Viral, Bupati Solok dan Kepala Kementerian Agama Masuk Masjid Pakai Sepatu

SHARE:

Solok, Kupasonline — Ulah akibat masuk kedalam ruangan Masjid dengan memakai sepatu, Bupati Solok H. Gusmal,SE,MM dan Kepala Kementerian Ag...



Solok, Kupasonline — Ulah akibat masuk kedalam ruangan Masjid dengan memakai sepatu, Bupati Solok H. Gusmal,SE,MM dan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Solok H. Alizar, MAg mendadak viral dimedia sosial.


Viralnya foto Bupati Solok H. Gusmal dan Kepala Kenterian Agama (Kemenag) Kabupaten Solok H. Alizar itu, berawal dari kegiatan acara peresmian alih fungsi Mushala Al Hidayah menjadi Masjid Al Hidayah di Jorong Pinang Sinawa Nagari Gantung Ciri Kecamatan Kubung, pada Jum'at (25/12/2020).


Dikegiatan acara itu, Bupati Solok H. Gusmal dan Kepala Kemenag Kabupaten Solok H. Alizar dan sejumlah pejabat dan tokoh lainya, sesi foto bersama didalam  Masjid termegah di Nagari Gantung Ciri yang baru diresmikan itu.


Disesi foto bersama itu, terlihat dengan sangat mencolok mata kalau Bupati Solok H. Gusmal dan Kakan Kemenag Kabupaten Solok H. Alizar dan seorang warga lainya, memakai sepatu ke dalam ruangan Masjid Al Hidayah tersebut.


Meskipun dalam ruangan Masjid Al Hidayah yang berlantai keramik mengkilap itu, karpet memang nampak belum dibentangkan oleh panitia acara atau pengurus Masjid.


Namun, pejabat dan tokoh lainya, yang juga ikut masuk kedalam Masjid Al Hidayah itu, seperti Anggota DPRD Sumbar Hardinalis Kobal, Anggota DPRD Kabupaten Solok Dr. Dendi, MAg, Kabag Humas Syofiar Syam dan Wali Nagari Gantung Ciri Drs. Hendri Yuda semuanya membuka sepatu mereka. Dan memakai kaos kaki saat masuk kedalam Masjid.


Aksi Bupati Solok dan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Solok H. Alizar yang masuk kedalam ruangan Masjid Al Hidayah dengan memakai sepatu itu, juga menuai kecaman dari Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Solok Buya H. Elyunus. 


" Ini sangat kita sayangkan. Masuk rumah ibadah itu ada etika dan adabnya " ungkap Buya H.El Yunus. 


Ke alfaan Bapak-Bapak kita memasuki rumah ibadah tanpa membuka alas kaki kata Buya H. Elyunus mengemukakan, jelas sekali tidak pada tempatnya. 


Masjid yang diresmikan itu ujarnya, sebelumnya adalah Mushalla. Berarti di tempat itu sebelumnya juga dipakai khusus untuk shalat. 


Bisa jadi hal ini terjadi katanya, karena panitia lupa mengingatkan Bapak-Bapak kita tersebut. 


" Kita sangat menyayangkan peristiwa itu terjadi. Mari semakin berhati-hati bersikap sebagai Pemimpin, dan mari kita ambil hikmahnya,” tutur H. Elyunus.


Terkait masalah itu, Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Solok Syofiar Syam, S.Sos selaku corong Pemerintah daerah menjelaskan, bahwa tidak ada unsur kesengajaan dalam hal ini.


Karena kata Syofiar Syam mengemukakan, itu sudah anjuran dari panitia, untuk menyuruh rombongan Bupati masuk kedalam Masjid tanpa membuka sepatu. 


" Dengan alasan Masjid belum dipakai dan masih dalam proses penyempurnaan " ungkap Syofiar Syam.


Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok H. Alizar Didampingi Kasi Bimasnya H. Zulkifli, kepada media ini diruang kerjanya dikawasan Koto Baru menjelaskan, bahwa kejadian tersebut murni ketidak sengajaan. Dan dirinya memohon maaf kepada masyarakat Kabupaten Solok dan juga kepada seluruh umat Muslim.


H. Alizar menuturkan, saat dirinya dan Bupati dan rombongan lainya memasuki ruangan Masjid Al Hidayah itu, kondisinya masih kotor, karena masih dalam masa pengerjaan dan belum 100 persen. Makanya mereka tidak melepas sepatu.


Dikatakan H. Alizar, waktu itu adalah ‘suprise’ atau kejutan bagi dirinya dan juga Bupati Solok. Karena satu-satunya Masjid yang diresmikan saat itu, yang belum dibentangkan tikarnya. Sedangkan Masjid-Masjid yang sebelum-sebelumnya yang mereka pernah resmikan, semuanya sudah dibentangkan tikarnya. 


Dan bahkan katanya, juga ada yang sudah diletakkan makanan dan minuman didalam Masjid. 


