Makna Rukun Iman Yang Harus Diketahui

×

Makna Rukun Iman Yang Harus Diketahui

Bagikan berita
Makna Rukun Iman Yang Harus Diketahui
Makna Rukun Iman Yang Harus Diketahui
KUPASONLINE.COM Rukun Iman adalah enam hal yang diperintahkan untuk diimani dalam agama Islam.

Menyadur NU Online, Rukun Iman ada enam. Apa saja Rukun Iman? Berikut penjelasan dan pengertiannya.Berbeda dengan Rukun Islam yang terdiri dari lima hal, Rukun Iman memiliki enam hal di mana keduanya sama-sama menjadi pijakan seorang muslim dalam meneladani agama Islam.

Apa Saja Rukun Iman:Iman kepada Allah

Iman kepada MalaikatIman kepada Kitab-kitabnya

Iman kepada Nabi dan RasulIman kepada Hari Kiamat

Iman kepada TakdirRukun iman merupakan prinsip dasar kepercayaan dalam agama Islam yang harus dilakukan oleh umat Islam.

Rukun iman banyak ayat-ayat Al-Qur'an yang menjelaskannya, di antaranya dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 285Makna dari rukun Iman yang pertama, yakni kita meyakini bahwa tiada Tuhan lain yang layak disembah selain Allah Swt.

Rukun iman yang pertama ini berarti, kita harus meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah yang menciptakan seluruh makhluk yang ada di langit, bumi, dan seluruh alam semesta.Kita bisa meyakini sifat-sifat Allah yang tercantum dalam Al-Qur'an (Asmaul Husna) dan hanya kepada Allah kita memohon perlindungan dan pertolongan dengan berzikir, bersujud, dan berdoa.

Meyakini atau Iman kepada Allah juga bisa diwujudkan dari amal perbuatan baik dengan melaksanakan semua perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.Iman kepada para malaikat berarti percaya jika malaikat itu ada dan senantiasa mengawasi perbuatan baik dan buruk manusia.

Malaikat merupakan makhluk gaib ciptaan Allah yang terbuat dari cahaya (Nur) dan bertugas untuk menjalankan perintah dari Allah untuk mengawasi seluruh umat manusia dan jin.Makna dari Iman kepada kitab-kitab Allah Swt. adalah, kita harus meyakini seluruh kitab Allah. Adapun kitab yang perlu diimanin oleh umat Islam terdiri empat kitab.

Keempat kitab tersebut ialah taurat yang diturunkan melalui Nabi Musa, kitab Zabur yang diturunkan melalui Nabi Daud, kitab Injil yang diturunkan melalui Nabi Isa, dan Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.Makna dari rukun Iman ini ialah kita meyakini bahwa nabi dan rasul adalah manusia utusan Allah yang diperintahkan untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman di muka bumi.

Beriman kepada nabi dan rasul artinya ialah memercayai segala ajarannya baik dari lisan maupun mengkuti jejak suri tauladannya.Iman kepada hari Kiamat ialah memercayai hari akhir benar-benar ada.

Kiamat merupakan hari di mana seluruh alam semesta dihancurkan dan dimusnahkan.Iman kepada hari kiamat berarti meyakini dan memercayai tanda-tanda akhir zaman, seperti munculnya dajjal, turunnya Nabi Isa a.s., keluarnya Ya'juj dan Ma'juj, terbitnya matahari dari barat, makin banyak kejahatan, serta banyaknya amanah yang tidak lagi dijalankan.

Makna beriman kepada Qada dan Qadar artinya ialah kita mengimani bahwa apa pun yang terjadi di muka bumi juga kepada diri kita sendiri sebagai manusia baik maupun buruk merupakan kehendak dari Allah Swt.Allah menciptakan mudarat pastilah ada maslahat. Di setiap keburukan terdapat makna yang mendalam, baik itu diketahui oleh manusia, maupun tidak diketahui oleh manusia.

(wan)

Editor : Sri Agustini
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini