Bawaslu Pesisir Selatan Gelar Rapat Penguatan Kapasitas dan Pelatihan Saksi Tingkat Kecamatan

KUPASONLINE.COM – Menjelang hari pemungutan suara yang sebentar lagi akan terlaksana, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan mengadakan pembekalan dengan rapat penguatan kapasitas dan pelatihan saksi tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di Hotel Saga Murni, Sago Salido pada hari Rabu 07 Februari 2024 pagi.

Setiap saksi Partai Politik, saksi Calon DPD, dan saksi Tim Pemenangan Daerah Calon Presiden dan Wakil Presiden mengirimkan satu orang per Kecamatan untuk menghadiri kegiatan tersebut, yang dimulai dari Kecamatan Sutera, Batang Kapas, IV Jurai, Bayang, Bayang Utara, dan Kecamatan Koto XI Tarusan.

Dalam Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Komisioner KPU Pesisir Selatan, Kapolres Pesisir Selatan yang diwakili, Dandim 0311 Pessel, Camat IV Jurai, Awak Media, dan Anggota KPU Provinsi Sumatera Barat Medo Patria, S.TP, serta Dr. Hardi Putra Wirman, S.IP, MA sekaligus menjadi Narasumber untuk memberikan penguatan dan pelatihan saksi.

Bacaan Lainnya

Syafrizal selaku Koordinator Divisi SDM, Organisasi, pendidikan dan pelatihan Bawaslu Pesisir Selatan mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan kapasitas sebagai bekalnya dalam menjalankan tugasnya nanti.

“Pelaksanaan Pemilu tidak terlepas dari hadirnya seorang saksi, baik itu saksi Partai Politik, saksi Calon DPD, dan saksi tim Pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden”, jelasnya.

Ia menambahkan, saksi punya peran penting dalam dalam pemantauan jalannya pencoblosan hingga perhitungan suara.

“Dengan adanya pembekalan ini seorang saksi diharapkan nantinya memiliki kompetensi atau kemampuan sehingga mampu dan bijak dalam mengantisipasi semua kecurangan yang terjadi”, terang Syafrizal.

Harapannya dalam pembekalan ini, setiap saksi mampu menjalankan tugasnya dengan baik serta memahami Undang-undang dan peraturan yang berlaku.

“Setiap saksi juga diharapkan mengerti dan paham akan undang-undang dan peraturaj yang berlaku”, tutupnya.

Kegiatan pembekalan yang digelar oleh Bawaslu Pesisir Selatan dibagi menjadi Tiga titik, yakni di Kecamatan Rahul Tapan dan Ranah Pesisir. (Zan)

Pos terkait