Jadi ujarnya, setelah Bupati Gusmal memotong pita didepan pintu Masjid, Alizar yang kebetulan berada dibelakang  Bupati Gusmal, melihat Bupati Gusmal sudah merendahkan badan ingin membuka sepatu, saat akan masuk kedalam ruangan Masjid.


Namun katanya, ada suara dibelakangnya yang didengarnya seperti suara H. Syawal yang merupakan donatur utama yang membangun Masjid Al Hidayah itu, terdengar melarang Bupati Gusmal membuka sepatu dengan alasan tikar didalam Masjid belum dibentangkan.


“Tidak usah dibuka pak, tikarnyakan belum dibentang,” katanya kembali menirukan suara yang didengarnya dari arah bagian belakangnya, saat akan masuk kedalam Masjid bersama Bupati Solok.


Sebab, menurut penglihatan dan pengakuannya, waktu peresmian digelar di lokasi kejadian, memang keramik Masjid terlihat belum begitu bersih, dan masih ada kabut-kabut.


Kemudian katanya, saat dirinya berpidato memberi sambutan, dia melihat ada banyak anak-anak yang bermain berkeliaran, keramiknya baru dipasang namun tikarnya belum dibentangkan.


Maka ujarnya mengemukakan, ketika terdengar ada suara dari belakang tersebut, dianggapnya merupakan sebagai bentuk toleransi panitia. Karena kalau buka sepatu, maka kaos kaki Bupati bisa jadi kotor. 


Makanya imbuh Alizar mengemukakan, sepatu mereka tidak jadi di lepas. Malah menurut keterangannya, H. Syawal selaku tuan rumah sudah duluan masuk kedalam Masjid. " Maka akhirnya yang serombongan dengan Bupati dan dirinya tidak buka sepatu, termasuk H. Syawal sendiri " beber H. Alizar.


Tekait kehebohan dan viralnya di media sosial Bupati Solok dan Kepala Kemenag Kabupaten Solok masuk kedalam Masjid dengan memakai sepatu, H. Alizar menganggap itu adalah hal biasa.


Itu katanya merupakan sesuatu yang sangat wajar. Karena menurut pejabat teras yang memimpin Kementerian Agama di Kabupaten Solok ini menganggap, bahwa orang yang membaca dan mengamati di medsos pada umunya adalah orang yang tidak tahu dan tidak paham dengan permasalahan yang sesungguhnya.


Kendati demikian H. Alizar tetap mohon maaf kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok dan juga umat muslim lainya.


“Saya tidak merasa hina, saya tidak merasa tertekan, kalau masyarakat  memandang ini sebagai suatu kesalahan ya saya mohon maaf " tukas H. Alizar.


Berbeda dengan yang disampaikan Kabag Humas Pemkab Solok dan Kakan Kemenag Kabupaten Solok H. Alizar, sebaliknya Wali Nagari Gantung Ciri Drs. Hendri Yuda, yang dikonfirmasi langsung di ruang kerjanya, Senin (28/12/2020) malah memberikan penjelasan yang bertolak belakang dan sangat berbeda.


Karena kata Wali Nagari Hendri Yuda mengemukakan, bahwa Masjid Al-Hidayah yang diresmikan oleh Bupati Solok didampingi Kepala Kemenag Kabupaten Solok H. Alizar Jum'at (25/12) itu, sangatlah bersih. Dan kondisi Masjid yang diresmikan itu katanya menjelaskan, juga sudah selesai 100 persen. 


Wali Nagari Gantung Ciri Hendri Yuda mengemukakan,  jangankan ruangan dalam Masjid, jalan menuju kearah Masjid itu saja diakuinya sebelum acara peresmian juga sudah bersihkan. Sebab ujarnya, yang akan datang saat itu adalah seorang Bupati Solok dan juga pejabat lainya.


“Saya mengakui disaat masuk Masjid waktu itu, bahkan sebelum masuk kedalam Masjid, nampak beliau masih memakai sepatu " kata Wali Nagari Hendri Yuda.


Terus terang ungkapnya mengemukakan, saat itu dirinya risih, tidak nerani dan merasa tidak etis untuk memberi tahu apalagi mengungatkan Bupati dan Kepala Kemenag Kabupaten Solok, agar membuka sepatu yang dipakainya saat akan masuk kedalam ruangan Masjid.


" Seharusnya saat itu ada keberanian saya untuk mengingatkan beliau-beliau untuk membuka sepatu saat akan masuk kedalam Masjid waktu itu,” ungkap Hendri Yuda, seraya menyesali tindakanya yang tidak berani mengingatkan Bupati dan Kepala Kemenag untuk membuka sepatunya saat itu.


Selanjutnya, Wali Nagari Gantung Ciri Hendri Yuda juga menyebutkan bahwa terkait kebersihan Masjid dan tidak dibentangkannya karpet disana saat acara peresmian itu, disebutkannya bahwa Masjid Al- Hidayah selalu bersih.


Selanjutnya, Wali Nagari Gantung Ciri Hendri Yuda juga menyebutkan bahwa terkait kebersihan Masjid dan tidak dibentangkannya karpet disana saat acara peresmian itu, disebutkannya bahwa Masjid Al- Hidayah selalu bersih.


