber-sumber air lainnya.

 

Disamping itu, Perumda Air Minum Kota Padang juga terus berbenah dan berbuat dengan memperbaiki pipa-pipa transmisi, mengganti dan memperbaiki pipa distribusi yang sudah dimakan usia sehingga tidak layak lagi dipertahankan karena jangan sampai pipa-pipa tersebut rusak karena kropos baru dilakukan pergantian yang berakibat semakin lamanya gangguan distribusi air bersih kepada masyarakat. Total lebih kurang 2.100 KM jaringan pipa yang sudah diperbaiki dan juga memperluas jaringan-jaringan pipa baru untuk memperluas jangkauan layanan kepada masyarakat Kota Padang.

 

Semua kendala atau persoalan diatas hanyalah sebagian kecil kendala yang ditemui dilapangan, namun semua itu tidak menyurutkan langkah-langkah pelayanan yang harus diterima oleh masyarakat sebagai pelanggan, karena Perumda Air Minum Kota Padang menganut prinsip bagaimana konsep dasar pelayanan prima yang ada benar-benar diaplikasikan dalam kegiatan pekerjaan, sehingga Perumda Air Minum Kota Padang dipandang sebagai perusahaan daerah yang tidak hanya menghasilkan profit, namun juga kepuasan pelanggan akan mutu air dan pelayanan yang baik juga dapat terpenuhi.

 

Beberapa tahun belakangan ini, untuk memenuhi pelayanan prima bagi masyarakat, Perumda Air Minum Kota Padang sudah melakukan beberapa trobosan, baik itu meremajakan pipa-pipa yang sudah termakan usia, mengganti pipa yang selama ini berjenis PVC menjadi pipa HDPE agar kualitas air yang di distribusikan semakin baik, mengganti meter air pelanggan yang rusak dengan meter air yang sudah dikalibrasi sehingga pelanggan tidak dirugikan dalam penghitungan air yang mereka pakai, dan tentunya juga melakukan penertiban-penertiban wash out dan gate valke.

 

Kota Padang sebagai pintu gerbang Propinsi Sumatera Barat sangat disadari sekali oleh managemen Perumda Air Minum Kota Padang menjadi mata dunia akan Sumatera Barat, oleh sebab itu banyak sekali trobosan-trobosan yang dilakukan dalam waktu satu tahun terakhir ini, diantaranya adalah menyiapkan air baku yang siap minum, artinya air yang diproduksi dan dihasilkan tidak perlu dilakukan pengolahan lagi oleh masyarakat penikmat air, seperti air-air yang diproduksi oleh negara-negara maju di Eropa ataupun Australia sana.

 

Total ada lebih kurang 700 Sambungan Pelanggan (SR) yang sudah terlayani air siap minum dimaksud di daerah Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, dan diharapkan beberapa waktu kedepan dengan dukungan semua pihak tentunya, jumlah SR yang dapat menikmati air siap saji ini dapat terus ditingkatkan, baik kuantitas maupun kualitas air siap saji itu sendiri, dan Perumda Air Minum Kota Padang optimis semua itu dapat terwujud nantinya.

 

Air siap minum tentunya tidak saja disiapkan di perumahan-perumahan, dalam tahap awal Perumda Air Minum Kota Padang juga menyiapkan di beberapa tempat yang menjadi konsentrasi masyarakat banyak. Tempat-tempat tersebut meliputi, Balaikota di By Pass, RSUD Rasyidin dan RSUP M. Djamil Padang. Pemilihan lokasi-lokasi ini bukanlah tanpa alasan, disamping salah satu tempat konsentrasi masyarakat berkegiatan (ramai), Perumda Air Minum Kota Padang juga memikirkan pengeluaran masyarakat yang sedang ditimpa musibah akan keluarga yang sakit, sehingga pengeluaran uang untuk memenuhi kebutuhan air yang menjadi salah satu kebutuhan pokok tubuh sudah dapat teratasi, sehingga fungsi sosial perusahaan secara tidak langsung hadir dan dirasakan masyarakat banyak.

 

Apa yang dilakukan ini tidaklah terlepas dari konsep dasar sebuah Pelayanan Prima yang harus dilaksanakan oleh semua karyawan. Pelayanan Prima itu sendiri meliputi; Sikap, Perhatian dan Tindakan. Konsep dasar ini menjadi fokus perhatian Perumda Air Minum Kota Padang dalam mengimplementasikan seluruh kegiatannya ditengah-tengah masyarakat. Sikap yang harus diterapkan ketika bertemu dengan pelanggan haruslah mengedepankan sikap yang ramah, penuh perhatian, sopan, berpikir positif dan selalu membuat pelanggan nyaman dengan situasi dan kondisi apapun yang sedang mereka hadapi. Sikap merupakan hal yang paling utama dalam penerapan Pelayanan Prima bagi perusahaan, sehingga konsumen akan memberikan penilaian positif bagi perusahaan pada akhirnya.

 

Disisi lain, semua karyawan harus memperhatikan dan mencermati apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Perhatian yang lebih kepada pelanggan apapun keluhan dan persoalan yang mereka hadapi, menjadi salah satu fokus perhatian dari Perumda Air Minum Kota Padang.  Hal sederhana yang dapat diberikan kepada para pelanggan dengan memberikan salam atau sapa ketika berinteraksi telah memberikan nilai lebih kepada perusahaan.

