Beberapa Khasiat Dari Buah Mengkudu

SHARE:

Ilustrasi Kupasonline -- Sebagian dari Anda tentu sudah kenal dengan buah pace. Buah pace atau juga sering disebut dengan mengkudu, merupaka...

Ilustrasi


Kupasonline --Sebagian dari Anda tentu sudah kenal dengan buah pace. Buah pace atau juga sering disebut dengan mengkudu, merupakan buah yang berbentuk bulat sedikit lonjong, mempunyai kulit berwarna hijau muda dan terdapat pori-pori besar di permukaan kulitnya. Buah ini diketahui mempunyai rasa pahit sehingga tidak heran jika jarang dikonsumsi masyarakat.


Selain kedua manfaat tadi, masih ada beberapa keuntungan menyehatkan lain yang bisa didapatkan para kaum adam saat mengonsumsi mengkudu. 


Bukan tanpa alasan mengkudu sering dijadikan sebagai bahan herbal untuk obat tradisional.


Buah dengan aroma menyengat ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kesehatan pria, seperti:


1. Mengurangi kerusakan sel di tubuh perokok


Mengonsumsi buah mengkudu, dinilai dapat membantu mengurangi kerusakan sel yang terjadi akibat kebiasaan merokok. Pada perokok, kerusakan sel bisa terjadi secara masif dan menyebabkan terjadinya stres oksidatif.


Stres oksidatif ini lah yang kemudian akan meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit berbagai seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.


Meski begitu, perlu diingat bahwa bukan berarti mengonsumsi buah mengkudu bisa membuat para perokok terhindar dari berbagai efek negatif rokok. Cara terbaik untuk menghindari itu semua tetaplah dengan berhenti merokok.


2. Menurunkan kolesterol 


Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum jus mengkudu setiap hari selama satu bulan, terbukti bisa mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh secara drastis.


Objek penelitian pada uji coba ini adalah para perokok berat. Oleh karena itu, hasilnya tidak bisa diaplikasikan untuk semua orang.


3. Mengurangi risiko terkena kanker prostat pada pria perokok


Mengkudu mengandung banyak komponen yang menyehatkan untuk tubuh, salah satunya beta karoten.


Jika dikonsumsi secara teratur, beta karoten dapat mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas berlebih.


Selain itu, konsumsi beta karoten jangka panjang dalam dosis tertentu, bisa mengurangi risiko munculnya kanker prostat pada pria yang merokok.


4. Meningkatkan stamina


Mengonsumsi mengkudu juga dianggap bisa meningkatkan stamina. Buah ini dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan daya tahan seseorang saat berolahraga.


Khasiat buah mengkudu yang satu ini dipercaya berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi, sehingga mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi saat seseorang berolahraga.


5. Meredakan gejala asam urat


Secara tradisional, buah mengkudu memang sudah lama dipercaya bisa menurunkan asam urat. Manfaat ini pun rupanya terbukti secara ilmiah.


Mengonsumsi jus mengkudu dapat membantu meredakan asam urat dan gejalanya karena buah ini bisa menghambat enzim yang memicu naiknya kadar asam urat.


6. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2


Ekstrak buah mengkudu dinilai baik untuk mencegah diabetes tipe 2. Dengan rutin mengonsumsi jus buah mengkudu, maka kadar gula dalam darah, trigliserida, dan kolesterol di tubuh bisa berkurang.


Selain itu, buah yang satu ini juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur penyerapan gula dalam darah.


Menghindari diabetes tipe 2 memang bermanfaat untuk semua orang. Namun pada pria secara khusus, langkah ini juga akan mengurangi risiko mengalami berbagai masalah seksual yang berkaitan dengan diabetes, seperti impotensi.


7. Meningkatkan daya tahan tubuh


Buah mengkudu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat yang satu ini didapatkan dari kandungan vitamin C di dalamnya yang berlimpah.


Vitamin C dapat meningkatkaan daya tahan tubuh dengan melindungi sel-sel dari paparan radikal bebas berlebih.


Perhatikan juga efek samping mengonsumsi mengkudu


Secara umum, mengkudu adalah buah yang menyehatkan dan aman untuk dikonsumsi. Namun pada beberapa orang, buah ini bisa memicu beberapa efek samping yang merugikan, seperti:


• Mengganggu kerja obat darah tinggi


Jika mengonsumsi obat darah tinggi secara rutin, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah mengkudu. Sebab, kandungan kalium yang tinggi pada buah ini bisa berinteraksi dengan kalium yang ada pada obat tersebut.


Kadar kalium yang terlalu tinggi di tubuh, dapat menimbulkan gejala seperti mual dan irama jantung tidak teratur (aritmia).


• Memperparah penyakit ginjal


Pria yang memiliki riwayat penyakit ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini, karena dapat memperparah kondisi.


Meski buah mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, jangan menjadikannya sebagai jenis pengobatan utama dari penyakit yang Anda derita.


Jika ingin menggunakan buah mengkudu untuk pengobatan, sebaiknya jadikanlah buah ini sebagai perawatan pendamping setelah sebelumnya berkonsultasi pada dokter.(*)

COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,53,Advetorial,62,Agam,69,anak,1,Artikel,148,Babel,21,Bali,9,Bangka Belitung,662,Banten,142,Batam,1,Bukittinggi,169,Covid-19,508,Dharmasraya,46,Edukasi,7,Ekonomi,364,hea,1,Headline,1038,Hiburan,122,Hukrim,738,Hukum dan Kriminal,97,Internasional,326,Jakarta,57,Jawa barat,36,Jawa Tengah,137,Jawa Timur,110,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,91,Kesehatan,307,Kuliner,102,Lampung,4,Lifestyle,560,Limapuluhkota,24,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,15,Mentawai,426,Nasional,1014,Olahraga,190,Opini,84,Padang,266,Padang Panjang,101,Padang Pariaman,21,Papua,3,Pariaman,32,Pariwisata,33,Parlemen,269,Pasaman,39,Pasaman Barat,213,Payakumbuh,204,Pendidikan,48,Peristiwa,310,Pesisir Selatan,199,Politik,88,Riau,130,Sawahlunto,117,Sijunjung,114,Solo,5,Solok,247,Solok Selatan,68,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,6,Sulawesi Selatan,29,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,35,Sumatra utara,7,Sumbar,1253,Tanah Datar,27,Teknologi,37,Tips dan Trik,201,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Beberapa Khasiat Dari Buah Mengkudu
Beberapa Khasiat Dari Buah Mengkudu
https://1.bp.blogspot.com/-0XOtvOixQiE/YARpyerOmkI/AAAAAAAAGGI/zOvWQEm_uMsdy-c1pJXikLAAsN9bJ_Y6ACLcBGAsYHQ/s320/51B18D72-D169-45F9-8493-D24C0BB44A37.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-0XOtvOixQiE/YARpyerOmkI/AAAAAAAAGGI/zOvWQEm_uMsdy-c1pJXikLAAsN9bJ_Y6ACLcBGAsYHQ/s72-c/51B18D72-D169-45F9-8493-D24C0BB44A37.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2021/01/beberapa-khasiat-dari-buah-mengkudu.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2021/01/beberapa-khasiat-dari-buah-mengkudu.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content