Karena sebelum diresmikan katanya mengemukakan, Masjid itu selalu dipakai warga setiap hari untuk beribadah.


Begitupun dengan karpet yang tidak dibentangkan. Bukan karena baru selesai atau alasan karena akan diresmikan. Tetapi karpet itu sengaja dilarangnya untuk dibentangkan, mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih berlangsung.


Karpet didalam Masjid ujar Wali Nagari Hendri Yuda mengemukakan,  memang sengaja tidak dibentangkan. Jadi bukan  karena Masjid belum siap.


Jadi jelasnya, kalau ada yang menyebutkan bahwa Masjid belum siap, Itu salah dan tidak benar. Karena katanya, dirinya lah yang melarang karpet untuk dibentangkan.


" Mengingat saat ini masih dalam situasi Covid-19 dan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, makanya karpet saya perintahkan untuk tidak dibentangkan " beber Wali Nagari Gantung Ciri Hendri Yuda.


Dilain tempat, H. Syawal selaku donatur utama sekaligus tuan rumah peresmian acara alih fungsi Mushala Al Hidayah menjadi Masjid Al Hidayah di Jorong Pinang Sinawa Nagari Gantung Ciri itu mengatakan, terkait katanya dirinya adalah orang yang suaranya terdengar melarang pejabat yang akan masuk kedalam Masjid agar tidak membuka sepatu diacara itu, dirinya katanya justru tidak tahu menahu kalau ada suara-suara yang seperti itu.


" Kalau itu saya tidak tahu, kalau saya hanya mengikuti Pak Gusmal dan Pak Kakan kemenag. Kalau mengingatkan seperti itu memang tidak ada " ungkapnya.


Tetapi ujarnya, karena kondisi diaekitar ruangan Masjid terlihat sedikit  kotor, makanya selesai acara langsung kita bersihkan.


" Sebenarnya ini tidaklah masalah, tetapi karena dibesar-besarkan saja,” tutur H. Syawal.


Dilain pihak, sebelumnya Bupati Solok H. Gusmal juga telah memberikan klarifikasi kepada awak media terkait hal itu.


Dijelaskan Bupati Gusmal, bahwa kejadian waktu itu tidak ada unsur kesengajaan sama sekali, tetapi karena memang karena di persilahkan oleh panitia. 


Dikatakan Bupati, pada awal akan masuk pintu Masjid, dirinya bahkan sudah membungkukkan badan, berniat untuk membuka sepatu, karena sadar akan memasuki rumah ibadah.


" Sebenarnya, waktu saya mau masuk kedalam Masjid dan akan membuka sepatu, tetapi kata panitia tidak apa-apa, karena tikar belum dipasang dan yang pasti tidak disengaja dan sudah dibicarakan dengan panitia sebelumnya,” beber Bupati Gusmal menjelaskan. (jay)

COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,51,Advetorial,56,Agam,40,Artikel,126,Babel,21,Bali,8,Bangka Belitung,493,Banten,97,Batam,1,Bukittinggi,139,Covid-19,410,Dharmasraya,28,Edukasi,7,Ekonomi,286,hea,1,Headline,924,Hiburan,92,Hukrim,638,Hukum dan Kriminal,85,Internasional,273,Jakarta,49,Jawa barat,31,Jawa Tengah,99,Jawa Timur,61,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,12,Kesehatan,217,Kuliner,78,Lampung,3,Lifestyle,421,Limapuluhkota,24,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,14,Mentawai,342,Nasional,844,Olahraga,170,Opini,84,Padang,243,Padang Panjang,93,Padang Pariaman,21,Papua,3,Pariaman,29,Pariwisata,29,Parlemen,246,Pasaman,38,Pasaman Barat,213,Payakumbuh,162,Pendidikan,43,Peristiwa,279,Pesisir Selatan,197,Politik,83,Riau,103,Sawahlunto,97,Sijunjung,109,Solo,3,Solok,225,Solok Selatan,61,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,6,Sulawesi Selatan,21,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,35,Sumatra utara,5,Sumbar,1029,Tanah Datar,26,Teknologi,34,Tips dan Trik,140,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Viral, Bupati Solok dan Kepala Kementerian Agama Masuk Masjid Pakai Sepatu
Viral, Bupati Solok dan Kepala Kementerian Agama Masuk Masjid Pakai Sepatu
https://1.bp.blogspot.com/-bVgegK6gFQo/X-qmXvbdjjI/AAAAAAAAFLE/VyP52CLILO4aPsrAHcOKdaumWKOEp3QoACLcBGAsYHQ/s320/A213A822-069C-4905-B3A2-620C150FFDAD.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-bVgegK6gFQo/X-qmXvbdjjI/AAAAAAAAFLE/VyP52CLILO4aPsrAHcOKdaumWKOEp3QoACLcBGAsYHQ/s72-c/A213A822-069C-4905-B3A2-620C150FFDAD.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2020/12/viral-bupati-solok-dan-kepala.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2020/12/viral-bupati-solok-dan-kepala.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content