Akibat Gundukan Pasir Alur Muara Jelitik Yang Turun Serta Gelombang Tidak Bersahabat, Dua Unit Kapal Nelayan Kandas

SHARE:

Suhendro, Ketua LSM KPMP Kabupaten Bangka Bangka Belitung, Kupasonline — Alur Muara Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat Lingkungan Par...

Suhendro, Ketua LSM KPMP Kabupaten Bangka


Bangka Belitung, Kupasonline — Alur Muara Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat Lingkungan Parit Pekir Kelurahan Jeliti Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka yang biasa dilewati kapal-kapal nelayan ,akibat adanya tumpukan pasir kiri kanan yang diduga berasal dari longsoran gunung pasir alur muara tersebut dua unit kapal nelayan pada bulan ini mengalami kandas alias karam, Kamis (14/01/2021).


"Sudah dua unit kapal nelayan karam dan kandas saat hendak masuk ke Muara Pelabuhan ini. Penyebabnya, selain diterjang ombak juga kapal nelayan tersebut mengalami karam dan kandas sehingga terjebak di alur muara," ujar salah satu nelayan saat itu ikut menyaksikan kondisi alur muara dan ditemui rekan-rekan wartawan dilokasi , Kamis (14/01/2021)..


"Diduga pasir tumpukan alur muara kira kanan longsor, airnya danggkal dan juga gelombang saat ini kurang bersahabat kami tidak berani masuk, takut kapalnya terjebak kandas alias karam jadi kami harus menunggu hingga baru bisa masuk," ucap salah satu nelayan kepada wartawan saat dibincangi dilokasi.


Terpisah, Sardi selaku ABK Kapal Nelayan milik Anton asal warga lingkungan Parit Pekir Kampung Dangdut Kelurahan Jeliti Kecamatan Sungailiat saat ditemui rekan-rekan wartawan dikediamannya, Kamis (14/01/2021) mengakui bahwa baru -baru ini mengalami perahu yang dibawainya kandas alias karam yang berada dialur muara jelirik kala itu hendak pulang dari melaut.


"Dirinya menjelaskan saat kapalnya kandas alias karam hasil tangkapannya semuanya bisa diselamatkan,"ujarnya.


Hanya saja perahu yang dinahkodainya ada yang rusak dan saat ini sedang dalam proses perbaikan.


Hingga kini, Sardi menambahkan perahunya yang mengalami kandas alias karam di muara alur jelitik tersebut belum ada bantuan dari pihak siapa pun.


"Ya, kalau ada bantuan untuk perbaikan kapal kami itu syukur alhamdulillah,"pintanya.


"Pihaknya ingin alur muara tersebut nantinya bisa lancar saat melintasi hendak pergi melaut maupun pulang melaut,"tegasnya.


Terpantau, Kamis (14/01/21) sore kondisi muara sudah tertutup oleh bentangan pasir yang diduga berasal dari longsoran gunung pasir di sisi kanan kiri muara, akibatnya tidak sedikit kapal nelayan terpaksa buang jangkar di depan muara.


Sementara itu, Suhendro selaku Ketua LSM KPMP Kabupaten Bangka dirinya bersedia untuk memberikan tanggapan yang mana saat ini sedang ramai-ramai diperbincangkan lewat medsos akan saya luruskan. 


Disini kita ketahui dalam pengerjaan selama ini dalam melakukan pendalaman alur muara tersebut masing-masing memiliki tekhnik. Sdgkn dari pihak pulomas bagi saya untuk melakukan pembuangan dan penggalian muara sangat sulit, krna melihat kondisi cuaca saat ini gelombang besar dan akses untuk melakukan perkerjaan itu terasa sangat sulit. 


"Kita tidak bisa menyalahkan satu orang saja, sedangkan seperti kita ketahui disini banyak akses pertambangan ilegal, istilahnya

Penambangan ilegal tersebut standarnya masing-masing tidak memiliki izin yaitu limbahnya makan disitu buangnya disitu,"sebut Suhendro.


Posisi pembuangan limbah dari tambang ilegal itu tetap larinya ke pinggir muara ini.


Jika kita lihat saat ini dengan kasat mata, memang kondisi gelombang sangat tinggi karena sudah musimnya yaitu musim hujan dan musim gelombang tinggi.


"Posisi saya disini berdiri ditengah-tengah dan tidak ada yang membela siapa-siapa,"urai Suhendro.


Terus terang saja, Saya juga sangat peduli dengan kondisi nelayan saat ini tetapi semua itu kan ada jalannya untuk membuang penumpukkan pasir yang ada disini. Sdngkan dri pihak pulomas juga sudah berusaha keras untuk membukakan alur muara.


Sedangkan penumpukan pasir disini kan bukan hal yang mudah dan sangat sulit dibuang.


"Mereka dari pihak PT. Pulomas itu sendiri memiliki tehnik sendiri untuk melakukan pembuangan penumpukan pasir yang disini,"jelasnya.


Adanya pendangkalan pasir disini penyebabnya bukan berasal dari tumpukan pasir ini melainkan dari tambang ilegal yang ada disini seperti yang digunakan para penambang ilegal menggunakan jenis perahu dan pip juga.


"Para penambang ilegal disini sangat lama melakukan aktifitas tersebut bahkan lebih lama para penambang dari pada pihak PT. Pulomas,"terang Suhendro.


Hanya saja saya disini akan berusaha untuk mengatasi semua masalah yang ada


Intinya, kita tidak bisa menyalahkan dari  pihak PT.Pulomas mereka semuanya sudah bekerja sesuai aturan. Untuk membuang penumpakan ini butuh proses yang lama, ini kan limbah tambah  limbah lagi yang berasal dari tambang ilegal selama ini. dulunya tambang ilegal disini banyak. Tp limbah tambang2 tersebut tidak diatasi dgn baik hanya mengambil biji timah tanpa legalitas yg sah sdgkan tambang tersebut beraktifitas di iup pt.timah


Namun kalau bicara adanya penumpukkan pasir yang longsor disini bagi saya bisa diatasi dan pt.pulomas pun selama ini bertanggung jawab atas alur muara ini.


Menurut saya disini tidak ada yang disalahkan, bagi saya, semuanya kan ada standard mereka harus bekerja bagaimana saat ini gelombang besar untuk melakukan penggalian sangat lambat dengan menggunakan alat berat.


Saya harap disini kita jangan saling menyalahkan tetapi kita saling membantu dan saling mendukung untuk menyelesaikan muara ini sehingga nelayan kedepannya bisa melintasi jalur muara tersebut.


Saya juga sudah pernah duduk bersama dgn pt.pulomas dan perwakilan nelayan dan lembaga dikantor dinas KLH prov babel, disitu juga pt.pulomas sudah menjelaskan cara teknis dlm berkerja dan saya secara pribadi sudah memahami cara mereka berkerja.


Sayangnya, Pihak Perwakilan PT. Pulomasa ,Yanto als Acun saat dihubungi wartawan berkali-kali melalui ponsel milik pribadinya tidak ada jawaban bahkan konfirmasi berita melaui pesan singkat via whatapp pribadinya juga tidak ada jawaban dan hanya terlihat contreng satu saja.


Hingga berita ini ditanyangkan wartawan masih berupaya konfirmasi berita selanjutnya terhadap pihak-pihak terkait.(acp)

COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,51,Advetorial,55,Agam,40,Artikel,126,Babel,21,Bali,8,Bangka Belitung,478,Banten,96,Bukittinggi,138,Covid-19,409,Dharmasraya,28,Edukasi,7,Ekonomi,282,hea,1,Headline,916,Hiburan,92,Hukrim,635,Hukum dan Kriminal,84,Internasional,269,Jakarta,48,Jawa barat,31,Jawa Tengah,99,Jawa Timur,58,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,12,Kesehatan,214,Kuliner,78,Lampung,3,Lifestyle,413,Limapuluhkota,24,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,14,Mentawai,339,Nasional,832,Olahraga,170,Opini,84,Padang,240,Padang Panjang,93,Padang Pariaman,21,Papua,3,Pariaman,29,Pariwisata,29,Parlemen,246,Pasaman,38,Pasaman Barat,213,Payakumbuh,162,Pendidikan,43,Peristiwa,277,Pesisir Selatan,197,Politik,82,Riau,103,Sawahlunto,97,Sijunjung,109,Solo,3,Solok,225,Solok Selatan,59,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,5,Sulawesi Selatan,20,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,35,Sumatra utara,5,Sumbar,1022,Tanah Datar,26,Teknologi,34,Tips dan Trik,135,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Akibat Gundukan Pasir Alur Muara Jelitik Yang Turun Serta Gelombang Tidak Bersahabat, Dua Unit Kapal Nelayan Kandas
Akibat Gundukan Pasir Alur Muara Jelitik Yang Turun Serta Gelombang Tidak Bersahabat, Dua Unit Kapal Nelayan Kandas
https://1.bp.blogspot.com/-h78-W4cN_8o/YABg4E-ryuI/AAAAAAAAF8Y/JPpnVFmAZt4yu4bVeZWRapvQGeZNE2J3wCLcBGAsYHQ/s320/1C190786-67F8-42C0-AA5E-399EA92BD048.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-h78-W4cN_8o/YABg4E-ryuI/AAAAAAAAF8Y/JPpnVFmAZt4yu4bVeZWRapvQGeZNE2J3wCLcBGAsYHQ/s72-c/1C190786-67F8-42C0-AA5E-399EA92BD048.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2021/01/akibat-gundukan-pasir-alur-muara.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2021/01/akibat-gundukan-pasir-alur-muara.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content