Masyarakat Adat, Demokrasi Lokal Pemilu dan Pilkada 2024 Kepulauan Mentawai

SHARE:

Oleh: FIRDAUS RISMAN SATOINONG, S.Hut (KOMISIONER BAWASLU KAB.KEP.MENTAWAI)   Kupasonline— Masyarakat adat seringkali absen dalam diskursus ...



Oleh: FIRDAUS RISMAN SATOINONG, S.Hut

(KOMISIONER BAWASLU KAB.KEP.MENTAWAI)

 

Kupasonline—Masyarakat adat seringkali absen dalam diskursus pemilu, pilkada dalam demokrasi. Padahal, bersamaan dengan kelompok disabilitas, masyarakat adat masuk ke dalam kategori kelompok rentan. Tak ada yang menyebutkan secara spesifik masyarakat adat saat pembuat kebijakan bicara soal penetapan daftar pemilih. Pun saat bicara soal sosialisasi pemilu, partisipasi pemilih, dan pengawasan pemilu. Isu masyarakat adat menjadi isu yang tak hanya sektarian, tetapi juga isu pinggiran.

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kepulauan Mentawai mencoba mengawali perbincangan mengenai masyarakat adat dan demokrasi lokal. Keikutsertaan untuk berpartisipasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) ini mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tak pernah dipertanyakan oleh masyarakat, akademisi, sekali pun oleh para pegiat pemilu.

 

Apa itu masyarakat adat?

AMAN mendefinisikan masyarakat adat sebagai sekelompok orang yang hidup di sebuah wilayah yang memiliki ikatan sejarah dan asal-usul yang jelas, dan mewariskan sistem pranata sosial, politik, ekonomi, kelembagaan adat, dan hukum adat secara turun-temurun. Masyarakat adat biasanya hidup dalam suatu komune besar yang mempertahankan nilai-nilai sakral tertentu.

Masyarakat adat telah ada sejak sebelum munculnya ide nation-state atau negara bangsa. Dengan kata lain, eksistensi masyarakat adat dengan sistem kepercayaan dan kebudayaannya mendahului eksistensi negara beserta seperangkat hukumnya.

Keberadaan masyarakat adat di dalam negara modern seringkali dirugikan. Sebagai contoh, kepemilikan tanah adat yang diambil alih oleh negara atas nama pembangunan atau konservasi dan pertambangan. Baru-baru ini, Peraturan Presiden (Perpres) No.88/2017 berkonsekuensi pemindahan 121 kelompok masyarakat adat yang tinggal di wilayah konservasi ke wilayah luar.

 

“Sejak Orde Baru, negara hadir di tengah-tengah masyarakat dalam bentuk perampasan wilayah, perampasan tanah, kriminalisasi. Padahal, negara harusnya hadir untuk mengakui keberadaan mereka, menjamin hak-hak mereka, menerima nilai-nilai kearifan mereka, dan meningkatkan kualitas hidup mereka, Partisipasi Politik Masyarakat masayarakat lokal untuk di Kepulauan Mentawai menjadi bagian penting untuk berperan sebagai pengawas dalam pelaksanaan pemilu maupun pilkada tahun 2024 nanti.  Partisipasi Politik Masyarakat Adat sangat membantu terhadap penyelenggara pemilu yang memberikan dari segi informasi tentang pendidikan politik dikalangan masyarakat bawah. Hal ini ketika dinamika terjadi ditengah masyarakat terhadap persoalan hal-hal yang tidapk sesuai regulasi aliansi masyarakat adat nusantara kepulauan Mentawai akan mudah untuk melakukan pemahaman terhadap masyarakat.

Bagaimana kesadaran politik dan partisipasi masyarakat adat nusantara Kepulauan Mentawai dalam politik, pemilu dan Pilkada pada 2024?

 

Tak ada data tingkat partisipasi masyarakat di hari pemungutan suara. Keterlibatan Masyarakat adat sunggu penting untuk mensukeskan pemilu dan pilkda ke depan. Namun, bahwa anggota AMAN Kepulauan Mentawai yang terdiri dari masyarakat adat telah cukup banyak yang menjadi kader yang menjadi pemantau pemilu hal ini juga tentu dari pengalaman serta pengetahuan dapat menjadi keterlibatan untuk melakukan pengawasan dan sekaligus turut berpartisipasi.  

Namun, secara umum, tingkat partisipasi masyarakat adat diduga rendah. Sebab, faktanya, sosialisasi pemilu, Pilkada  dan politik dalam beberapa tahun belakangan tidak sampai ke banyak kelompok masyarakat adat. Masyarakat tak tahu-menahu soal kandidat yang mencalonkan, visi-misi, dan dampak pemilu terhadap perbaikan kualitas hidup. Sebagai potret puncak kegagalan sosialisasi, masih ada masyarakat adat yang tak tahu bahwa telah berdiri sebuah negara modern berbentuk republik bernama Indonesia.

 

Hal ini menjadi ironi sebab masyarakat adat merupakan salah satu sasaran sosialisasi dan pendidikan pemilih. mengamanatkan untuk memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat adat. Begitu pula partai politik yang memiliki tugas untuk melakukan pendidikan politik.

 

Berdasarkan pantauan AMAN Kepulauan Mentawai hanya segelintir kepala daerah, yang dihasilkan oleh pilkada langsung, yang melibatkan masyarakat adat dalam perumusan kebijakan. Salah satu success story yang perlu dimunculkan yakni, adanya kerja sama terhadap penyelenggara pemilu yang akan menjadi nanti sasaran untuk melakukan pengawasan dilapangan sehingga pemilu dan pilkada kedepan dapat berjalan dengan baik. Kualitas demokrasi yang kan menentukan kinerja para penyelanggara pemilu dan pilkada tahun 2024. Pelaksanaan pemilu dan pilkada perlu adanya kerja samanya oleh pemangku kepentingan

 

Pelayanan publik sampai ke masyarakat adat?

 

Beberapa kelompok masyarakat adat masih tak tersentuh pelayanan administrasi negara. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka menjadi warga negara rentan yang tak terekam data kependudukan. Satu, kearifan lokal yang tak memungkinkan untuk dilakukan perekaman. Dua, letak geografis lingkungan hidup yang tak terjamah. Tiga, tak ada urgensi untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP).

 

Penyelenggara pemilu, partai politik, para kandidat, dan juga lembaga-lembaga terkait diharap menghadirkan diri di tengah masyarakat adat Kepulauan Mentawai. Bukan sebagai pihak yang memaksakan cara berdemokrasi ala modern, tetapi mengadopsi nilai demokrasi lokal yang melekat dalam kearifan lokal masyarakat.

Pada prinsipnya penyelenggara pemilu dalam hal ini Bawaslu Kepulauan Mentawai akan nmenggandengan masyarakat adat Mentawai dalam menghadapi pemilu dan pilkada secara serentak tahun 2024, serta sama-sama melakukan pengawasan terkait dengan daftar pemilih tetap akan menjaga hak pilih warga negara. Bagi masyarakat adat yang tak punya KTP atau karena kearifan lokal tak mungkin terekam dalam data kependudukan dengan mekanisme reguler, akan ditempuh jalur lain guna memastikan hak politik tetap dapat disalurkan.

 

Pada kegiatan tahapan pemilu dan pilkada semua masyarakat tentu ikut terlibat dalam pengawasan agar demokrasi berjalan sesuai dengan regulasi. Hal tahapan yang lebih krusial dalam menjaga hak pilih  seperti Dari coklit (pencocokan dan penelitian) itu akan rawan terjadinya pendataan dan mesti harus dilibatkan masyaarakat ada yang memiliki wilayah basis kerja. informasi tentang keadaan-keadaan yang ditemukan di lapangan itu jadi bahan untuk dikoordinasikan kepada petugas secara edukatif yang memiliki strategi pelayanan koordinasinya dengan pemangku kebijakan dengan sistem akan kita kelola sesuai kearifan lokal.

Partisipasi terhadap dengan masyarakat adat mentawai terkait dengan tahapan pemilu dan pilkada kedepan yang menyentuh langsung masyarakat seperti, beberapa sosialisasi di masyarakat adat diwilayah kerja aliansi masyarakat adat nusantara Kepulauan Mentawai untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat adat.(*)

COMMENTS

Berita Terkait

Nama

Aceh,70,Advetorial,121,aga,5,Agam,549,anak,10,Artikel,166,Babel,63,Bali,14,Bangka belintung,2,Bangka Belitung,1460,Banten,456,Batam,2,Bengkulu,1,Bukittinggi,384,Covid-19,703,Dharmasraya,66,Edukasi,7,Ekonomi,623,hea,1,Headline,1564,Hiburan,329,Hukrim,1132,Hukum dan Kriminal,113,Internasional,601,Jakarta,71,Jawa barat,45,Jawa Tengah,272,Jawa Timur,324,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,519,Kesehatan,456,Kodim Bengkayang,834,Kuliner,157,Lampung,8,Lifestyle,730,Limapuluhkota,42,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,19,Mentawai,822,Nasional,1674,Olahraga,365,Opini,84,Padang,420,Padang Panjang,109,Padang Pariaman,29,Papua,3,Pariaman,60,Pariwisata,47,Parlemen,279,Pasaman,45,Pasaman Barat,226,Payakumbuh,412,Pendidikan,58,Peristiwa,387,Pesisir Selatan,216,Politik,125,Ragam,696,Riau,140,Sawahlunto,229,Sijunjung,167,Solo,7,Solok,652,Solok Selatan,189,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,6,Sulawesi Selatan,39,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,40,Sumatra utara,20,sumba,1,Sumbar,2310,Tanah Datar,30,Teknologi,38,Tips dan Trik,309,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Masyarakat Adat, Demokrasi Lokal Pemilu dan Pilkada 2024 Kepulauan Mentawai
Masyarakat Adat, Demokrasi Lokal Pemilu dan Pilkada 2024 Kepulauan Mentawai
https://1.bp.blogspot.com/-ny4v1lWjaw4/YO57O6vN3_I/AAAAAAAANak/ZsB6dQynbz825svkONdyVQCD4M46t7AzwCLcBGAsYHQ/s0/0F2BA89E-F708-4D4E-B2D8-5D1EC06A8C90.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-ny4v1lWjaw4/YO57O6vN3_I/AAAAAAAANak/ZsB6dQynbz825svkONdyVQCD4M46t7AzwCLcBGAsYHQ/s72-c/0F2BA89E-F708-4D4E-B2D8-5D1EC06A8C90.jpeg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2021/07/masyarakat-adat-demokrasi-lokal-pemilu.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2021/07/masyarakat-adat-demokrasi-lokal-pemilu.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content