Warga yang Ditemukan Tidak Sadarkan Diri, di Rawat di RSUD Adnaan WD Payakumbuh

×

Warga yang Ditemukan Tidak Sadarkan Diri, di Rawat di RSUD Adnaan WD Payakumbuh

Bagikan berita
Indra, warga yang Ditemukan Tidak Sadarkan Diri, di Rawat di RSUD Adnaan WD Payakumbuh
Indra, warga yang Ditemukan Tidak Sadarkan Diri, di Rawat di RSUD Adnaan WD Payakumbuh

KUPASONLINE.COM - Terkait di temukan oleh masyarakat kelurahan Tanjung Gadang Sungai Pinago, kecamatan Payakumbuh Barat, Sumatera Barat, warga yang terindikasi terlantar, direspon langsung oleh pemerintah kota Payakumbuh, Rabu 8 Mei 2024. Sebelumnya beredar informasi beberapa hari lalu melalui group WhatsApp.

Mendengar informasi tersebut, membuat sekretaris daerah kota Payakumbuh Rida Ananda bertindak cepat dengan melakukan penanganan terpadu, yakni Dinsos, Disdukcapil kota Payakumbuh dan Rumah Sakit semua dilibatkan, Alhamdulillah hari ini kelengkapan dokumen keperluan warga tersebut untuk berobat telah selesai.

Beberapa hari ini kita (Pemko) Payakumbuh telah berupaya membantu, Dinsos Dukcapil dan Rumah Sakit bahu membahu saling koordinasi antar sesama OPD.

"Kita tidak ingin masyarakat susah, untuk itu lah Pemko Payakumbuh hadir, saya monitor terus perkembangannya,"ucap Rida.

Dijelaskan Rida, warga yang terlantar itu, bernama Indra, selama ini memang tidak memiliki tempat tinggal yang tetap, hidupnya terkatung-katung, penyataan itu datang dari orang yang kenal dengan bapak itu, memang dia sehari harinya di sini, kadang di terminal.

"Saat ini, warga tersebut sedang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Adnaan WD Payakumbuh dengan kondisi koma, memang ketika di temukan oleh warga bapak itu sudah dalam keadaan tidak sadarkan diri,"ujar Rida.

Sementara itu, kadis Sosial kota Payakumbuh Irwan Suwandi mengucapkan terima kasih kepada Disdukcapil dan juga pihak Rumah Sakit yang sudah membantu perekaman cepat data warga terlantar dan juga penanganan perawatan.

"Data ini dipergunakan selanjutnya untuk keperluan administrasi kepengurusan BPJSnya, sebab bapak ini tidak memiliki identitas sama sekali,"ulas Irwan.

Kemudian, Kadisdukcapil Wal Asri, di dampingi Kabid Piak Gusmeri dan Kasi pelayanan Alfiandra menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat dan tim (Dinsos dan Dukcapil) yang sudah membantu upaya penanganan warga yang di temukan beberapa hari yang lalu.

Disdukcapil kota Payakumbuh melalui Inovasi Tuntas atau Inovasi Pelayanan untuk orang tua dan disabilitas siap bantu asal permintaannya jelas dan permintaan langsung dari keluarga bersangkutan.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini