Tips Membuat Bubur Bayi Agar Tidak Menghilangkan Gizi Dalam Makanan

SHARE:

Jakarta,,kupasonline- -  Cara membuat bubur bayi tidak rumit. Dengan bahan dan alat sederhana, kamu bisa membuat makanan dengan gizi tinggi ...


Jakarta,,kupasonline-
-  Cara membuat bubur bayi tidak rumit. Dengan bahan dan alat sederhana, kamu bisa membuat makanan dengan gizi tinggi asalkan diolah secara benar.

Memberikan MPASI pada anak sebaiknya jangan dibuat rumit. Kamu bisa membuatnya dengan bahan makanan yang mengikuti menu makanan keluarga. Misalnya saja, ketika memasak sayur bayam dan jagung, kamu bisa menghaluskan bahan makanan ini sesuai dengan tekstur si kecil.

Pastikan bubur bayi yang dibuat sudah memenuhi gizi seimbang. Di dalamnya berisi kandungan karbohidrat (nasi, oatmeal, umbi-umbian dan mie), protein hewani (ikan, ayam dan telur), protein nabati (tempe, tahu dan kacang-kacangan) serta vitamin dan serat yang bisa didapatkan dari sayur dan buah.

Berikut ini beberapa tips dan trik dari cara membuat bubur bayi sehat yang dilansir dari detikcom. 

1. Peralatan yang Sesuai

Ada beberapa alat yang harus dipersiapkan untuk membuat bubur bayi 6 bulan sampai 1 tahun. Kamu bisa menyiapkan blender, panci, saringan atau slow cooker. Pastikan pisau dan talenan yang digunakan untuk memotong bahan makanan bayi terpisah dengan talenan yang digunakan sehari-hari. Karena talenan menjadi salah satu media penyebaran kuman paling besar yang bisa saja mengontaminasi makanan.Meskipun dengan alat berupa saringan, panci, talenan dan pisau saja sudah cukup. Bagi ibu yang bekerja atau ingin lebih praktis, bisa menambahkan blender dan slow cooker. Slow cooker bisa membantu memasak makanan tanpa repot harus diaduk. Cukup masukkan semua bahan dan tunggu hingga makanan matang.

2. Jangan Masak Terlalu Lama

Setiap bahan makanan yang dimasak terlalu lama akan membuat mereka 'over cook' dan akhirnya nutrisinya hilang. Misalnya saja seperti sayuran, sebaiknya setelah dicuci diolah dengan cara dikukus, tidak direbus.

Setelah dikukus, sayuran juga bisa dihancurkan dengan saringan atau blender. Hal ini berlaku juga untuk bahan makanan lain seperti daging dan ikan supaya tidak dimasak terlalu lama.

3. Tidak Menggunakan Garam atau Gula

Daripada menambahkan garam dan gula, lebih baik fokus untuk menambahkan bumbu dan rempah sebagai perasa. Bawang putih, bawang merah serta kemiri hingga serai bisa dimanfaatkan untuk menambahkan rasa pada makanan si kecil.

Menurut dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA dari RS Bunda Jakarta, bayi mulai mengenal rasa di usia 7 hingga 8 bulan. Jika anak bisa mengonsumsi makanan tanpa garam ini sangat bagus, namun jika anak justru cenderung susah makan boleh ditambahkan sedikit garam dengan tujuan sebagai penambah rasa saja.

Perlu diingat ya, keju dan mentega (butter) juga mengandung garam sehingga jika sudah ditambahkan jangan diberi garam lagi. Sedangkan untuk gula harus benar-benar dibatasi karena terlalu banyak gula bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan.

4. Pastikan Makanan Matang

Cara membuat bubur bayi sendiri yang benar harus dipastikan semua bahan makanan sudah matang sempurna. Makanan yang belum matang bisa saja mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan diare pada anak.

Pemberian telur setengah matang juga dikhawatirkan masih mengandung kuman salmonella typhosa. Hal ini tidak dianjurkan karena sistem pencernaan dan kekebalan tubuhnya belum sempurna.

