Bahaya Tidur Setalah Sahur Bagi Kesehatan

SHARE:

Padang, Kupasonline - Gimana puasanya sejauh ini? Semoga lancar ya, girls. Let's #PowerUpRamadhan dan jangan lupa untuk enggak melewatka...



Padang, Kupasonline - Gimana puasanya sejauh ini? Semoga lancar ya, girls.


Let's #PowerUpRamadhan dan jangan lupa untuk enggak melewatkan waktu sahur selama puasa ya!


Enggak jarang setelah sahur kita kerap memilih untuk langsung tidur, entah karena kekenyangan ataupun karena masih mengantuk.


Padahal girls, langsung tidur setelah sahur atau setelah makan memungkinkan terjadinya hal-hal buruk pada tubuh, lho.


Bahaya tidur setelah sahur: Memicu asam lambung naik


Dilansir dari Kompas.com, asam lambung dari perut rentan naik ke kerongkongan saat seseorang langsung tidur setelah makan.


Makanan yang enggak tercerna dengan baik akan membuat lambung secara otomatis meningkatkan produksi asam lambung untuk mempercepat proses pencernaan tersebut.


Hal itu bisa menyebabkan seseorang merasa mulas, dada atau perut bagian atas nyeri, mual, sampai sakit tenggorokan.


Keadaan seperti ini (naiknya asam lambung) berpotensi membuat kita mengalami gastroesophageal reflux disease (Gerd).


Selain itu, Gerd berpotensi muncul bukan hanya karena tidur setelah sahur saja, tapi juga karena makanan yang kita konsumsi.


Sebaiknya hindari kopi, makanan berlemak, makanan pedas, makanan yang digoreng, dan tentunya minuman bersoda ketika sahur.


Bahaya tidur setelah sahur: Gangguan pencernaan


Penting untuk konsumsi makanan kaya serat, protein, vitamin, dan cukup asupan air saat sahur.


Selain itu, kita juga perlu menahan diri untuk enggak langsung tidur setelah sahur. Yup! langsung tidur setelah sahur erat kaitannya dengan gangguan pencernaan dan maag.


Keadaan di mana perut yang penuh karena kenyang, lalu dibiarkan untuk tidur, akan membuat perut dipenuhi gas yang membuat kita enggak nyaman. 


Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Annisa Maloveny, seperti dilansir dari Kompas.com juga menjelaskan bahwa ketika tidur produksi saliva atau air liur akan berkurang.


Padahal, saliva akan membantu makanan turun ke bawah ke kerongkongan, menurunkan asam, memperbaiki motilitas, hingga memperlancar pencernaan.


"Kalau habis makan kita langsung tidur, maka pencernaan tidak akan sempurna." ungkap Annisa dalam webinar yang diselenggarakan RS Eka Hospital Cibubur tahun 2020 lalu, dikutip dari Kompas.com.


Alhasil, karena gangguan pencernaan ini kita pun sangat mungkin mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar.


Bahaya tidur setelah sahur: Bisa menyebabkan dispepsia


Selain asam lambung naik, bahaya tidur setelah sahur juga bisa menyebabkan dispepsia.


Dilansir dari Kompas.com, Dispepsia adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan sakit perut di bagian atas yang terjadi secara berulang-ulang.


Dispepsia bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu kondisi atau penyakit tertentu.


Gejala dispepsia antara lain sakit perut, mual, begah sering bersendawa, dan perut terasa kembung.


Bahaya tidur setelah sahur: Rentan alami obesitas


Selanjutnya, seperti dilansir dari Kompas.com, saat tidur tubuh hanya memerlukan sedikit energi sehingga makanan yang dikonsumsi saat sahur tidak digunakan untuk kebutuhan beraktivitas.


Selain itu, proses metabolisme tubuh juga jadi lambat ketika kita langsung tidur setelah sahur.


Akibatnya, lebih banyak makanan akan ditimbun menjadi lemak nih, girls.


Nah.. kondisi seperti ini yang berlangsung terus-menerus menyebabkan seseorang rentan mengalami perut buncit dan obesitas jika langsung tidur setelah sahur.


