Cara Mengobati Ambeien dengan Teknik Terbaru, Pakai Metode Dg-HAL RAR

×

Cara Mengobati Ambeien dengan Teknik Terbaru, Pakai Metode Dg-HAL RAR

Bagikan berita
Wasir
Wasir
KUPASONLINE.COM - Ada mengalami wasir, seberapa parahkah?  Dokter spesialis bedah dari perguruan tinggi negeri Universitas Udayana, Bali, dr. Heru Sutanto K, SpB dalam youtubenya menjawabnya.

Menurut dr Heru, ambeien muncul akibat lemahnya pembuluh darah dan tidak adanya katup yang mengatur aliran darah. Ketika katup bermasalah, yang terjadi pembuluh darah di bawah tinggi.

Ambeien atau Wasir bisa disebabkan karena beberapa faktor, yaitu pola makan dan gaya hidup tidak sehat seperti memakan makanan pedas yang berlebih, sering mengangkat beban berat, kurang mengkonsumsi buah dan sayur./ kurang serat, kehamilan, kegemukan, duduk terlalu lama, sembelit kronis dan faktor keturunan.

Bagaimana penangannnya ? Bisa ngga sih mengobati ambeien tanpa operasi?

Menurut dr. Heru, diawali dengan gejala tidak nyaman atau keluar darah, gatal-gatal.

Biasanya pada pasien yang tidak mengalami benjolan dan tidak nyeri tidak perlu operasi tapi pengikatan benjolan dengan karet gelang. penangannya bisa di klinik.

Selain itu ada penanganan penyakit wasir dilakukan dengan tindakan operasi secara konvensional. Pasien harus menjalani operasi untuk membuang jaringan pembuluh darah yang melebar. Teknik ini sekarang banyak dihindari karena menimbulkan rasa sakit yang cukup hebat pasca operasi dan proses penyembuhan luka yang cukup lama. Teknik konvensional ini pun sering menimbulkan komplikasi, sehingga banyak masyarakat takut berobat.

Gejala-gejala wasir menurut dokter Heru, dibagi berdasarkan tingkat keparahan, yakni Stadium 1, Dubur mengeluarkan darah. Stadium 2, terjadi pembengkakan yang menimbulkan tonjolan keluar dari dubur, tetapi dapat kembali masuk sendiri jika terjadi kontraksi. Stadium 3, terjadi tonjolan keluar dari dubur dan hanya dapat dimasukkan kembali dengan bantuan jari. Dan terakhir Stadium 4,  tonjolan keluar dari dubur, menjadi permanen dan tidak dapat dimasukan kembali dan pasien mengeluh nyeri hebat.

Tingkat penanganannya tergantung pada gegala wasir atau ambeien tersebut, ulas dokter Heru.

Saat ini telah ditemukan metode baru operasi wasir tanpa rasa sakit, pasien penyakit wasir tak perlu khawatir untuk menjalani proses pengobatan.

Penyakit wasir bisa ditangani dengan teknik terbaru, yakni Doppler-guided hemorrhoid artery ligation-recto anal repair (Dg-HAL RAR).  Metode Dg-HAL RAR ini mampu mengatasi penyakit wasir dengan teknik minimal invasif atau tanpa pisau bedah, serta bisa menangani penyakit wasir mulai dari derajat keparahan satu hingga empat, ulas dokter Heru. 

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini