Hidayat Alokasikan Dana Pokir untuk Bimtek Perizinan Usaha Lewat OSS RBA

×

Hidayat Alokasikan Dana Pokir untuk Bimtek Perizinan Usaha Lewat OSS RBA

Bagikan berita
Hidayat Alokasikan Dana Pokir untuk Bimtek Perizinan Usaha Lewat OSS RBA
Hidayat Alokasikan Dana Pokir untuk Bimtek Perizinan Usaha Lewat OSS RBA

KUPASONLINE.COM - Berkolaborasi dengan Hidayat, SS, dan Anggota DPRD Sumbar, DPMPTSP Sumbar, akan diadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan layanan perizinan langsung melalui OSS RBA pada hari Selasa dan Rabu, 21 dan 22 Mei 2024.

Bimtek untuk komunitas pelaku usaha kecil ini diadakan di Axana Hotel Padang dan dihadiri oleh 80 orang dari masyarakat dan pelaku usaha dari kota Padang, dengan tema "Meningkatkan Daya Saing UMKM dengan Kemudahan Perizinan Berusaha."

Menurut Adib Alfikri, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumbar, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha tentang cara memproses perizinan berusaha berbasis risiko melalui OSS RBA. Selain itu, bimtek ini bertujuan untuk memberikan pelayanan langsung kepada pelaku usaha terkait perizinan berusaha.

"Kegiatan ini diselenggarakan melalui pokok pikiran Anggota DPRD Provinsi Sumbar, dari Fraksi Gerindra, Hidayat,SS, MH. Pemerintah terus berusaha memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dalam proses perizinan berusaha," katanya.

Lebih lanjut dikatakan Adib, dengan lahirnya Undang Undang No.11 Tahun 2020 dan Peraturan Pemerintah pengganti Undang Undang No 2 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja serta peraturan pelaksana yang menjadi turunan Undang-Undang tersebut memberikan ruang lebih luas dan kemudahan dalam kegiatan berinvestasi.

"Peluncuran OSS RBA merupakan reformasi yang sangat signifikan dalam perizinan. Menggunakan layanan perizinan secara online yang terintegrasi pada berbagai sistem di Kementerian /lembaga dengan paradigma perizinan berbasis risiko," ujarnya.

Tentunya ini menjadi sebuah kemudahan bagi pelaku usaha mikro kecil dalam mengurus perizinan berusahanya, yang mana pemerintah daerah dalam hal ini DPMPTSP akan selalu siap mendampingi para pelaku usaha dalam memproses perizinan perusahaan

"Semoga dengan adanya bimtek ini dapat meningkatkan pemahaman para pelaku usaha terutama usaha mikro kecil untuk proses perizinan berusaha berbasis risiko. Harapannya, para peserta bisa meningkatkan usaha yang selama ini dikelola, UMKM nya naik kelas," ungkapnya.

Disebutkannya, bagaimana berusaha itu tidak selalu rugi punya ilmu. Bagaimana mengembangkan usaha yang ada, dengan harapan bapak Hidayat memberikan dukungan, motivasi dan solusi konkrit terkait apa kendala kendala yang ada selama ini.

"Ini lah bentuk kerja sama yang bisa kita laksanakan, harapannya kedepan selain UMKM bisa naik kelas, juga bisa mengantongi izin dalam bentuk NIB ( Nomor Induk Berusaha) gratis tanpa dipungut biaya," tuturnya..

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini