Bazar UMKM di Tengah Sawah, Jadi Kado Manis HUT Ke -17 Dharmasraya

SHARE:

Pemandangan Lokasi Pameran Bazar UMKM di Jorong Piruko Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung. Dharmasraya, kupasonline — Pemerintah Kabupaten Dh...

Pemandangan Lokasi Pameran Bazar UMKM di Jorong Piruko Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung.


Dharmasraya, kupasonline — Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terus mendorong para pelaku UMKM untuk kembali bangkit di tengah hantaman Pandemi Covid-19. Berbagai inovasi terus dilakukan guna membangkitkan kembali perekonomian, salah satunya melalui kegiatan Bazar UMKM yang digelar di area persawahan Blok A Jorong Piruko Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung, pada 5-7 Januari 2021. 


Kegiatan bazar menjadi langkah awal untuk membangkitkan perekonomian masyarakat tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke - 17 itu adalah bentuk upaya pemerintah memberikan wadah bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan dan mengembangkan produknya. Kegiatan ini juga menjadi kado manis HUT Kabupaten Dharmasraya yang ke -17 tahun tersebut. 


Dilaksanakan kegiatan bazar UMKM ini, dengan harapan dapat menggerakkan kembali roda perekonomian para pelaku UMKM di masa pandemi.


"Kita harus bangkit. Bergerak untuk memulihkan ekonomi di tengah hantaman pandemi. Maka dari itu, melalui kegiatan ini pemerintah berupaya memberikan semangat kepada masyarakat untuk bangkit menguatkan ekonomi dengan berbagai cara," ujar Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat membuka secara resmi Bazar UMKM di Blok A Jorong Piruko Nagari Sungai Duo, Selasa (5/1).


Sutan Riska menyebutkan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terus berkomitmen membantu dan mendorong UMKM agar terhubung dengan pasar dan memperluas jangkauan penjualan produk.


"Kita juga akan dorong pelaku UMKM untuk bangkit melalui transformasi digital, melakukan pemasaran produk secara online. Dan inshaa Allah, juga akan ada pelatihan-pelatihan yang dapat menjadi kekuatan bagi para pelaku UMKM nantinya untuk bersaing dan mampu menembus pasar global," ungkap bupati. 


Sutan Riska menegaskan atas nama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membuat suatu inovasi usaha yang dapat bermanfaat bagi masyarakat maupun Pemerintah Kabupaten daerah.


"Ini merupakan salah satu ide dari masyarakat Kabupaten Dharmasraya yang kita akomodir dan harus kita bantu pengembangannya, " jelas bupati. 


Sutan Riska juga mengingatkan pelaku UMKM agar dalam menjalankan usahanya jangan ada perselisihan tetapi harus saling bekerjasama dalam mengembangkan usaha yang dilakoninya dan Pemerintah Kabupaten dharmasraya akan memfasilitasi pengembangan usaha tersebut.


"Kembangkan inovasi untuk kemajuan usaha ini, sehingga usaha ini dapat berkembang dengan pesat di Kabupaten Dharmasraya, maka bangunlah komunikasi yang baik antara anggota kelompok dan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya,” ungkap Bupati


Sementara itu, menurut Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumperdag) Kabupaten Dharmasraya, Khairuddin, kegiatan bazar ini diikuti oleh 50 pelaku UMKM yang berada di bawah binaan Dinas Kumperdag.

" Para pelaku UMKM ini ambil bagian mengisi 25 stand yang telah disediakan pemerintah daerah di lokasi bazar, " jelasnya


Bazar UMKM ini, imbuh Khairuddin, dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. "Pengunjung yang masuk ke area bazar, jumlahnya dibatasi. Jam kunjungannya pun dibatasi, mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 19.00 WIB, " katanya. 


Sebelum memasuki area bazar, lanjutnya pengunjung juga diwajibkan cek suhu yang dilakukan oleh petugas kesehatan. Serta menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 


Sementara itu, para pelaku UMKM mengapresiasi langkah pemerintah daerah dalam membangitkan perekonomian masyarakat. 


"Ini suatu inovasi yang tak terfikirkan sebelumnya bagi kami, selain suport secara finansial melalui bantuan BPUM oleh Presiden Joko Widodo yang diakomodir oleh pemda Dharmasraya, bantuan pelaksanaan bazar ini juga sangat membantu kami, " ujar CEO Keripik Tempe Satria kepada awakmedia Selasa (5/1). 


Selain itu, lanjutnya para pelaku UMKM juga telah mendapatkan kemudahan dalam mengurus perizinan dan administrasi lainnya dari pemerintahan Dharmasraya. 


"Seperti yang telah kita ketahui Pemkab Dharmasraya telah mempermudah segala urusan perizinan dan administrasi bagi para pelaku UMKM, tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku," jelasnya. 


Mewakili rekan-rekan UMKM lainnya, saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sutan Riska dan Pemkab Dharmasraya atas terselenggaranya Bazar UMKM ini. 


"Semoga dengan kegiatan ini, menjadi awal bangkitnya perekonomian masyarakat Dharmasraya, " pungkasnya


Terpisah, Dewan Pembina Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Kabupaten Dharmasraya, Rijal Imami mengapresiasi langkah dan inovasi pemerintah daerah yang menggelar bazar UMKM yang bertujuan membangkitkan sektor UMKM ditengah merosotnya perrkonomian akibat pandemicovid-19. 


"Bazar UMKM ini suatu terobosan yang menginspirasi banyak pihak. Dengan mensuport pelaku UMKM secara otomatis sektor yang berkaitan lainnya juga mendapatkan mamfaatnya, " ujar Rijal Imami saat mengunjungi  Bazar UMKM di Jorong Piruko Kecamatan Sitiung, Selasa (5/1). 


Menurutnya, sudah bukan rahasia lagi bahwa sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi tulang punggung perekonomian nasional. "Namun, pelaku UMKM pada saat ini harus menghadapi masalah yang cukup besar. Wabah virus Corona memberikan dampak yang sangat besar terhadap keberlangsungan UMKM, " ujarnya


Untuk itu, sambungnya apa yang dilakukan pemkab Dharmasraya sudah sejalan dengan pemerintahan pusat, yakni pemulihan ekonomi diberbagai sektor khususnya sektor UMKM. 


"Oleh sebab itu, apresiasi tinggi kita berikan kepada Bupati Sutan Riska dan pemkab Dharmasraya yang telah memperhatikan UMKM, tentunya ini akan berdampak besar bagi perekonomian masyarakat, " pungkasnya. 


Adapun, pembukaan bazar UMKM ini juga turut dihadiri Pimpinan DPRD, Pariyanto, Adi Gunawan, Rosandi Sanjaya, Forkopimda, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten, Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, pimpinan perbankan, pelaku usaha dan sejumlah undangan lainnya. (ard)

COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,51,Advetorial,56,Agam,40,Artikel,127,Babel,21,Bali,8,Bangka Belitung,525,Banten,103,Batam,1,Bukittinggi,140,Covid-19,425,Dharmasraya,33,Edukasi,7,Ekonomi,294,hea,1,Headline,945,Hiburan,93,Hukrim,650,Hukum dan Kriminal,86,Internasional,276,Jakarta,50,Jawa barat,32,Jawa Tengah,103,Jawa Timur,66,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,16,Kesehatan,225,Kuliner,80,Lampung,3,Lifestyle,444,Limapuluhkota,24,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,14,Mentawai,356,Nasional,865,Olahraga,170,Opini,84,Padang,250,Padang Panjang,93,Padang Pariaman,21,Papua,3,Pariaman,30,Pariwisata,29,Parlemen,246,Pasaman,38,Pasaman Barat,213,Payakumbuh,169,Pendidikan,44,Peristiwa,285,Pesisir Selatan,197,Politik,84,Riau,111,Sawahlunto,99,Sijunjung,109,Solo,3,Solok,229,Solok Selatan,63,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,6,Sulawesi Selatan,22,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,35,Sumatra utara,6,Sumbar,1061,Tanah Datar,26,Teknologi,34,Tips dan Trik,151,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Bazar UMKM di Tengah Sawah, Jadi Kado Manis HUT Ke -17 Dharmasraya
Bazar UMKM di Tengah Sawah, Jadi Kado Manis HUT Ke -17 Dharmasraya
https://1.bp.blogspot.com/-fBOf5osI5pQ/X_RE-WQJIeI/AAAAAAAAFb0/P7GKPkL1C_I_6Tt1VGUMTH3fEy8w_3oFACLcBGAsYHQ/s320/E2B5DE8D-6233-47FD-8B30-ED903DFC0037.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-fBOf5osI5pQ/X_RE-WQJIeI/AAAAAAAAFb0/P7GKPkL1C_I_6Tt1VGUMTH3fEy8w_3oFACLcBGAsYHQ/s72-c/E2B5DE8D-6233-47FD-8B30-ED903DFC0037.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2021/01/bazar-umkm-di-tengah-sawah-jadi-kado.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2021/01/bazar-umkm-di-tengah-sawah-jadi-kado.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content