Hal yang Harus Diketahui Orangtua dalam Pemberian MPASI

SHARE:

Kupasonline-- Konsultan Nutrisi & Penyakit Metabolik Anak FKUI-RSCM dr. Titis Prawitasari, Sp.A (K) mengulas serba-serbi mengenai MPASI,...


Kupasonline--
Konsultan Nutrisi & Penyakit Metabolik Anak FKUI-RSCM dr. Titis Prawitasari, Sp.A (K) mengulas serba-serbi mengenai MPASI, mulai dari kapan harus diberikan kepada anak hingga panduan rempah yang bisa ditambahkan. Titis menjelaskan, MPASI paling tepat mulai diberikan kepada anak ketika air susu ibu sudah tidak mampu mencukupi kebutuhan si kecil, maksimal ketika anak berusia enam bulan.

Dia mengatakan, ASI sebetulnya cukup memenuhi kebutuhan anak selama enam bulan dan itu bisa dilihat dari indikator tumbuh kembang yang baik. Namun dokter menilai ASI sudah tidak memenuhi kebutuhan anak meski belum genap enam bulan, makanan pendamping boleh diberikan.

"Tetapi jangan diberikan MPASI lebih dari enam bulan, setelah enam bulan ada kekurangan sekitar 200 kalori yang harus ditambahkan dari MPASI untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal," kata Titis dalam bincang-bincang daring Tentang Anak beberapa waktu lalu,dilansir dari merdeka.com. 

Tanda anak sudah siap mendapat asupan gizi di luar ASI salah satunya adalah kemampuan untuk menegakkan kepala, sehingga dia sudah mampu menopang dada ketika didudukkan. Kemudian, refleks menjulurkan lidah ketika ada makanan di mulut (ekstrusi) sudah berkurang. Anak juga dianggap sudah siap ketika bersemangat saat melihat makanan, serta mampu meraih dan memasukkan apa saja ke dalam mulut.

Menu pembuka Menu apa yang cocok untuk MPASI anak selalu jadi perbincangan hangat di kalangan orangtua, terutama mereka yang baru memiliki anak. Titis mengatakan, orangtua tidak boleh memberikan hanya satu macam makanan, melainkan menu lengkap yang mengandung karbohidrat, protein sekaligus lemak.

"Bahwa misalnya dalam satu hari ada beberapa yang tidak tercukupi, jalan keluarnya adalah frekuensi makannya diberikan beberapa kali. Dengan frekuensi makan yang beberapa kali, kalau dijumlah total dalam sehari dia akan tercukupi. Jangan dalam satu mangkok semua- semuanya diberikan. Ingat, kapasitasnya si bayi itu kecil. Jadi, sedikit tapi sering," jelas dia.

Frekuensi Pemberian Makan Anak

Frekuensi pemberian makanan pendamping ASI pada anak usia 6-8 bulan sekitar 2-3 kali dalam sehari. Ibu bisa memberikan MPASI dalam kurun dua jam setelah menyusui. Misalnya anak disusui pada pagi hari, berikan dia MPASI dua jam kemudian, lalu kembali susui dua jam berselang, dan berikan MPASI lagi dua jam kemudian. Selebihnya susui anak saat lapar.

"Saran saya adalah 2-3 jam sekali boleh diberikan makan dan diikuti irama tidurnya si anak," sarannya.

Tak perlu membangunkan paksa anak bila jadwal makannya terlewat. Berikan makanan ketika dia terbangun, lalu beri makanan pada jadwal berikutnya dua jam kemudian. Titis berpesan agar orangtua membuat menu yang tidak merepotkan, asal sesuai dengan gizi yang dibutuhkan anak.

Perlukah memberi makanan selingan di antara jadwal pemberian MPASI? Titis mengatakan itu boleh-boleh saja bila anak memang masih bisa mengonsumsi makanan lain, misalnya camilan seperti biskuit untuk bayi.

"Kembali lagi bahwa yang menentukan adalah anak. Anak menentukan jumlah yang dimakan, mau atau tidak makan dia yang menentukan. Kita tugasnya menyediakan dan menyodorkan," jelasnya.

Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua

Lihat sinyal yang diberikan oleh anak. Jika dia mengisyaratkan sudah kenyang, berhenti. Bila anak masih ingin makan, berikan lagi. Sama seperti orang dewasa, ada kalanya anak ingin makanan banyak, kadang juga tidak lahap karena tidak menyukai menunya.

Dia menambahkan, penambahan bumbu rempah seperti bawang merah dan bawang putih boleh saja, agar anak mulai beradaptasi dengan makanan yang punya cita rasa. Gula dan garam boleh diberikan asal tidak terlalu banyak. Selain itu, anak boleh diberi air setelah makan MPASI hingga sekitar dua atau tiga sendok.

Penting juga untuk menjaga agar anak tidak terganggu distraksi apa pun saat makan, terlebih ketika anak sudah mencapai usia sembilan bulan dan mulai senang mengeksplorasi lingkungan. Bisa-bisa anak jadi tidak lahap makan karena banyak distraksi.

Sambil memberikan MPASI, orangtua juga bisa menstimulasi anak dengan menaruh potongan sayur dan buah yang bisa dipegang serta dimasukkan sendiri ke dalam mulutnya. Tapi pastikan jangan sampai anak tersedak, maka sebaiknya jangan berikan makanan licin, lengket dan berbentuk bulat.




COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,55,Advetorial,75,aga,1,Agam,280,anak,7,Artikel,161,Babel,22,Bali,11,Bangka Belitung,1029,Banten,270,Batam,1,Bukittinggi,243,Covid-19,634,Dharmasraya,59,Edukasi,7,Ekonomi,477,hea,1,Headline,1247,Hiburan,206,Hukrim,923,Hukum dan Kriminal,103,Internasional,450,Jakarta,70,Jawa barat,41,Jawa Tengah,223,Jawa Timur,209,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,439,Kesehatan,390,Kuliner,146,Lampung,5,Lifestyle,695,Limapuluhkota,38,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,18,Mentawai,591,Nasional,1278,Olahraga,241,Opini,84,Padang,316,Padang Panjang,104,Padang Pariaman,29,Papua,3,Pariaman,38,Pariwisata,45,Parlemen,272,Pasaman,42,Pasaman Barat,220,Payakumbuh,266,Pendidikan,57,Peristiwa,374,Pesisir Selatan,204,Politik,92,Riau,134,Sawahlunto,147,Sijunjung,133,Solo,7,Solok,356,Solok Selatan,114,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,6,Sulawesi Selatan,38,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,38,Sumatra utara,15,sumba,1,Sumbar,1716,Tanah Datar,29,Teknologi,38,Tips dan Trik,286,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Hal yang Harus Diketahui Orangtua dalam Pemberian MPASI
Hal yang Harus Diketahui Orangtua dalam Pemberian MPASI
https://1.bp.blogspot.com/-7kssdkvP4zI/YEJhf72egFI/AAAAAAAACxU/_4KBUm2T1S0mhYbQhd5eZStXFmyeQ2viQCLcBGAsYHQ/s320/mpasi.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-7kssdkvP4zI/YEJhf72egFI/AAAAAAAACxU/_4KBUm2T1S0mhYbQhd5eZStXFmyeQ2viQCLcBGAsYHQ/s72-c/mpasi.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2021/03/hal-yang-harus-diketahui-orangtua-dalam.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2021/03/hal-yang-harus-diketahui-orangtua-dalam.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content