Peroleh DAK Capai 5,7 M, BKKBN Pusat Puji Kinerja Eka Putra

Bupati Eka Putra Terima DAK 5,7 M, Dari Kepala BKKBN RI, Fatmawati.
Bupati Eka Putra Terima DAK 5,7 M, Dari Kepala BKKBN RI, Fatmawati.

Tanah Datar,Kupasonline – Kepala Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sumatera Barat, Fatmawati puji dan apresiasi kinerja Bupati Kabupaten Tanah Datar,Eka Putra.

Hal itu disampaikan Fatmawati saat menyerahkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 5,7 Milyar rupiah atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar dalam menekan angka prevalensi stunting di Indonesia khusus nya di Tanah Datar.

Penyerahan DAK tersebut dilaksanakan pada Senin 20 Maret 2023 dalam Gedung Indojelito, Batusangkar.

Disampaikan Fatmawati penyerahan DAK tersebut merupakan bentuk apresiasi atas capaian Bupati dan Tim Penggerak(TP) Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tanah Datar dalam menangani kasus stunting.

Dimana dari data statistik dilihat capaian Kabupaten Tanah Datar dalam penurunan angka stunting sangat signifikan terbesar di Sumatera Barat.

Dari data hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, yang telah di publish Menteri Kesehatan RI bahwa penurunan stunting untuk Sumbar sebesar 25,2 %, sementara Kabupaten Tanah Datar melandai jauh sampai angka 18 %.

Nah dibandingkan sendiri dengan angka penurunan stunting Tingkat Nasional sebesar 21,6 % pun, capaian penurunan stunting di Kabupaten Tanah Datar sangat tinggi, papar Fatmawati.

Diterangkan nya juga capaian target stunting berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 nantinya sampai 14 %.

Dia juga mengapresiasi atas terpilihnya Kabupaten Tanah Datar menjadi salah satu Kabupaten Terbaik dalam hal pelaksanaan audit kasus stunting dari empat Kabupaten yang terpilih secara Nasional pada tahun 2022.

“Saya mengapresiasi Bupati Tanah Datar dan seluruh jajaran serta seluruh pihak yang telah membantu mengoptimalkan program dan kinerja untuk percepatan penurunan stunting pada tahun 2022 yang lalu, dan berharap turun menjadi 14 %”, katanya.

Hal ini merupakan Pilar Pembangunan Indonesia Emas pada tahun 2045 dimana pembangunan sumber daya manusia seutuhnya sangat menentukan kemajuan suatu daerah.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) terkait yang telah berhasil dalam upaya penurunan angka stunting di daerah itu, bahkan Kabupaten Tanah Datar masuk dalam 4 (empat) Kabupaten yang terpilih secara Nasional pada tahun 2022.

Sebelumnya kita berada di angka 21,5 persen menjadi 18,9 persen, namun berkat kerja sama seluruh lini mulai dari Dinas Kesehatan dan BKKBN serta dibantu oleh semua steak holder mulai dari tingkat kabupaten, ASN, PKK, Dasawisma sampai ketingkat jorong serta berkat perjuangan semua itu, kita mendapatkan penghargaan ini”, ujar Bupati.

Eka Putra menegaskan target yang akan di capai Kabupaten Tanah Datar dalam penurunan angka stunting pada tahun 2024 adalah 10 persen, namun bertahap.

“Ini tantangan untuk kita semua¬† selaku Pimpinan Daerah mengharapkan dukungan dari semua dan melalui upaya edukasi kepada ibu hamil, remaja putri dan perbaikan MCK serta melalui program lainnya untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Tanah Datar ini sampai nya.

Eka Putra berharap dengan bekerja sama di seluruh lini, Ia yakin Kabupaten Tanah Datar bisa menjadi yang terbaik bukan hanya di Sumatera Barat akan tetapi juga di Tingkat Nasional.

Bupati Eka Putra juga mengatakan  semua penghargaan yang telah diraih diharapkan bisa menjadi motivasi agar lebih semangat lagi dalam bekerja dan berbuat lebih baik dan banyak lagi untuk masyarakat.

Turut hadir, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar, dr. Yesrita Zedrianis, Sekretaris Dinas PMDPPKB Ronal Satria dan jajaran, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra. (Rizal)

Pos terkait