Beberapa Hal Resolusi Tahun Baru 2021

SHARE:

Jakarta, Kupasonline -- Momen pergantian tahun kerap dijadikan ajang evaluasi dan menyusun rencana ke depan. Biasanya, sejumlah orang menyus...



Jakarta, Kupasonline --Momen pergantian tahun kerap dijadikan ajang evaluasi dan menyusun rencana ke depan. Biasanya, sejumlah orang menyusun resolusi tahun baru.


Sebenarnya, menentukan resolusi itu tidaklah rumit asalkan Anda tahu betul apa yang menjadi tujuan untuk diraih, serta menggunakan cara tepat ketika menjalankannya.


Mengutip dari New York Times, ada metode sederhana yang bisa digunakan dalam merancang resolusi supaya berjalan sesuai dengan rencana dan bukan sekedar wacana semata, ialah metode SMART.



Metode SMART untuk Resolusi Tahun Baru

Metode SMART sudah ada sejak lama dan telah dirilis dalam sebuah jurnal Manajemen Review (1981),yang berfungsi untuk menetapkan apapun itu resolusi Tahun Baru, berikut penjabarannya:


Specific (Spesifik)

Spesifik berarti membuat resolusi yang memang jelas dan konkret bentuknya, seperti"saya akan menabung 1 juta selama 6 bulan", bukan seperti"saya akan menabung yang banyak."


Resolusi dianjurkan spesifik karena ketika menjalankan dibutuhkan proses yang tidak instan, sehingga mulailah membuat pencapaian dari hal kecil namun konsisten.


Measurable (Terukur)

Berikutnya adalah terukur atau adanya proses untuk dijadikan keterangan, sehingga Anda dapat mengetahui sudah sejauh mana langkah yang dilakukan dalam mewujudkan resolusi.


Sebagai contoh ketika memutuskan menabung secara berjangka, otomatis Anda memiliki progress terukur yang ditetapkan dan bisa kapan saja waktu untuk evaluasi.


Achievable (Dapat Dicapai)

Selain jelas dan terukur, yakinkan diri bahwa resolusi yang dibuat mungkin dicapai atau memiliki target tujuan. Ketika Anda memasang target yang sungguh-sungguh, maka ada kemungkinan maupun peluang besar untuk mencapainya.


Relevant (Sesuai)

Kemudian relevant yang maksudnya sesuai dengan diri Anda dan bukan berdasarkan keinginan orang lain maupun ikut-ikutan tren.


Wajib untuk menjadikan resolusi tersebut sebagai tujuan yang benar-benar penting dalam diri Anda serta tidak melakukannya karena unsur penyesalan.


Time-bound (Dibatasi Waktu)

Maksud time bound di sini adalah batas waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan resolusi tersebut supaya Anda pun fokus meraihnya.


Setelah mengetahui metode SMART sebagai rumus membuat pencapaian, berikut ini ada beberapa contoh yang bisa dijadikan resolusi tahun baru Anda.


1. Mengelola Keuangan


Merasa belum stabil secara finansial dari tahun ke tahun? Kini saatnya mulai memasukkan daftar anggaran keuangan sebagai resolusi, supaya lebih baik dari sebelumnya.


Cara sederhana mengelola keuangan adalah dengan meniatkan segala pengeluaran anggaran berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.


Jika dirasa perlu, bisa membuat laporan khusus keuangan sehingga dapat melakukan evaluasi kapan saja demi mencapai kemerdekaan finansial.


2. Olahraga Teratur

Kondisi tubuh dan pikiran sehat merupakan salah satu kunci hidup bahagia. Untuk itu, coba ubah cara berpikir tentang olahraga yang awalnya membuat sengsara menjadi kegiatan menyenangkan.


Misalnya, olahraga bukan hanya sekedar tentang menurunkan berat badan. Tapi dengan berolahraga, tubuh bisa menjadi bugar dan memiliki kegiatan produktif.


Selain itu, jangan paksa diri Anda untuk olahraga setiap hari. Mulailah bertahap dari 2 sampai 1 minggu sekali, sehingga resolusi memiliki tubuh dan pikiran yang sehat pun bisa tercapai.


3.Makanan Bergizi


Mempunyai kebiasaan konsumsi makanan minim gizi atau kurang nutrisi akan berdampak buruk pada tubuh dalam jangka waktu yang panjang.


Jadi tidak ada salahnya, menjadikan asupan makanan bergizi ini sebagai resolusi demi kebutuhan dalam tubuh yang lebih sehat.


Tidak perlu drastis mengubah pola makan nya, coba perlahan saja seperti menambahkan satu menu makanan tinggi nutrisi atau kurangi sedikit demi sedikit makanan yang minim gizi.


4.Kurangi Stres

Mungkin sebelumnya Anda merupakan pribadi yang mudah terbawa emosi atau sering cemas, sehingga tidak bisa berpikir jernih ketika mendapat suatu masalah.


Cobalah lebih cerdas mengelola stres seperti perbanyak olahraga, banyak berkonsultasi dengan dokter atau psikologi jika diperlukan dan ketahui dampak buruk apabila terlalu stres.


Mengatasi kadar stres ini sangat penting supaya pikiran pun bisa tetap waras dan diri Anda sendiri terbawa menjadi pribadi yang lebih baik dan sehat.


5.Me Time


Terlalu banyak waktu untuk mengurus pekerjaan, kadang bisa membuat seseorang lupa memberi penghargaan bagi diri sendiri sehingga muncul berbagai gangguan emosional.


Membuat resolusi supaya bisa menghargai dan memperhatikan keadaan diri itu juga penting. Selain menjadi lebih kenal pada diri sendiri, seseorang juga dapat merasakan kedamaian.


Tak perlu langsung kalap dalam memanjakan diri, cobalah dengan me time sederhana seperti memberi evaluasi atas apa yang sudah dilakukan atau sekadar memberi pijatan relaksasi.


Tidak hanya lima, namun masih banyak hal yang bisa dijadikan sebagai resolusi Tahun Baru, semua tergantung dari kebutuhan masing-masing, asalkan dimulai dari hal terkecil. (*)

COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,51,Advetorial,56,Agam,40,Artikel,127,Babel,21,Bali,8,Bangka Belitung,522,Banten,103,Batam,1,Bukittinggi,140,Covid-19,424,Dharmasraya,32,Edukasi,7,Ekonomi,294,hea,1,Headline,943,Hiburan,93,Hukrim,650,Hukum dan Kriminal,86,Internasional,276,Jakarta,50,Jawa barat,32,Jawa Tengah,103,Jawa Timur,65,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,16,Kesehatan,225,Kuliner,80,Lampung,3,Lifestyle,442,Limapuluhkota,24,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,14,Mentawai,356,Nasional,865,Olahraga,170,Opini,84,Padang,249,Padang Panjang,93,Padang Pariaman,21,Papua,3,Pariaman,29,Pariwisata,29,Parlemen,246,Pasaman,38,Pasaman Barat,213,Payakumbuh,169,Pendidikan,44,Peristiwa,285,Pesisir Selatan,197,Politik,84,Riau,111,Sawahlunto,98,Sijunjung,109,Solo,3,Solok,228,Solok Selatan,63,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,6,Sulawesi Selatan,22,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,35,Sumatra utara,6,Sumbar,1058,Tanah Datar,26,Teknologi,34,Tips dan Trik,151,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Beberapa Hal Resolusi Tahun Baru 2021
Beberapa Hal Resolusi Tahun Baru 2021
https://1.bp.blogspot.com/-KYowZh7f6mw/X-88Wu4gnuI/AAAAAAAAFT0/DVOgQQaZhFEk0AC7xvPsKnrUnbGRSdysQCLcBGAsYHQ/s320/FC070D40-BA8A-4B15-8DE5-1C84F216E93C.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-KYowZh7f6mw/X-88Wu4gnuI/AAAAAAAAFT0/DVOgQQaZhFEk0AC7xvPsKnrUnbGRSdysQCLcBGAsYHQ/s72-c/FC070D40-BA8A-4B15-8DE5-1C84F216E93C.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2021/01/beberapa-hal-resolusi-tahun-baru-2021.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2021/01/beberapa-hal-resolusi-tahun-baru-2021.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content