5. Menyimpan Bubur Bayi

Pemberian makanan yang dibuat sendiri tentu harus memperhatikan komposisi makanan, porsi dan tekstur sesuai dengan kebutuhan bayi. Agar tak bolak-balik membuat makanan, kamu juga bisa menyimpan bubur di dalam lemari es.

Dengan catatan bubur bayi sudah di porsi satu kali makan. Simpan bubur di dalam lemari es atau freezer dan hangatkan dengan menggunakan steamer atau pemanas elektrik atau direndam dalam panci berisi air panas.

6. Jadikan Buah Sebagai Selingan

Sebagai selingan atau camilan, ibu bisa memperkenalkan si kecil buah-buahan. Pilih buah-buahan yang memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut. Buah pisang, pepaya hingga alpukat menjadi salah satu pilihannya. Cukup dihaluskan, buah-buahan ini siap dikonsumsi.

7. Barengi dengan Menu Keluarga

Cara membuat bubur bayi sehat namun praktis dapat disiasati dengan membarengi masak dengan menu keluarga. Pilih menu untuk keluarga yang ramah anak seperti sup ayam, sayur bayam, bobor bayam, hingga olahan ikan.

Misalnya saja sayur bayam, sup ikan atau sup ayam bisa dihaluskan sesuai dengan tekstur si kecil. Sebaiknya jangan ditambahkan cabai, kamu bisa menyiapkan sambal terpisah untuk orang dewasa agar memasak MPASI lebih mudah dan tak repot.

Dan buburnya bisa dibuat dari nasi matang. Cara membuat bubur bayi dari nasi matang ini lebih cepat mudah, cukup memasaknya dengan air hangat hingga teksturnya lunak menjadi bubur.

Untuk usia 6-7 bulan, sebaiknya makanan dihaluskan dan disaring dengan tekstur lumat dan kental. Untuk usia 8-9 bulan, diberikan makanan lumat dan 9-12 bulan diberikan makanan yang agak bertekstur kasar atau nasi yang dihaluskan sebentar dengan lauk cincang.

COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,51,Advetorial,56,Agam,40,Artikel,126,Babel,21,Bali,8,Bangka Belitung,508,Banten,98,Batam,1,Bukittinggi,139,Covid-19,417,Dharmasraya,31,Edukasi,7,Ekonomi,291,hea,1,Headline,932,Hiburan,92,Hukrim,642,Hukum dan Kriminal,86,Internasional,275,Jakarta,50,Jawa barat,32,Jawa Tengah,100,Jawa Timur,63,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,15,Kesehatan,222,Kuliner,80,Lampung,3,Lifestyle,434,Limapuluhkota,24,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,14,Mentawai,350,Nasional,858,Olahraga,170,Opini,84,Padang,247,Padang Panjang,93,Padang Pariaman,21,Papua,3,Pariaman,29,Pariwisata,29,Parlemen,246,Pasaman,38,Pasaman Barat,213,Payakumbuh,162,Pendidikan,44,Peristiwa,284,Pesisir Selatan,197,Politik,83,Riau,111,Sawahlunto,97,Sijunjung,109,Solo,3,Solok,227,Solok Selatan,61,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,6,Sulawesi Selatan,22,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,35,Sumatra utara,6,Sumbar,1044,Tanah Datar,26,Teknologi,34,Tips dan Trik,145,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Tips Membuat Bubur Bayi Agar Tidak Menghilangkan Gizi Dalam Makanan
Tips Membuat Bubur Bayi Agar Tidak Menghilangkan Gizi Dalam Makanan
https://1.bp.blogspot.com/-YeOERlpacZU/X_Chn-H6BEI/AAAAAAAAAxI/hFftdA1hq-8Bjwk6AsG63-blioD1tcTfwCLcBGAsYHQ/s320/mpasi.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-YeOERlpacZU/X_Chn-H6BEI/AAAAAAAAAxI/hFftdA1hq-8Bjwk6AsG63-blioD1tcTfwCLcBGAsYHQ/s72-c/mpasi.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2021/01/tips-membuat-bubur-bayi-agar-tidak.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2021/01/tips-membuat-bubur-bayi-agar-tidak.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content