Musim Dingin Ekstrem Menewaskan 60 Warga AS

SHARE:

Ilustrasi Jakarta, Kupasonline - Musim dingin sangat ekstrem telah menimpa negara AS, Dalam kejadian ini menewaskan setidaknya 60 orang warg...

Ilustrasi


Jakarta, Kupasonline - Musim dingin sangat ekstrem telah menimpa negara AS, Dalam kejadian ini menewaskan setidaknya 60 orang warga AS di antaranya karena keracunan karbon monoksida saat mereka menjalankan mobil dan generator di dalam ruangan agar tetap hangat.


Negara bagian Texas yang terdampak parah mencatat 24 orang warganya tewas. Pejabat lokal memperkirakan jumlah itu masih dapat bertambah.


Walau aliran listrik kembali normal di Texas, badai musim dingin masih berpotensi menerjang kawasan tersebut dan setidaknya 13 juta orang atau hampir separuh penduduk negara bagian itu kini kekurangan akses air bersih.



Otoritas sempat menganjurkan warganya untuk merebus pasokan air yang tersisa sebelum mengkonsumsinya. Ketersediaan air bersih berkurang drastis karena sistem penyulingan air rusak selama cuaca dingin yang bersejarah.


WNI termasuk jutaan orang yang terdampak musim dingin ekstrem di Texas: Mati listrik dan harus pasang lilin

Foto 'topan bom mematikan' dan Amerika yang berselimut salju tebal

Selain Texas, pekan ini layanan air bersih di beberapa negara bagian di sisi selatan AS yang dilanda badai salju dan es juga dihentikan.


Musim dingin ekstrem juga memutus aliran air di Kota Jackson, Mississippi. Kota ini dihuni sekitar 150.000 orang. Hal yang sama terjadi di Tennessee yang dihuni lebih dari 651.000 jiwa.


Penduduk yang di kawasan selatan AS yang pipa air bersihnya membeku kini terpaksa merebus salju untuk mendapat air layak konsumsi.


Wilayah selatan AS ini sangat jarang diserang suhu dingin ekstrem.


Apa yang terjadi di Texas?

Jaringan energi di Texas kewalahan karena melonjaknya kebutuhan untuk pemanas, setelah suhu di negara bagian itu anjlok mencapai -18 derajat celsius pada awal pekan ini.


Warga menghadapi pemadaman listrik berjam-jam di tengah musim dingin ekstrem (Reuters)


Hingga Jumat (19/02), sekitar 180.000 rumah dan pertokoan di Texas belum dialiri listrik. Sebelumnya, sebanyak 3,3 juta orang di Texas menghadapi pemadaman listrik.


Hampir setengah dari penduduk atau sekitar 13 juta orang menghadapi gangguan layanan air bersih. Pekan ini ratusan sistem air rusak akibat pembekuan.


Austin, ibu kota Texas, kehilangan 325 juta galon atau 1,2 miliar liter air bersih saat pipa-pipa air pecah.


Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyarankan agar semua air harus direbus sebelum dikonsumsi, termasuk air yang telah difilter. Anjuran tersebut dikeluarkan untuk menghindari air yang terkontaminasi.


Badai salju terjang kawasan Amerika timur laut

Badai salju menerjang sebagian wilayah Inggris

Bencana beruntun di tengah cuaca ekstrem, 'Menurut pemerintah itu anomali cuaca, kami menyebutnya krisis iklim'

Pejabat lokal berjanji akan segera mendistribusikan air kemasan dan genset listrik kepada warga yang membutuhkan.


Pabrik bir dan sejumlah perusahaan lokal dilaporkan turut membantu upaya penyediaan air minum.


Gubernur Texas, Greg Abbott, Jumat (19/02) berkata bahwa pihaknya mengerahkan segala upaya untuk membantu warga dan mempercepat tanggap darurat hingga tingkat daerah.


Texas blackout, cuaca ekstrem, musim dingin ekstrem, ASEPAPerbaikan jaringan air bersih di Texas, ratusan sistem air rusak akibat pembekuan.


Namun otoritas lokal tidak dapat memastikan kapan pasokan air bersih akan kembali normal. Mereka menyebut itu merupakan hal mesti dijawab oleh penyedia air lokal.


Sampai saat ini, banyak perusahaan air minum belum menelisik skala kerusakan sarana dan prasarana mereka.


Abbott berkata, banyak teknisi pipa tengah dikerahkan ke Texas. Pipa air meledak di seluruh Texas karena pembekuan. Jumlah teknisi pipa di negara bagian itu tidak mampu menangani kerusakan yang muncul.


Lebih dari 320 teknisi pipa air memperbarui izin kerja mereka. Abbott berkata, pemerintah negara bagiannya bekerja sama dengan perusahaan pipa di luar Texas untuk mendapatkan bantuan tambahan.


Texas blackout, cuaca ekstrem, musim dingin ekstrem, AS


Ketersediaan air minum di banyak toko di Texas ludes. (Getty Images)


Presiden AS, Joe Biden, pada 18 Februari lalu menyetujui penetapan keadaan darurat untuk Texas.


