Awas Stoke Mengintai Jaga Pola Hidup Dan Lakukan Ini

×

Awas Stoke Mengintai Jaga Pola Hidup Dan Lakukan Ini

Bagikan berita
Foto Awas Stoke Mengintai Jaga Pola Hidup Dan Lakukan Ini
Foto Awas Stoke Mengintai Jaga Pola Hidup Dan Lakukan Ini

KUPASONLINE.COM Walaupun seringkali dialami orang lanjut usia, penyakit stroke tetap bisa terjadi pada berbagai kalangan. Maka dari itu, penting untuk menerapkan berbagai cara mencegah stroke sejak dini.Ya, ada beberapa cara mencegah stroke sejak dini yang dapat Anda lakukan. Salah satu caranya yaitu dengan rutin berolahraga. Rutin berolahraga dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Di mana, naiknya tekanan darah menjadi salah satu pemicu terjadinya stroke.

Cara Efektif Mencegah Stroke di Usia MudaBerikut ini cara efektif untuk mulai mencegah stroke di usia muda:

1. Menurunkan Tekanan DarahTekanan darah tinggi adalah faktor yang melipatgandakan risiko stroke. Memantau tekanan darah dan mengelolanya merupakan cara untuk mencegah terjadinya stroke di usia muda. Pertahankan tekanan darah kurang dari 120/80 jika memungkinkan. Mumpung masih muda, hal ini bisa dikelola dengan baik.

Bagaimana menurunkan tekanan darah?Kurangi asupan garam, idealnya tidak lebih dari 1.500 miligram sehari (setengah sendok teh).

Tingkatkan lemak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal dalam makanan, hindari makanan tinggi lemak jenuh.Konsumsi 4-5 cangkir buah dan sayuran setiap hari, satu porsi ikan dua hingga tiga kali seminggu, dan beberapa porsi harian biji-bijian dan produk susu rendah lemak.

Rutin berolahraga, setidaknya 30 menit sehari.Menghentikan kebiasaan merokok.

2. Turunkan Berat Badan BerlebihObesitas juga meningkatkan kemungkinan seseorang terkena stroke. Jika tubuh kelebihan berat badan, menurunkan berat badan bisa berdampak nyata pada risiko stroke.

Untuk menurunkan berat badan, sebaiknya hindari melakukan diet sembarangan atau asal mengikuti tren diet. Sebaiknya kamu mendiskusikan dengan dokter spesialis gizi melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui diet yang tepat.3. Rutin Berolahraga

Olahraga berkontribusi pada penurunan berat badan dan tekanan darah, yang akhirnya juga berkontribusi pada pencegahan stroke. Berikut ini jenis olahraga yang bisa dilakukan:Berjalan di sekitar lingkungan rumah setiap pagi setelah sarapan.

Bergabung dengan komunitas olahraga bersama teman.Baca juga: 5 Fakta Tentang Stroke yang Harus Diketahui

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini