Dulu Ditakuti, Sekarang Dicari, Masyarakat Serbu Tempat Vaksin

SHARE:

Antusias Masyarakat yang tinggi mendatangi tempat Vaksin massal di Kota Bukittinggi Bukittinggi, Kupasonline-Pelaksanaan Vaksin yang diberik...

Antusias Masyarakat yang tinggi mendatangi tempat Vaksin massal di Kota Bukittinggi

Bukittinggi, Kupasonline-Pelaksanaan Vaksin yang diberikan secara gratis oleh pemerintah, pada beberapa waktu belakangan mulai diminati oleh masyarakat. Ha tersebut terlihat jelas, beberapa tempat yang membuka vaksinasi massal, sangat banyak didatangi oleh masyarakat.

Pandemi Covid-19 yang sudah mulai melanda nederi ini sudah hampir terjadi hampir 1,5 tahun membuat pemerintah selalu berupaya untuk mengatasi hal tersebut. Pasalnya, semaki hari hampir di seluruh daerah terjadi penambahan kasus terpapar Covid-19.

Hampir setiap hari, pemerintah dan beberapa pihak terkait selalu menhimbau masyarakat agar selalu mematuhi Protokl kesehatan dengan 3 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Walaupun, kesadaran masyarakat sudah mulai tinggi untuk menerapkan Prokes tersebut ternyata, tidak terlalu membuahkan hasil, sebab masih banyak kasus penambahan masyarakat yang terpapar.

Untuk mengatasi mobilitas masyarakat, pemerintah membuat kebijakan dengan menerapkan PPKM di pulau Jawa dan Bali, serta beberapa daerah di luar, termasuk di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat yang sempat ditetapkan PPKM darurat, karena sangat tingginya kasus masyarakat yang terpapar dan itu sangat mengganggu semua kegiatan, seperti melumpuhkan ekonomi, termasuk sekolah juga harus dilakukan dengan daring.

Demi mengatasi masyarakat yang terpapar tersebut, pemerintah langsung menempuh cara lain, yaitu untuk menangkal masuknya virus corona ke tubuh dengan memberikan vaksin, seperti pertama yang datang yaitu, vaksin senovac dan berlanjut dengan astra zeneca dan terakhir vaksin moderna yang dosisnya paling tinggi dari vaksin yang lain.

Pada awalnya datangnya vaksin tersebut pada awal tahun 2021 ini, hanya beberapa pihak yang bersedia di vaksin, bahkan sampai harus dilakukan sampai dua kali. Pada masyarakat umum lainnya, masih enggan dilakukan vaksin, karena banyaknya berita hoax yang menyatakan kalau vaksin  tidak akan membantu menghilangkan corona, bahkan ada yang menyebutkan, kalau vaksin tersebut akan membunuh kita secara perlahan.

Demi menyelamatkan masyarakatnya terus berupaya memberi pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya tubuh di vaksin untuk mencegah corona di dalam tubuh. Berbagai cara juga dilakukan pemerintah, seperti untuk ASN dan non ASN di lingkungan pemerintah diwajibkan untuk di vaksin. Terlihat selama adanya vaksin tersebut tidak banyak ASN yang bersedia divaksin dengan kesadaran sendiri.

Bahkan, pertama Vaksin yang diadakan oleh TNI 0304 Agam, terpaksa dibuat kebijakan, kalau masing-masing anggota Bhabinsa harus bisa membawa masyarakat masing-masing 10 orang untuk divaksin. Untuk meyakinkan tersebut, sangat susah, karena banyaknya masyarakat yang tidak bersedia.

Setelah adanya kebijakan dari pemerintah yang mewajibkan Vaksin dan untuk beberapa urusan harus bisa menunjukkan sertifikat vaksin baru bisa dilayani. Mulai terlihat sedikit ada perubahan dengan banyaknya masyarakat yang berseda untuk divaksin kesadaran sendiri.

Dari beberapa tempat dibukanya vaksin massal yang diadakan oleh pemerintah, seperti di RSUD Kota Bukittinggi, oleh TNI 0304 Agam dan Polres Bukittinggi, antusias masyarakat untuk divaksin mulai banyak. Agar hal itu terus diupayakan oleh pihak penyelenggara agar tidak terputus karena kekurangan persedian vaksin itu sendiri.

Beberapa tempat pelaksanaan vaskin massal, terlihat masyarakat bersedia antri ber jam-jam walaupun di tengah terik matahari. Agar masyarakat bisa terlayani seluruhnya pihak penyelenggara seperti TNI dan Polri menyediakan vaksi massal gratis ini berhari-hari bahkan sampai satu pekan. Mengenai pelaksanaannya sendiri, TNI dan Polri selalu bekerjasama dengan tenaga kesehatan melalui Dinas Kesehatan Kota.