Hingga Jumat (19/02), peringatan kewaspadaan terhadap badai masih diberlakukan di sebagian besar Texas. Namun Badan Cuaca Nasional (NWS) AS memperkirakan suhu udara akan meningkat dalam beberapa hari ke depan.


NWS juga memperingatkan potensi bahaya pada arus lalu lintas. Mereka menyebut pemadaman listrik di bagian timur AS kemungkinan akan terjadi karena badai musim dingin lanjutan diperkirakan akan menimbulkan salju lebat, es, dan memicu kondisi beku.


Dan Texas bergulat dengan krisis cuaca, senator dari Partai Republik, Ted Cruz, dihujani kritik karena tengah pekan ini dia meninggalkan Houston untuk berlibur di Meksiko bersama keluarganya.


Kamis lalu Cruz meminta maaf. Dia kembali ke AS dan membatalkan rencana liburannya hingga akhir pekan ini.


Seberapa mematikan badai salju di Texas?

Kematian yang tercatat di Texas termasuk orang-orang yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas.


Beberapa kematian lainnya disebabkan keracunan karbon monoksida karena menjalankan mobil dan generator di dalam ruangan agar tetap hangat.


Di Harris County, ada lebih dari 300 kasus dugaan keracunan karbon monoksida selama cuaca dingin ekstrem ini. Kepada surat kabar Houston Chronicle, seorang dokter di daerah itu menggambarkannya sebagai "kematian massal kecil".


Setidaknya empat orang tewas dalam kebakaran rumah di Houston, yang menurut para otoritas setempat disebabkan oleh lilin.


Secara terpisah, kepolisian menyebut dua laki-laki yang ditemukan di jalan raya Houston tewas karena kedinginan.


Ada pula seorang anak laki-laki berusia 11 tahun bernama Cristian Pavon yang meninggal karena suhu yang mencapai titik beku. Anak itu berada di karavan tanpa pemanas ruangan.


Pihak berwenang sekarang menyelidiki apakah Pavon, yang lahir di Honduras dan melihat salju untuk pertama kalinya dalam hidupnya sehari sebelum kematiannya, meninggal karena hipotermia.


Adik Cristian yang berusia tiga tahun, yang tidur di ranjang yang sama dengannya, dilaporkan tidak terdampak suhu ekstrem itu.


Carrol Anderson, seorang veteran Perang Vietnam berusia 75 tahun, meninggal di truknya setelah dia kehabisan tangki oksigen yang biasa dia hirup. Dia disebut pergi keluar rumah untuk mencari cadangan oksigen.


"Dia seharusnya tidak meninggal. Dia tidak bisa bernapas karena kami tidak mendapat pasokan listrik," kata istrinya.


Kematian Anderson adalah satu dari empat kasus yang diumumkan, Kamis lalu.


Dua orang laki-laki lainnya tewas di rumah mereka, sementara satu korban lainnya ditemukan tewas di parkiran mobil.


Pimpinan kepolisian di Harris County, Ed Gonzalez berkata, "Cuacanya tidak hanya dingin, tapi juga mematikan(*)

COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,53,Advetorial,64,Agam,143,anak,1,Artikel,150,Babel,21,Bali,9,Bangka Belitung,702,Banten,153,Batam,1,Bukittinggi,176,Covid-19,522,Dharmasraya,46,Edukasi,7,Ekonomi,375,hea,1,Headline,1059,Hiburan,134,Hukrim,759,Hukum dan Kriminal,100,Internasional,338,Jakarta,57,Jawa barat,36,Jawa Tengah,147,Jawa Timur,123,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,110,Kesehatan,322,Kuliner,104,Lampung,4,Lifestyle,588,Limapuluhkota,26,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,15,Mentawai,447,Nasional,1041,Olahraga,194,Opini,84,Padang,270,Padang Panjang,101,Padang Pariaman,21,Papua,3,Pariaman,32,Pariwisata,35,Parlemen,270,Pasaman,40,Pasaman Barat,213,Payakumbuh,208,Pendidikan,50,Peristiwa,317,Pesisir Selatan,199,Politik,88,Riau,130,Sawahlunto,119,Sijunjung,115,Solo,5,Solok,256,Solok Selatan,77,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,6,Sulawesi Selatan,32,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,36,Sumatra utara,8,sumba,1,Sumbar,1304,Tanah Datar,27,Teknologi,37,Tips dan Trik,216,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Musim Dingin Ekstrem Menewaskan 60 Warga AS
Musim Dingin Ekstrem Menewaskan 60 Warga AS
https://1.bp.blogspot.com/--GVZ5kA8fJM/YDDbhlsEfAI/AAAAAAAAHus/NLJj0F_W3yUzolcuSSbpoTJ21U8MGcmbgCLcBGAsYHQ/s320/51729FEB-8340-477B-9651-AED00F6A8369.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/--GVZ5kA8fJM/YDDbhlsEfAI/AAAAAAAAHus/NLJj0F_W3yUzolcuSSbpoTJ21U8MGcmbgCLcBGAsYHQ/s72-c/51729FEB-8340-477B-9651-AED00F6A8369.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2021/02/musim-dingin-ekstrem-menewaskan-60.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2021/02/musim-dingin-ekstrem-menewaskan-60.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content