Baca Juga: Pakai Heels Transparan Seharga Belasan Juta, Begini Gaya Kasual Amanda Manopo!


Bahaya tidur setelah sahur: Picu gula darah meningkat


Bahaya yang juga patut kita waspadai adalah kemungkinan gula darah meningkat akibat langsung tidur setelah sahur.


"Kalau habis makan langsung tidur bisa dibayangkan, kadar gula darah akan melonjak tinggi dan tidak baik untuk penderita diabetes maupun penyakit metabolik lainnya," jelas Annisa Maloveny, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, seperti dikutip dari Kompas.com.


Maka dari itu, setelah sahur kita disarankan untuk beraktivitas fisik ringan setelah makan, misalnya menggerakkan tangan baru setelah itu bisa melakukan aktivitas fisik lebih banyak seperti jalan kaki.


Cara ini dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh. 


Bahaya tidur setelah sahur: Rasa sakit pada dada


Terakhir, kita juga bisa alami rasa sakit pada dada atau heartburn ketika tidur setelah sahur.


Heartburn bisa terjadi ketika perut kita penuh asam yang kemudian ingin berpindah ke tenggorokan.


Alhasil, kita bakalan merasakan rasa sakit pada bagian dada, seperti terbakar.


Terkadang juga disertai dengan sendawa yang enggak ada habisnya, lho! Duh.. bakalan enggak nyaman banget, deh.


Sakit dada

Setelah tahu bahaya tidur setelah sahur, sebaiknya setelah sahur kita menyibukkan diri terlebih dahulu, ya.


Kita bisa membaca buku, menulis, atau melakukan aktivitas fisik ringan di pagi hari.


Setelah jeda tiga jam lamanya dari waktu terakhir makan, baru deh kita boleh untuk tidur kalau memang kita memang masih mengantuk(*)

COMMENTS

Berita Terkait

Name

Aceh,55,Advetorial,74,aga,1,Agam,279,anak,6,Artikel,161,Babel,22,Bali,11,Bangka Belitung,985,Banten,252,Batam,1,Bukittinggi,236,Covid-19,622,Dharmasraya,54,Edukasi,7,Ekonomi,462,hea,1,Headline,1227,Hiburan,198,Hukrim,908,Hukum dan Kriminal,103,Internasional,436,Jakarta,70,Jawa barat,41,Jawa Tengah,208,Jawa Timur,206,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,418,Kesehatan,386,Kuliner,141,Lampung,5,Lifestyle,689,Limapuluhkota,37,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,18,Mentawai,578,Nasional,1242,Olahraga,235,Opini,84,Padang,313,Padang Panjang,104,Padang Pariaman,28,Papua,3,Pariaman,38,Pariwisata,44,Parlemen,272,Pasaman,42,Pasaman Barat,220,Payakumbuh,266,Pendidikan,57,Peristiwa,367,Pesisir Selatan,203,Politik,92,Riau,134,Sawahlunto,144,Sijunjung,132,Solo,7,Solok,348,Solok Selatan,109,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,6,Sulawesi Selatan,35,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,38,Sumatra utara,15,sumba,1,Sumbar,1685,Tanah Datar,29,Teknologi,38,Tips dan Trik,282,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Bahaya Tidur Setalah Sahur Bagi Kesehatan
Bahaya Tidur Setalah Sahur Bagi Kesehatan
https://1.bp.blogspot.com/-GCSALpO44TE/YIBO_mXAugI/AAAAAAAAKec/PWOyoMXGHC8XUCuiVo7uLwrt7Wri2ADuQCLcBGAsYHQ/s320/FD83A8A8-AA2B-449A-8653-DA51CAE9D954.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-GCSALpO44TE/YIBO_mXAugI/AAAAAAAAKec/PWOyoMXGHC8XUCuiVo7uLwrt7Wri2ADuQCLcBGAsYHQ/s72-c/FD83A8A8-AA2B-449A-8653-DA51CAE9D954.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2021/04/bahaya-tidur-setalah-sahur-bagi.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2021/04/bahaya-tidur-setalah-sahur-bagi.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content