 

Setelah tahapan-tahapan sikap dan perhatian diterapkan kepada pelanggan, sekarang tinggal tindakan nyata diberikan dalam pelayanan kepada para pelanggan dimaksud, sehingga semua keluhan bisa langsung di laksanakan sesegera mungkin, karena persoalan air adalah persoalan utama bagi hajat hidup masyarakat banyak yang tidak dapat ditunda-tunda dalam eksekusinya. Walaupun Perumda Air Minum Kota Padang telah melaksanakan semua hal yang berkaitan dengan Pelayanan Prima dimaksud, namun yang tidak boleh juga dilupakan adalah mengucapak salam Terima Kasih kepada para pelanggan, baik dalam situasi dan kondisi sesulit apapun, karena dengan mengucapkan kalimat Terima Kasih, Perumda Air Minum Kota Padang juga secara tidak langsung telah membudayakan hidup untuk saling menghargai sesama manusia, dalam level apapun baik kondisi sosial, ekonomi dan politik para pelanggannya.

 

PENUTUP

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, semua konsep Pelayanan Prima pada dasarnya sudah dilaksanakan disetiap karyawan, dan hal ini teraplikasi kepada penghargaan yang diberikan kepada Perumda Air Minum Kota Padang dibawah kepemimpinan Dirut Hendra Pebrizal. Selama kepemimpinannya, perusahaan telah meraih penghargaan diantaranya: Indonesia Award 2020 bertajuk “Kebanggaan Indonesia”, Perumda Air Minum Kota Padang meraih penghargaan dalam kategori BUMD yang inovatif dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, Perumda Air Minum Kota Padang juga meraih penghargaan Top BUMD 2020 Predikat Bintang Empat atau Paripurna, dengan kategori Pembina BUMD yakni Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

 

Sebagai fungsi sosial dan mengejawantahkan Pelayanan Prima itu sendiri, perusahaan juga mendistribusikan 37 ekor hewan kurban dalam bentuk sapi pada Idul Adha tahun ini, bahkan pelanggan yang tepat waktu membayar tagihan air yang menjadi kewajibannya juga diapresiasi dengan memberikan satu unit sepeda motor yang jatuh ke tangan Bapak Zaini. Inovasi-inovasi akan terus dikembangkan dibawah kepemimpinan Hendra Pebrizal, dan Pelayanan Prima Paripurna benar-benar diterapkan pada Perumda Air Minum Kota Padang. Kedepannya perusahaan akan selalu meningkatkan capain-capaian dimaksud, baik itu menambah jalur pipa-pipa baru, meremajakan pipa-pipa yang sudah ada, dan fungsi sosialnya dengan menambah area-area air minum siap saji di tempat-tempat umum lainnya untuk mendukung pariwisita yang sedang giat-giatnya dilakukan oleh Pemerintah Daerah, karena dengan sinergi seperti ini diharapakan pembanguan disegala bidang dapat tercapai lebih maksimal adanya. Perumda Air Minum Kota Padang sangat siap melaksanakan Pelayanan Prima lebih baik lagi, dan akan mendukung segala pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang kedepannya sesuai dengan porsi yang diberikan kepada Perumda Air Minum Kota Padang tentunya.(*)

COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,53,Advetorial,62,Agam,69,anak,1,Artikel,148,Babel,21,Bali,9,Bangka Belitung,662,Banten,142,Batam,1,Bukittinggi,170,Covid-19,508,Dharmasraya,46,Edukasi,7,Ekonomi,364,hea,1,Headline,1038,Hiburan,122,Hukrim,738,Hukum dan Kriminal,97,Internasional,326,Jakarta,57,Jawa barat,36,Jawa Tengah,137,Jawa Timur,110,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,91,Kesehatan,307,Kuliner,102,Lampung,4,Lifestyle,560,Limapuluhkota,24,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,15,Mentawai,426,Nasional,1014,Olahraga,190,Opini,84,Padang,266,Padang Panjang,101,Padang Pariaman,21,Papua,3,Pariaman,32,Pariwisata,33,Parlemen,269,Pasaman,39,Pasaman Barat,213,Payakumbuh,204,Pendidikan,48,Peristiwa,310,Pesisir Selatan,199,Politik,88,Riau,130,Sawahlunto,117,Sijunjung,114,Solo,5,Solok,247,Solok Selatan,68,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,6,Sulawesi Selatan,29,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,35,Sumatra utara,7,Sumbar,1254,Tanah Datar,27,Teknologi,37,Tips dan Trik,201,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Perumda Air Minum Kota Padang:Menuju Pelayanan Prima
Perumda Air Minum Kota Padang:Menuju Pelayanan Prima
https://1.bp.blogspot.com/-wrvwRQJpQ2k/X9cErWLyEvI/AAAAAAAAEgQ/3_XaQeoSGGg5PZCII2HthDNVCUDU3WA8ACLcBGAsYHQ/s320/EF909558-A8B7-4797-8437-F7E4EBC075E1.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-wrvwRQJpQ2k/X9cErWLyEvI/AAAAAAAAEgQ/3_XaQeoSGGg5PZCII2HthDNVCUDU3WA8ACLcBGAsYHQ/s72-c/EF909558-A8B7-4797-8437-F7E4EBC075E1.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2020/12/perumda-air-minum-kota-padangmenuju.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2020/12/perumda-air-minum-kota-padangmenuju.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content