Setidaknya sampai akhir Agustus 2021 di Kota Bukittinggi sudah banyak di vaksin, termasuk dari tenaga kesehatan yang sudah sebagian besar sudah melaksanakan vaskin ke dua dan bahkan sudah melakukan Vaksin ke tiga yaitu Moderna.

Keterangan dari Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, dr, Vera Mayasari, kalau memang animo masyarakat untuk divaksin beberapa waktu belakangan sangat tinggi. Sebab, selain sudah sadar, kalau Vaksin itu untuk membentuk imunitas tubuh yang bisa menangkal datangnya virus, juga untuk kebutuhan lain. Kebiasaan mobilitas masyarakat Bukittinggi memang tinggi, sertifikat Vaksin juga dibutuhkan untuk keberangkatan jauh. 

Sampai bulan Austus ini, Kota Bukittinggi menempati posisi kedua masyarakatnya yang sudah banyak divaksin dan diharapkan masyarakat semakin banyak sadar untuk divaksim serta menerapkan protokol kesehatan, karena masyarakat yang terpapar Covid-19 di Kota wisata ini sudah banyak berkurang, dari hari ke hari, bahkan pernah menempuh angka nol yang terpapar.

Dengan menurunnya penyebaran Covid-19 di Kota Jam Gadang berhawa sejuk ini, pemerintahnya juga sudah membuat kebijakan untuk membuka sekolah tatap muka dengan memakai system Shif serta semua objek wisata juga sudah dibuka dengan pengunjung tetapkan menerapkan prokes, serta hanya diperbolehkan 50 persen dari kapasitas normal.(Ikhwan Salim)  

COMMENTS

Berita Terkait

Nama

Aceh,70,Advetorial,115,aga,5,Agam,510,anak,10,Artikel,166,Babel,24,Bali,14,Bangka Belitung,1415,Banten,428,Batam,2,Bengkulu,1,Bukittinggi,356,Covid-19,703,Dharmasraya,66,Edukasi,7,Ekonomi,623,hea,1,Headline,1524,Hiburan,326,Hukrim,1126,Hukum dan Kriminal,105,Internasional,601,Jakarta,71,Jawa barat,45,Jawa Tengah,272,Jawa Timur,302,Kalimantan Selatan,147,Kampar,51,Kepulauan Riau,517,Kesehatan,456,Kodim Bengkayang,834,Kuliner,157,Lampung,8,Lifestyle,730,Limapuluhkota,41,Loker,3,m,1,Makan4,1,Medan,19,Mentawai,787,Nasional,1674,Olahraga,332,Opini,84,Padang,408,Padang Panjang,109,Padang Pariaman,29,Papua,3,Pariaman,60,Pariwisata,47,Parlemen,279,Pasaman,45,Pasaman Barat,226,Payakumbuh,396,Pendidikan,58,Peristiwa,387,Pesisir Selatan,215,Politik,125,Ragam,683,Riau,140,Sawahlunto,208,Sijunjung,160,Solo,7,Solok,582,Solok Selatan,176,Sosial Budaya,1,sulawesi barat,6,Sulawesi Selatan,39,Sulawesi Tenggara,12,Sumatera Selatan,40,Sumatra utara,20,sumba,1,Sumbar,2284,Tanah Datar,30,Teknologi,38,Tips dan Trik,309,tmm,14,TMMD Brebes,877,TMMD Karang Anyar,2822,TMMD Kendal,1344,TMMD Malinau,496,
ltr
item
KUPASONLINE.COM: Dulu Ditakuti, Sekarang Dicari, Masyarakat Serbu Tempat Vaksin
Dulu Ditakuti, Sekarang Dicari, Masyarakat Serbu Tempat Vaksin
https://1.bp.blogspot.com/-iHT8Z0NrqIw/YS5JrE26JiI/AAAAAAAAA-M/kgymrEx4-K8huEJ6p3HnaYwvHDOMFRTygCNcBGAsYHQ/s320/Antusias%2BVaksin.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-iHT8Z0NrqIw/YS5JrE26JiI/AAAAAAAAA-M/kgymrEx4-K8huEJ6p3HnaYwvHDOMFRTygCNcBGAsYHQ/s72-c/Antusias%2BVaksin.jpg
KUPASONLINE.COM
https://www.kupasonline.com/2021/08/dulu-ditakuti-sekarang-dicari.html
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/
https://www.kupasonline.com/2021/08/dulu-ditakuti-sekarang-dicari.html
true
4972569365485151097
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content